Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024. Untuk mengetahui mutu dan kompetensi guru perlu melalui asesmen hal ini disampiakan Plt. Direktur GTK Madrasah, M.Sidik Sisdiyanto. Ia menyatakan bahwa pembinaan dan pengembangan keprofesian harus berpedoman pada data yang valid dari hasil Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024. Nantinya akan ada pengenalan aplikasi yang digunakan dalam asesmen tersebut.
Pendidikan merupakan skala prioritas
dalam pembangunan. Guru dan tenaga kependidikan mempunyai tugas, fungsi dan
peran yang sangat strategis dalam pencapaian tujuan pendidikan Indonesia. Guru
dan tenaga kependidikan yang profesional mampu mengembangkan kemampuan dan
membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan
kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembanya potensi peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta
bertanggung jawab. Salah satunya dengan peningkatan sumber daya manusia
.Kualitas sumberdaya manusia sangat penting dalam upaya mempercepat pengembangan
potensi manusia untuk mampu mengembangkan tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI terus melakukan upaya
peningkatan mutu pendidikan di madrasah melalui peningkatan profesionalisme
pendidik dan tenaga kependidikan.
Salah satu kewajiban pengawas
adalah meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara
berkelanjutan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan
seni.
Guru adalah pendidik profesional
dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai,
dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini, jalur pendidikan
formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Sebagai tenaga profesional,
guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi.
Peningkatan keprofesian guru
dapat dilakukan dengan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
melalui Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah (KKGMI), Musyawarah Guru Mata
Pelajaran (MGMP), dan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK). Dalam rangka
mendukung pengembangan keprofesian berkelanjutan ini, Kementerian Agama melalui
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam melakukan pemetaan kompetensi guru dan tenaga
kependidikan madrasah melalui Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan tahun
2024-2025. Baseline pemetaan ini menjadi dasar Direktorat Jenderal Pendidikan
Islam dalam menyusun program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru dan Tenaga
Kependidikan yang terdiri atas kepala dan pengawas madrasah.
Asesmen
Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 - 2025 adalah salah satu
cara untuk mengetahui mutu dan kondisi guru, serta pemenuhan kompetensi sebagai
guru profesional. Menurut Plt. Direktur GTK Madrasah, M.Sidik Sisdiyanto, hasil Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 - 2025 nantinya dapat digunakan
untuk mendiagnosis kelebihan dan kekurangan kemampuan pedagogi dan profesional
guru, kepala madrasah dan pengawas madrasah," ujar Sidik.
Dijelaskan juga, Jika hasil
asesmen terhadap pemahaman materi/konten pembelajaran itu hanya mencapai 30-40%
saja, tentunya dianggap cukup miris Output dari kegiatan ini adalah nantinya
akan ada sinkronisasi antara asesmen dari bagian KSKK dengan GTK Madrasah,
karena selama ini hasil dari asesmen dapat dijadikan acuan bagi para pemangku
kepentingan, stakeholders untuk menentukan langkah-langkah strategis terhadap
peningkatan mutu pendidikan Islam.
Kasubdit Bina GTK MI dan
MTs, Fakhruozi menambahkan bahwa bahwa salah satu prioritas Rencana Strategis
Kementerian Agama dalam meningkatkan mutu Pendidikan Islam adalah peningkatan
mutu pembelajaran melalui peningkatan mutu guru, kepala madrasah dan tenaga
kependidikan di madrasah. Implementasi dari Peraturan Menteri Agama Nomor 38
Tahun 2018 terkait dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan salah satunya
adalah Asesmen Kompetensi GTK Madrasah
Tahun 2024 - 2025.
Menurut Kasubdit Bina GTK MI
dan MTs, Fakhruozi , hasil Asesmen
Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 – 2025 nantinya akan dilakukan pemetaan
terhadap guru-guru kita baik kompetensi maupun kualifikasinya. Hasil asesmen
tersebut, akan dijadikan acuan dalam rancangan program pengembangan terhadap
guru dan tenaga kependidikan juga sebagai dasar penyamaan persepsi terhadap
asesmen yang akan dilakukan agar tidak overlap.
Sebelum Anda mendownload Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK
Madrasah Tahun 2024, perlu diketahui bahwa Tujuan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 adalah 1) Memperoleh data
kompetensi pedagogik dan profesional guru pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK; 2)
Memperoleh data kompetensi manajerial, supervisi, dan kewirausahaan kepala
madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK; 3) Memperoleh data kompetensi supervisi
manajerial, supervisi akademik, evaluasi pendidikan, penelitian dan
pengembangan pengawas madrasah pada jenjang MI, MTs, dan MA/MAK; 4) Memperoleh data
pemetaan kompetensi guru, kepala, pengawas madrasah pada jenjang MI, MTs, dan
MA/MAK dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional; 5)
Menyiapkan data kompetensi guru, kepala dan pengawas madrasah pada jenjang MI, MTs,
dan MA/MAK dalam rangka penyusunan program Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB).
Adapun Manfaat Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024
-2025 adalah: 1) Untuk Guru, kepala dan pengawas madrasah sebagai bahan
refleksi tentang kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru, kompetensi
manajerial, supervisi pembelajaran bagi kepala madrasah serta supervisi manajerial,
supervisi akademik, evaluasi pendidikan serta penelitian dan pengembangan bagi pengawas
madrasah. 2) Untuk Madrasah sebagai bahan evaluasi kepala madrasah, pengawas madrasah,
dan segenap pemangku kepentingan madrasah tentang kompetensi guru di madrasah
sehingga dapat disusun program peningkatan kompetensi yang tepat sasaran. 3) Untuk
Kementerian Agama Kabupaten/Kota adalah sebagai dasar bagi Kepala Kantor Kementerian
Agama Kabupaten/Kota untuk penyelenggaraan program pengembangan keprofesian
guru, kepala madrasah, dan pengawas madrasah di wilayahnya. 4) Untuk Kantor
Wilayah Kementerian Agama Provinsi adalah sebagai bahan bagi Kepala Kantor
Wilayah Kementerian Agama Provinsi untuk menyusun program pengembangan keprofesian
berkelanjutan guru, kepala dan, pengawas madrasah di wilayahnya; 5) Untuk Direktorat
Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah sebagai bahan dalam penyusunan kebijakan dalam
meningkatkan kompetensi guru dan guru, kepala dan, pengawas madrasah.
Ruang lingkup Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024
untuk guru meliputi literasi, numerasi, dan sain untuk guru MI, Matematika,
Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Bimbingan
Konseling untuk guru MTs, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika,
Kimia, Biologi, dan Bimbingan Konseling untuk guru MA/MAK. Materi Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024
untuk kepala madrasah meliputi kompetensi dan manajerial, supervisi. Sedangkan untuk
pengawas madrasah mencakup kompetensi supervisi manajerial, supervisi akademik,
evaluasi pendidikan, penelitian dan pengembangan.
Berikut ini Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Guru dan Kepala MI MTS
dan MA sebagai bahan refleksi awal serta sebagai sarana untuk meningkatkan
pengetahuan atau wawasan.
Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Guru MI Semua Mata
Ujian (disini)
Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Guru MTs Semua Mata
Ujian (disini)
Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Guru MA Semua Mata
Ujian (disini)
Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Kepala MI MTS dan MA (disni)
Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Kepala MI MTS dan MA (disni)
NEW Link download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024 untuk Kepala MI MTS dan MA (disni)
Demikian informasi tentang Link
download Latihan Soal Asesmen Kompetensi GTK Madrasah Tahun 2024
untuk Guru MI MTS dan MA dan Kepala MI MTS dan MA. Semoga ada manfaatnya,
selamat berlatih semoga kesuksesan menanti Anda bapak/ibu guru dan Kepala MI
MTS dan MA,