Capaian Pembelajaran SD SMP SMA SMK Tahun 2024 2025

Link download Capaian Pembelajaran SD SMP SMA SMK Tahun 2024 2025 Semua Mata Pelajaran


Link download Capaian Pembelajaran Semua Mata Pelajaran untuk jenjang SD SMP SMA SMK Tahun 2024 2025. Capaian Pembelajaran Terbaru untuk SD SMP SMA SMK Tahun 2024 2025 ditetapkan melalui Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Edisi Tahun 2024

 

Capaian Pembelajaran (CP) dalam Kurikulum Merdeka merupakan panduan yang berisi tujuan-tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh peserta didik pada setiap fase pendidikan. CP ini menggantikan kompetensi inti dan kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum sebelumnya.


Kurikulum Merdeka mengusung prinsip pembelajaran yang fleksibel, berpusat pada murid, dan berfokus pada pengembangan karakter serta kompetensi esensial. CP dirancang untuk memastikan bahwa siswa memiliki kemampuan dalam hal: a) Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Mengintegrasikan nilai-nilai moral dan karakter yang kuat; b) Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif: Fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, problem-solving, serta inovasi; c) Kompetensi Literasi dan Numerasi: Meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca, menulis, serta menguasai matematika sebagai fondasi pembelajaran; d) Kemandirian dan Kolaborasi: Membantu siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar serta mampu bekerja sama dalam kelompok.

 

Setiap mata pelajaran memiliki Capaian Pembelajaran (CP)-nya masing-masing, yang disusun dalam fase-fase yang meliputi: Fase Fondasi (PAUD), Fase A (SD Kelas 1-2), Fase B (SD Kelas 3-4), Fase C (SD Kelas 5-6), Fase D (SMP), Fase E (SMA Kelas 10), dan Fase F (SMA Kelas 11-12)

 

Dengan adanya CP ini, guru diharapkan bisa lebih kreatif dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa, tanpa harus terikat pada materi yang terlalu kaku.

 

Pemerintah telah memberlakukan Capaian Pembelajaran (CP) terbaru yakni Capaian Pembelajaran SD SMP SMA SMK Tahun 2024 2025. Dengan diberlakukannya Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran Edisi Tahun 2024, maka Keputusan Kepala BSKAP tahun sebelumnya tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka dinyatakan dicabut atau tidak berlaku.

 

Isi Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 menyatakan Menetapkan Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka meliputi:

a. Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini sebagaimana tercantum dalam Lampiran I;

b. Capaian Pembelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA sebagaimana tercantum dalam Lampiran II;

c. Capaian Pembelajaran pada SMK/MAK sebagaimana tercantum dalam Lampiran III;

d. Capaian Pembelajaran pada Program Paket A/Program Paket B/Program Paket C sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV; dan

e. Capaian Pembelajaran pada TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB sebagaimana tercantum dalam Lampiran V, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan Kepala Badan ini.

 

Capaian Pembelajaran dirumuskan untuk setiap mata pelajaran. Capaian Pembelajaran merupakan Capaian Pembelajaran Fase Fondasi pada pendidikan anak usia dini. Capaian Pembelajaran pada SD/MI, SMP/MTs, SMA/MAterdiri atas:

a. Capaian Pembelajaran pada Fase A untuk kelas I sampai dengan kelas II pada sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, program paket A, atau bentuk lain yang sederajat;

b. Capaian Pembelajaran pada Fase B untuk kelas III sampai dengan kelas IV pada sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, program paket A, atau bentuk lain yang sederajat;

c. Capaian Pembelajaran pada Fase C untuk kelas V sampai dengan kelas VI pada sekolah dasar, madrasah ibtidaiyah, program paket A, atau bentuk lain yang sederajat;

d. Capaian Pembelajaran pada Fase D untuk kelas VII sampai dengan kelas IX pada sekolah menengah pertama, madrasah tsanawiyah, program paket B, atau bentuk lain yang sederajat;

e. Capaian Pembelajaran pada Fase E untuk kelas X pada sekolah menengah atas, sekolah menengah kejuruan, madrasah aliyah, madrasah aliyah kejuruan, program paket C, atau bentuk lain yang sederajat; dan

f. Capaian Pembelajaran pada Fase F untuk: kelas XI sampai dengan kelas XII pada sekolah menengah atas, madrasah aliyah, program paket C, atau bentuk lain yang sederajat dan sekolah menengah kejuruan atau madrasah aliyah kejuruan program 3 (tiga) tahun; dan untuk kelas XI sampai dengan kelas XIII pada sekolah menengah kejuruan atau madrasah aliyah kejuruan program 4 (empat) Tahun.

 

Capaian Pembelajaran pada TKLB/SDLB/SMPLB/SMALB

a. Capaian Pembelajaran pada Fase fondasi pada TKLB;

b. Capaian Pembelajaran pada Fase A untuk usia mental < 7 Tahun pada Kelas I dan Kelas II SDLB;

c. Capaian Pembelajaran pada Fase B untuk usia mental ± 7 Tahun pada Kelas III dan Kelas IV SDLB;

d. Capaian Pembelajaran pada Fase C untuk usia mental ± 8 Tahun pada Kelas V dan Kelas VI SDLB;

e. Capaian Pembelajaran pada Fase D untuk untuk usia mental ± 9 Tahun pada Kelas VII sampai dengan Kelas IX SMPLB;

f. Capaian Pembelajaran pada Fase E untuk untuk usia mental ± 10 Tahun pada kelas X SMALB; dan

g. Capaian Pembelajaran pada Fase F untuk untuk usia mental ± 10 Tahun pada kelas XI-XII SMALB.

 

Capaian Pembelajaran pada fase A disusun selaras dengan Capaian Pembelajaran pada fase fondasi untuk memastikan transisi pembelajaran yang berkesinambungan dari PAUD ke SD dengan memperhatikan 6 (enam) kemampuan fondasi sebagai berikut:

a. mengenal nilai agama dan budi pekerti;

b. kematangan emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan belajar;

c. keterampilan sosial dan bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat dengan teman sebaya dan individu lainnya;

d. pemaknaan terhadap belajar yang positif;

e. pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri yang memadai untuk dapat berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri; dan

f. kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar.

 

Sebelum admin membagikan Link download Capaian Pembelajaran SD SMP SMA SMK Semua Mata Pelajaran Tahun 2024 2025 dalam format WORD dan PDF. Perlu diktehaui bahwa manfaat CP (Capaian Pembelajaran). Manfaat Capaian Pembelajaran (CP ini terkait erat dengan peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan kompetensi serta karakter.

 

Manfaat Capaian Pembelajaran untuk Guru adalah: Pertama, Memberikan Fleksibilitas dalam Merancang Pembelajaran. CP memberi guru kebebasan untuk merancang dan menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Guru dapat memilih metode, media, dan strategi pembelajaran yang lebih relevan dan menarik.

 

Kedua, Peningkatan Profesionalisme. Guru didorong untuk terus mengembangkan diri melalui kolaborasi, inovasi, dan refleksi dalam proses pembelajaran. CP membantu guru menjadi fasilitator yang lebih efektif dalam mendampingi proses belajar siswa.

 

Ketiga, Pendekatan Berbasis Siswa: Dengan CP, guru lebih fokus pada pengembangan minat, potensi, dan kebutuhan siswa. Ini memungkinkan pembelajaran yang lebih personal dan bermakna, mengurangi pendekatan yang seragam dan kaku.

 

Keempat Pemanfaatan Penilaian Otentik. CP memandu guru untuk menggunakan penilaian yang otentik, tidak hanya mengukur hasil belajar akhir tetapi juga proses belajar, sehingga guru dapat memberikan umpan balik yang lebih bermakna untuk perkembangan siswa.

 

Kelima, Pengembangan Karakter Siswa: Guru mendapat kesempatan untuk secara langsung membantu siswa mengembangkan karakter melalui pembelajaran yang berbasis nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, seperti gotong royong, mandiri, berpikir kritis, dan kreatif.

 

Sedangkan manfaat Capaian Pembelajaran untuk Siswa. Pertama untuk pengembangan kompetensi yang lebih mendalam. CP fokus pada penguasaan kompetensi esensial seperti literasi, numerasi, berpikir kritis, dan keterampilan hidup, yang lebih relevan dan dibutuhkan di dunia nyata. Siswa tidak hanya belajar teori tetapi juga keterampilan yang aplikatif.

 

Kedua, Karena CP memungkinkan pembelajaran yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan siswa, mereka dapat lebih terlibat aktif dan merasa bahwa pembelajaran relevan dengan kehidupan sehari-hari.

 

Ketiga, CP menekankan pengembangan karakter melalui nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, seperti kemandirian, kebhinekaan global, gotong royong, dan kreativitas. Siswa menjadi tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat.

 

Keempat, Siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. CP memungkinkan mereka untuk berperan lebih besar dalam menentukan metode atau proyek yang relevan bagi mereka, yang dapat meningkatkan motivasi dan rasa tanggung jawab.

 

Kelima mendapat Pengalaman Belajar yang Fleksibel dan Progresif. CP dirancang secara bertahap sesuai dengan fase perkembangan siswa, sehingga mereka dapat belajar dengan kecepatan masing-masing tanpa harus terbebani oleh target yang terlalu tinggi atau kaku.

 

Secara keseluruhan, manfaat bagi guru adalah adanya fleksibilitas dan peningkatan profesionalisme, sementara manfaat bagi siswa adalah pembelajaran yang lebih relevan, bermakna, dan fokus pada pengembangan karakter serta kompetensi yang esensial. CP mendukung pembelajaran yang lebih inklusif dan holistik, membekali siswa dengan keterampilan hidup dan karakter yang dibutuhkan untuk masa depan.

 

Link download Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran SD SMP SMA SMK Semua Mata Pelajaran EdisiTahun 2024 2025

 

Demikian informasi tentang Link download Capaian Pembelajaran SD SMP SMA SMK Tahun 2024 2025 Semua Mata Pelajaran berdasarkan Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbud Nomor 032/H/KR/2024 Tentang Capaian Pembelajaran pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Semoga ada manfatnya



= Baca Juga =


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


































Free site counter


































Free site counter