Dalam Panduan – Juknis MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023/2024, dinyatakan bahwa Kemampuan pondasi yang harus dibangun supaya masa transisi PAUD-SD karena akan menyebabkan masalah yang lebih serius di masa-masa selanjutnya.kemampuan pondasi ini di SD dengan merancang kegiatan yang tidak menimbulkan beban bagi murid.pembelajaran yang tidak hanya sekedar menghafal dan tidak mengunakan tes Asesmen tertulis yang berpotensi menimbulakan stress murid.Karena tidak semua anak mengikuti PAUD sebelum masuk kejenjang SD ini. Namun demikian setiap anak berhak mendapatkan pembinaan pondasi.
Ada enam pondasi yang perlu dikembangkan
terlebih dahulu sebelum anak diperkenalkan konsep atau keterampilan yang lebih
komplek. Program masa PAUD-SD ini merupakan program pemerintah ,sebagai upaya
penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila di awal sekolah jenjang SD.
Secara sederhana, MPLS dapat diartikan
sebagai sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka
memperkenalkan para siswa baru terhadap semua hal yang berhubungan dengan
sekolah. Perkenalan yang dilakukan tersebut tidak hanya sebatas antar siswa
baru saja atau hanya dengan kakak kelas saja, namun juga disertai oleh
pengenalan terhadap guru-guru di sekolah tersebut dan juga komponen-komponen
lainnya.
Berdasarkan penjelasan tersebut dapat
disimpulkan bahwa MPLS merupakan kegiatan pertama di sekolah yang bertujuan
untuk pengenalan program sekolah, sarana dan prasarana sekolah, bagaimana cara
belajar di sekolah tersebut, penanaman konsep pengenalan diri siswa, serta
pembinaan enam pondasi penting di awal sekolah.
Pada Panduan
– Juknis Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah MPLS Transisi PAUD – SD yang Menyenangkan
Tahun Pelajaran 2023/2024 dinyatakan bahwa Tujuan MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023-2024 adalah
sesuai dengan Permendikbud No.18 tahun 2016, yakni sebagai sarana mengenali
potensi diri siswa baru, Membantu siswa baru untuk beradaptasi dengan
lingkungan sekolah dan sekitarnya, yaitu seperti terhadap aspek keamanan,
fasilitas umum, dan pengenalan sarana prasarana yang ada di sekolah.,
Menumbuhkan motivasi, semangat, dan bagaimana cara belajar efektif sebagai
siswa baru di sekolah. Menumbuhkan perilaku yang positif, seperti kejujuran,
kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan wujud dari
persatuan, sikap yang disiplin, hidup bersih dan sehat guna untuk mewujudkan
siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja yang baik dan semangat gotong
royong
Hal yang perlu diperhatikan selama kegiatan MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023-2024. Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan selama kegiatan MPLS dilakasanakan, antara lain yaitu sebagai berikut: Kegiatan perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan hanya menjadi hak guru. Dilarang melibatkan siswa senior dan/atau alumni sekolah sebagai penyelenggara kegiatan MPLS. Kegiatan MPLS dilakukan di lingkungan sekolah, kecuali sekolah tidak memiliki fasilitas yang memadai. Dilarang memungut biaya kepada siswa baru.- Wajib melakukan kegiatan yang bersifat edukatif. Dilarang bersifat perpeloncoan atau melakukan tidak kekerasan lainnya. Wajib menggunakan seragam dan atribut resmi yang berasal dari sekolah. Dilarang memberikan tugas kepada siswa baru, misalnya seperti menggunakan atribut yang tidak relevan dengan kegiatan pembelajaran siswa. Kegiatan ini dapat melibatkan tenaga kependidikan yang relevan dengan materi kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.
Aktivitas yang dilarang selama MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun
Pelajaran 2023-2024 yaitu meliputi: memberikan tugas kepada siswa baru
untuk wajib membawa suatu produk tertentu ke sekolah. menghitung sesuatu yang
tidak bermanfaat. memberikan hukuman kepada siswa baru yang tidak mendidik,
misalnya menyiram air atau memberikan hukuman yang mengarah kepada tindak
kekerasan. memberi tugas yang tidak masuk akal, misalnya seperti membawa barang
yang sudah tidak diproduksi atau berbicara kepada hewan. Melakukan beberapa
aktivitas lainnya yang tidak relevan dengan aktivitas pembelajaran di sekolah.
Apa saja materi Inti dalam kegiatan MPLS TransisI
PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023-2024, Berdasarkan Panduan –
Juknis MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023/2024,
Materi wajib dalam kegiatan MPLS yang akan diramu dan disampaikan dengan cara
cara menyenangkan adalah;
1. Enam pondasi masa transisi PAUD-SD
Mengenal nilai agama
dan Budi pekerti,Kematanagan Emosi yang cukup untuk berkegiatan di lingkungan
belajar,Keterampilan Sosial dan Bahasa yang memadai untuk berinteraksi sehat
dengan teman,pemaknaan terhadap belajar yang positif,Pengembangan keterampilan
Motorik dan Perawatan yang memadai untuk dapat berpartisipasi di lingkungan
sekolah secara mandiri.Kematangan kognitif yang cukup melakukan kegiatan
belajar.
Kegiatan MPLS
dilakukan sebagai bentuk pengenalan lingkungan sekolah kepada para siswa baru
agar mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan beberapa aktivitas
kegiatan belajar yang akan mereka lakukan nantinya. Adapun beberapa contoh ide
kegiatan MPLS yang dapat Anda jadikan referensi di tahun ajaran baru kelak,
yaitu meliputi:
2. Pengenalan
Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah
Salah satu kegiatan
MPLS yang tidak bisa ketinggalan yaitu mengenalkan beragam ekstrakulikuler yang
ada di sekolah. Sebagai bentuk pengenalan ekstrakulikuler, pihak sekolah
biasanya akan melakukan acara pensi, misalnya seperti kegiatan pesta seni atau
bisa pula dalam bentuk pameran.
Dengan adanya
pengenalan ekstrakulikuler ini, diharapkan para siswa baru dapat mengenali
minatnya dengan mudah dan mulai membuat beberapa rencana yang akan mereka
lakukan di sekolah tersebut.
3. Bermain
Game yang Bersifat Edukatif dan Menarik
Kegiatan MPLS akan
terkesan membosankan jika hanya berisikan tentang materi saja. Oleh karena itu,
pihak panitia penyelenggaran perlu menghadirkan beberapa permainan seru yang
akan dilakukan para siswa baru. Permainan yang perlu dihadirkan yaitu berupa
permainan yang edukatif, menarik dan juga menghibur. Adapun beberapa contoh
permainan yang dapat dilakukan selama kegiatan MPLS, yaitu meliputi:
- Tebak Kata atau
Kalimat
Permainan ini dapat
menguji kreativitas siswa dalam berpikir. Dalam pelaksanaannya, permainan ini
dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 5 – 10 orang. Untuk melakukan permainan
ini salah satu perwakilan kelompok harus memperagakan kata atau kalimat yang
tertera, kemudian siswa lainnya akan menebak kata atau kalimat tersebut.
- Ekor Naga
Salah satu permainan
yang dapat melihat kekompakan suatu kelompok yaitu dengan bermain ekor naga.
Pada permainan ini siswa harus membentuk kelompok dan berbaris memanjang
seperti ular. Siswa yang berada di barisan terakhir harus dikaitkan dengan
balon, kemudian siswa lainnya harus berpegangan pada pinggang temannya, lalu
siswa yang berapa di barisan terdepan harus memecahkan balon yang ada.
- Dan kegiatan lain
dalam bentuk game yang edukasi
.
4. Pengenalan
Guru dan Staff Sekolah
Pada kesempatan ini,
pihak panitia akan mengenalkan guru-guru yang mengajar di sekolah serta para
straf yang bekerja di sekolah. Kegiatan ini harus dilakukan, karena dengan
adanya pengenalan guru tersebut siswa bisa lebih mudah dalam menjalani proses
kegiatan belajar di kelas.
5. Pengenalan
Visi, Misi, dan Sarana Prasarana di Sekolah
Selain mengenal guru
dan staff yang bekerja di sekolah, para siswa baru juga perlu diperkenalkan
dengan visi misi sekolah. Dengan begitu, siswa bisa lebih memahami tujuan dari
kegiatan pembelajaran yang diadakan pihak sekolah.
6. Kegiatan
Renungan dan Memberikan Motivasi pada Siswa Baru
Adapun contoh ide
kegiatan MPLS lain yang dapat dilakukan yaitu mengadakan kegiatan renungan dan
motivasi di akhir kegiatan MPLS. Untuk membuat kegiatan menjadi lebih seru dan
menarik, panitia kegiatan bisa mengadakan lomba yel-yel. Setelah perlombaan
tersebut selesai, kegiatan MPLS bisa ditutup dengan melakukan renungan,
menyampaikan motivasi belajar, dan doa bersama
Asesmen penilaian dalam MPLS TransisI PAUD –
SD Yang Menyenangkan Tahun Pelajaran 2023/2024 adalah sebagai berikut
1. Aspek
kemampuan pondasi: Mengenal Nilai agama dan budi pekerti
Perilaku /kemampuan
yang dinilai: 1) Mengenal konsep agama dan ibadah sesuai agamanya; 2) Mengenal
interaksi dengan teman-teman sebayanya
2. Aspek
kemampuan pondasi: Kematangan Emosi yang cukup untuk kegiatan di lingkungan
belajar
Perilaku /kemampuan
yang dinilai: 1) Mampu menunggu; 2) Bertahan focus dalam rentang waktu
mengikuti pembelajaran sesuai umur mereka
3. Aspek
kemampuan pondasi: Pemaknaan terhadap belajar yang positif Perilaku /kemampuan
yang dinilai: 1) Senang datang kesekolah; 2) Mau mencoba kembali jika
salah/gagal Mengujudkan keingin tahuan dengan mengajukan pertanyaan.
4 Aspek
kemampuan pondasi: Keterampilan sosial berbahasa yang memadai untuk
berinteraksi sehat dengan teman.
Perilaku /kemampuan
yang dinilai: 1) Dapat meminta tolong; 2) Mengucapkan maaf; 3) Mengucapkan
terimakasih; 4) Meminta ijin memakai barang teman;
5. Aspek
kemampuan pondasi: Pengembangan keterampilan motoric dan perawatan yang memadai
dan berpartisipasi di lingkungan sekolah secara mandiri dilingkungan sekolah
secara mandiri.
Perilaku /kemampuan
yang dinilai: 1) Mampu mengelola barang barang milik pribadi di sekolah; 2) Menjaga
kebersihan diri dan lingkungan
6) Aspek
kemampuan pondasi: Kematangan kognitif yang cukup melakukan kegiatan belajar
seperti dasar litersi dan numerasisrta dasar mengenal cara dunia kerja
Perilaku /kemampuan
yang dinilai: 1) Kemampuan menyimak dan menyampaikan gagasan sederhana; 2) Menyadari
keterhubungan antara symbol dengan angka dan hurufserta kata dengan biliangan;
3) Mampu membilang benda/objek; 4) Mampu memahami kosa kata konsep waktu.
Demikian info tentang Panduan – Juknis MPLS TransisI PAUD – SD Yang Menyenangkan Tahun
Pelajaran 2023/2024. Dengan kegiatan MPLS ini, diharapkan mampu menumbuhkan
budaya positif pembelajaran sepanjang hayat pada murid baru di Sekolah
Dasar.dengan semangat membentuk generasi Manusia Indonesia yang merdeka dalam
belajar . dalam Kurikulum Merdeka ini.