Latihan Soal Penilaian (Asesmen) Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ atau ASAJ) SMP Tahun 2024. Penilaian (assessment) adalah istilah umum yang mencakup semua metode yang biasa digunakan untuk menilai untuk kerja individu atau kelompok peserta didik. Selain itu, penilaian hasil belajar mencakup pengukuran dan evaluasi yang merupakan kegiatan bersifat hierarki. Maksudnya kegiatan ini dilakukan secara berurutan, dimulai dengan pengukuran, kemudian penilaian, dan terakhirevaluasi.
Antara penilaian pengukuran
dan evaluasi terdapat saling keterkaitan. Mengukur adalah membandingkan sesuatu
dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat kuantitatif. Menilai adalah mengambil
suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik, buruk. Penilaian bersifat
kualitatif. Sedangkan mengadakan evaluasi meliputi kedua langkah diatas, yakni
mengukur dan menilai. Jadi Evaluasi dan penilaian lebih bersifat komperehensif
yang meliputi pengukuran, dan tes. Tes merupakan salah satu alat (instrument)
pengukuran.
Namun pengukuran lebih
membatasi pada gambaran yang bersifat kuantitatif (angka-angka) tentang
kemajuan belajar peserta didik (learning progress), sedangkan evaluasi dan
penilaian lebih bersifat kualitatif. Dalam kegiatan evaluasi, fungsi alat juga
untuk memperoleh hasil yang lebih baik sesuai dengan kenyataan yang dievaluasi.
Disamping itu, evaluasi dan penilaian pada hakikatnya merupakan suatu proses
membuat keputusan tentang nilai suatu objek. Keputusan penilaian (value
judgement) tidak hanya didasarkan pada hasil pengukuran (quantitative
description), tetapi dapat pula didasarkan pada hasil pengamatan dan wawancara
(qualitative description).
Hasil asesmen atau penilaian
peserta didik dinyatakan kompeten apabila telah menguasai domain-doamin sebagai
berikut:
a.
Kognitif (Cognitive), domain ini meliputi aspek-aspek: pengetahuan (knowledge),
pemahaman (comprehension), penerapan (application), analisis(analysis),
sintesis(synthesis), dan penilaian (evaluation).
b.
Sikap (Attitude), domain ini meliputi aspek-aspek: penerimaan (receiving),
kemampuan merespon (responding), kemampuan menghargai (valuing),
pengorganisasian atau pengintegrasian (integration), pengkarakterisasian
(characterization).
c.
Keterampilan (Psikomotor-skill), domain ini meliputi aspek-aspek: persepsi
(perception), kesiap-sediaan (mentalset), respon/gerakan terpimpin/terbimbing
(guidedrespons), gerakan khas/kompleks, yang menunjukkan taraf
keterampilan/kemahiran tertentu (skillful) serta profisiensi (koordinatif), dan
gerakan penyesuaian (adaptation).
Sebelum admin Latihan Soal Penilaian (Asesmen) Sumatif
Akhir Jenjang (PSAJ atau ASAJ) SMP SMPLB dan Paket C Tahun 2024. Perlu
diketahui bahwa asesmen atau penilaian terhadap hasil belajar peserta didik
harus dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip penilaian yakni: a) Sahih
(valid), yakni penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang
diukur; b) Objektif, yakni penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang
jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai; c) Adil, yakni penilaian tidak
menguntungkan atau merugikan peserta didik,dan tidak membedakan latar belakang
sosial, ekonomi, budaya, agama, bahasa, suku bangsa, dan jender; d) Terpadu,
yakni penilaian merupakan komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatan
pembelajaran; e) Terbuka, yakni prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan
dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan; f) Menyeluruh
dan berkesinambungan, yakni penilaian mencakup semua aspek kompetensi dengan
menggunakan berbagai teknik yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan
peserta didik; g) Sistematis, yakni penilaian dilakukan secara berencana dan
bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku; h) Menggunakan acuan
kriteria, yakni penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan; i) Akuntabel, yakni penilaian dapat dipertanggung jawabkan, baik
dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Hasil belajar adalah sebagai
terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang dapat diamati dan diukur
bentuk pengetahuan, sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat diartikan
sebagai terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik dari sebelumnya
dan yang tidak tahu menjadi tahu. Hasil belajar dapat diartikan sebagai hasil maksimum
yang telah dicapai oleh seseorang siswa setelah mengalami proses belajar
mengajar dalam mempelajari materi pelajaran tertentu. Hasil belajar tidak mutlak
berupa nilai saja, akan tetapi dapat berupa perubahan, penalaran, kedisiplinan,
keterampilan dan lain sebagainya yang menuju pada perubahan positif.
Oleh karena itu hasil
belajar merupakan proses untuk menentukan nilai belajar siswa melalui kegiatan penilaian
atau pengukuran hasil belajar. Adapun tujuan utamanya adalah untuk mengetahui
tingkat keberhasilan yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti suatu kegiatan pembelajaran,
dimana tingkat keberhasilan tersebut kemudian ditandai dengan skala nilai
berupa huruf atau kata atau symbol.
Hasil belajar menunjukkan
kemampuan siswa yang sebenarnya yang telah mengalami proses pengalihan ilmu pengetahuan
dari seseorang yang dapat dikatakan dewasa atau memiliki pengetahuan kurang. Jadi
dengan adanya hasil belajar, orang dapat mengetahui seberapa jauh siswa dapat menangkap,
memahami, memiliki materi pelajaran tertentu. Atas dasar itu pendidik dapat menentukan
strategi belajar mengajar yang lebih baik. Hasil belajar atau hasil
penilaian/asesmen ini pada akhlirnya difungsikan dan ditunjukan untuk keperluan
berikut ini:
a.
Untuk seleksi, hasil dari belajar seringkali digunakan sebagai dasar untuk menentukan
siswa-siswa yang paling cocok untuk jenis jabatan atau jenis pendidikan
tertentu.
b.
Untuk kenaikan kelas, untuk menentukan apakah seseorang siswa dapat dinaikkan
ke kelas yang lebih tinggi atau tidak, memerlukan informasi yang dapat
mendukung keputusan yang dibuat guru.
c.
Untuk penempatan, agar siswa dapat berkembang sesuai dengan tingkat kemampuan dan
potensi yang mereka miliki, maka perlu dipikirkan ketepatan penempatan siswa
pada kelompok yang sesuai.
Penilaian/asesmen hasil
belajar mencakup tiga ranah yaitu:
1) Ranah Kognitif
Adalah
ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkup
aktivitas otak adalah termasuk ranah kognitif. Ranah kognitif itu terdapat enam
jenjang proses berfikir yaitu: knowledge (pengetahuan/ hafalan/ ingatan),
compherehension (pemahaman), application (penerapan), analysis (analisis),
syntetis(sintetis), evaluation (penilaian).
2) Ranah afektif
Ranah
afektif adalah ranah yang berkenaan dengan sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya
bila seseorang telah memiliki penguasaan kognitif tingkat tinggi. Tipe hasil
belajar afektif akan Nampak pada murid dalam berbagai tingkahlaku seperti: perhatiannya
terhadap pelajaran, disiplin, motivasi belajar, menghargai guru dan teman sekelas,
kebiasan belajar dan hubungan sosial.
3) Ranah psikomotorik.
Hasil
belajar psikomotor dikemukakan oleh simpson. Hasil belajar ini tampak dalam bentuk
keterampilan (skill), dan kemampuan bertindak individu. Ada enam tingkatan keterampilan,
yakni: gerakan reflek (keterampilan pada gerakan yang tidak sadar), keterampilan
pada gerak-gerak sadar, kemampuan perceptual, termasuk di dalamnya membedakan visual,
membedakan auditif, motorik dan lain-laian, kemampuan di bidang fisik, misalnya
kekuatan, keharmonisan dan ketetapan, gerakan-gerakan skill, mulai keterampilan
sederhana sampai pada keterampilan yang komplek, kemampuan yang berkenaan dengan
komunikasi nondecursive, seperti gerakan ekspresif dan interpretatif.
Berikut ini kumpulan Latihan Soal Penilaian (Asesmen) Sumatif
Akhir Jenjang (PSAJ atau ASAJ) SMP Tahun 2024, yang dapat digunakan sebagai
sarana persiapan serta meningkatkan pengetahuan.
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) MATEMATIKA SMP Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia Smp Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP Tahun 2024 Versi 2
(BACA DISINI)
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Matematika SMP Tahun 2024 Versi 2
(Baca Disini)
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP Tahun 2024 Versi 2
(Baca DISINI)
Latihan Online Soal
Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia SMP Tahun 2024
Versi 2 (Baca DISINI)
Soal Dan Kunci Jawaban Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Matematika SMP ---DISINI--
Soal Dan Kunci Jawaban Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP 2024-2025 ---DISINI--
Soal Dan Kunci Jawaban Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia SMP 2024-2025 ---DISINI--
Soal Dan Kunci Jawaban Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP 2024-2025 ---DISINI--
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) PAI SMP Tahun 2024 (Baca DISINI)
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) PPKN (PKn) SMP Tahun 2024
(Baca DISINI)
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPS Kurikulum 2013 SMP Tahun 2024
(Baca DISINI)
Latihan Online Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) PPKN (PKn) Kurikulum 2013 Smp Tahun 2024
(Baca DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia SMP - MTS Kurikulum 2013
Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Indonesia SMP - MTS Tahun 2024-2025
(DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun
2024-2025 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPA SMP - MTS Tahun 2024-2015 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP - MTS Kurikulum 2013
Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Soal
Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Bahasa Inggris SMP - MTS Tahun
2024-2025 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Matematika SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun
2024 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Matematika SMP - MTS Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Pend. Pancasila PPKN SMP - MTS Kurikulum
2013 Tahun 2023 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Pendidikan Pancasila PPKN SMP - MTS Tahun
2024 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPS SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun 2024
(DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) IPS SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024
(DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Penjaskes - Penjasorkes SMP - MTS Kurikulum
2013 Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Penjaskes - Penjasorkes SMP - MTS Kurikulum
Merdeka Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Seni Budaya SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun
2024 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Seni Budaya SMP - MTS Kurikulum Merdeka
Tahun 2024 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) Prakarya SMP - MTS Kurikulum 2013 Tahun
2024 (DISINI)
Latihan Soal Penilaian
Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ - ASAJ) TIK SMP - MTS Kurikulum Merdeka Tahun 2024
(DISINI)
Demikian informasi tentang Latihan Soal Penilaian (Asesmen) Sumatif
Akhir Jenjang (PSAJ atau ASAJ) SMP Tahun 2024. Semoga ada manfaatnya.