Latihan Soal SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025. Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Pengumpulan informasi tersebut ditempuh melalui berbagai teknik Asesmen, menggunakan berbagai instrumen, dan berasal dari berbagai sumber. Penilaian harus dilakukan secara efektif. Oleh karena itu, meskipun informasi dikumpulkan sebanyak-banyaknya dengan berbagai upaya, kumpulan informasi tersebut tidak hanya lengkap dalam memberikan gambaran, tetapi juga harus akurat untuk menghasilkan keputusan. Pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik memerlukan metode dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.
Asesmen Sumatif Akhir Semester
(SAS) adalah Asesmen yang dilaksanakan pada akhir semester gasal dengan materi
semua KD pada semester tersebut Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah
suatu bentuk evaluasi yang dilakukan oleh siswa untuk mengetahui pencapaian
kompetensi diakhir satuan pendidikan Tujuan diadakannya Asesmen Sumatif Akhir Semester
(SAS) ialah sebagai bentuk evaluasi atau tes yang mengukur pencapaian hasil
kompetensi belajar siswa yang diajarkan oleh guru atau pendidik selama satu
semester.
Sebelum kamu membaca Latihan Soal SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas
8 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025, kamu harus tahu bahwa Asesmen
Sumatif Akhir Semester (SAS) berfungsi untuk mengukur pencapaian kompetensi
peserta didik di akhir semester dan di akhir tahun pelajaran, memantau kemajuan
belajar setelah proses pembelajaran 1 semester, menentukan nilai hasil belajar
peserta didik setelah proses pembelajaran 1 semester baik semester ganjil
maupun semester genap, melakukan perbaikan pembelajaran pada semester
berikutnya atau tahun pelajaran berikutnya.
Dengan demikian, kegiatan Asesmen
Sumatif Akhir Semester (SAS) merupakan bentuk evaluasi rutin yang dilaksanakan
semua jenjang pendidikan. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui pencapaian
kompetensi peserta didik setelah mengikuti proses kegiatan belajar mengajar di
dalam kelas, seperti (1) mengukur hasil pembelajaran peserta didik, setelah
mengikuti kegiatan belajar mengajar selama beberapa bulan. (2) Mengukur apakah
materi pelajaran yang diberikan bapak/ibu guru setiap mata pelajaran sudah
mampu dipahami oleh peserta didik. (3) Sebagai membangun motivasi belajar untuk
peserta didik. Sementara penilaian akhir semester memiliki beberapa fungsi
antara lain (1) Sebagai pendorong peningkatan mutu dalam pembelajaran. (2)
Bentuk evaluasi bagi para guru. (3) Alat pengendalian mutu pendidikan umum.
Jadi Asesmen Sumatif Akhir Semester
(SAS) harus digunakan bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar,
justru yang lebih penting adalah bagaimana penilaian mampu meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam proses belajar. Penilaian seharusnya dilaksanakan
melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran),
assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as
learning (penilaian sebagai pembelajaran).
Cakupan yang akan didapatkan
dengan melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) adalah sebagi berikut:
a) Urgensi: indikator yang secara teoretis, mutlak harus dikuasai oleh siswa; b)
ontinuitas: indikator lanjutan yang merupakan pendalaman indicator sebelumnya; c)
Relevansi: indikator yang diperlukan untuk mempelajari dalam mata pelajaran
lain; d) Keterpakaian: indikator yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan
sehari-hari.
Adapun beberapa teknik,
bentuk dan pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (SAS) antara lain: a)
Teknik dan bentuk penilaian yang dipilih sesuai yang direncanakan pada saat
mengembangkan silabus; b) Teknik penilaian yang dapat digunakan lebih cenderung
pada bentuk tes tertulis dengan menggunakan bentuk tes objektif dan atau tes
bentuk uraian; c) Dilaksanakan oleh guru di bawah koordinasi satuan pendidikan,
sehingga biasanya dilaksanakan secara bersama dan terjadwal; d) Instrumen
penilaian yang dikembangkan mengacu pada jenis dan bentuk yang ada pada
silabus.
Pengolahan hasil pengukuran
pencapaian dilihat dari hasil pencapaian kompetensi peserta didik untuk semua
kompetensi dasar yang diperoleh dari pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester
(SAS) dikoreksi/diperiksa oleh guru mata pelajaran untuk menghasilkan nilai
akhir yang biasanya digunakan sebagai pelaporan hasil belajar
Link download Latihan Soal ASAS Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS IPA Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS Matematika Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS PAI BP Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS Pendidikan Seni Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS Pendidikan Pancasila Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS PJOK - Penjaskes Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Link download Latihan Soal SAS Prakarya Kelas 8 Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025
Demikian informasi tentang Latihan Soal SAS (Sumatif Akhir Semester) Kelas
8 SMP Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2024/2025. Semoga ada manfaatnya.
Selamat belajar, semoga sukses.