Rasional Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI, MTS, MA, MAK Kurikulum Merdeka bahwa Al-Qur'an dan Hadis adalah sumber pokok ajaran Islam dan pedoman hidup kaum muslimin. Memahami dengan tepat dua warisan Rasulullah Saw., adalah syarat utama untuk memahami ajaran Islam. Tanpa pemahaman yang tepat terhadap Al-Qur'an dan Hadis, mustahil dapat mengamalkan ajaran Islam sesuai dengan makna yang terkandung di dalamnya.
Memahami Al-Qur'an dan Hadis
berarti mempelajari bacaan, struktur bahasa, makna kandungan, sebab nuzul, dan sebab
wurud hadis. Sehingga dapat dipahami konteks ayat Al-Qur'an diturunkan dan hadis
disampaikan oleh Rasulullah Saw. Kewajiban mempelajari Al-Qur'an dan Hadis berarti
kewajiban mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Al-Qur'an dan Hadis. Dengan
demikian, pesan tersurat dan tersirat dalam Al-Qur'an dan Hadis dapat dipahami dengan
baik dan benar.
Nilai-nilai ajaran Islam yang
terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadis menjadi ketentuan yang wajib diamalkan dan diaktualisasikan
sesuai perkembangan zaman. Kontekstualisasi ini penting sebagai pengejawantahan
Islam yang rahmatan lil `alamin, akomodatif dengan segala kondisi, melintasi batas
ruang dan waktu. Pada titik ini, Al-Qur'an dan Hadis hadir menjadi solusi bagi umat
dalam menghadapi perubahan, tantangan, dan perkembangan peradaban.
Maka dari itu, pembelajaran AI-Qur'an
dan Hadis dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Pembelajaran Al-Qur'an
dan Hadis diberikan kepada peserta didik untuk membentuk karakter dan pondasi keimanan
yang kokoh. Pembelajaran tersebut meliputi bacaan, hafalan, pemahaman yang tepat
serta pembiasaan ajaran Islam hingga menjadi sebuah budaya dalam kehidupan. Pada
akhirnya, ajaran yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadis benar-benar mampu menjadi
pedoman hidup yang akan membawa manusia meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Al-Qur'an dan Hadis menjadi mata
pelajaran wajib bagi seluruh peserta didik termasuk Peserta Didik Berkebutuhan Khusus
(PDBK). Akan tetapi, proses, penilaian dan capaian pembelajarannya ditetapkan secara
fleksibel disesuaikan dengankarakteristik dan kondisi peserta didik sesuai hasil
asesmen yang tertuang dalam profil peserta didik berkebutuhan khusus.
Dalam Naskah Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI,
MTS, MA,MAK Kurikulum Merdeka, dinyatakan bahwa secara substansial, mata pelajaran
Al-Qur'an Hadis bertujuan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mencintai
kitab sucinya, mempelajari, dan mempraktikkan ajaran dan nilai-nilai yang terkandung
dalam Al-Qur'an dan Hadis sebagai sumber utama ajaran Islam dan sekaligus menjadi
pegangan hidup dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan pembelajaran mata pelajaran
Al-Qur'an Hadis antaralain: 1) Meningkatkan kecintaan peserta didik terhadap Al-Qur'an
dan Hadis; 2) Membimbing peserta didik agar mampu membaca, menerjemahkan, menganalisis
kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadis; 3) Membekali peserta didik dengan dalil-dalil
yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadis sebagai pedoman dalam kehidupan dan solusi
dalam mennyelesaikan segala permasalahannya; 4) Meningkatkan pemahaman peserta didik
secara tekstual dan kontekstual dan pengamalan isi kandungan Al-Qur'an dan Hadis
secara komprehensif dan mendalam; 5) Melahirkan perubahan sikap dan perilaku peserta
didik sebagaimana nilai-nilai yang diajarkan dalam Al-Qur'an dan Hadis; 6) Membekali
kemampuan untuk mengeksplorasi makna-makna ayat dalam rangka menilai, memilih, dan
memilah pemaknaan yang Salih likulli zamanin wa makanin wa halin
Apa Karakteristik Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis ? Mata pelajaran Al-Qur'an
Hadis merupakan mata pelajaran yang memuat pedoman dasar ajaran agama Islam, yakni
Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad saw. (Hadis). Al-Qur'an Hadis sebagai sebuah
mata pelajaran menekankan kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna
secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan
sehari-hari. Tidak kalah pentingnya adalah menumbuhkan rasa cinta dan penghargaan
tinggi kepada Al-Qur'an dan Hadis sebagai pedoman hidup.
Karakteristik
materi dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadis cukup kompleks, antara
lain materi yang berkaitan dengan kemampuan membaca Al-Qur'an dan Hadis sesuai kaidah
ilmu Tajwid, menulis dengan benar, dan menghafal surah-surah dan Hadis pendek. Selain
itu juga menyangkut pemahaman dan penghayatan makna yang terkandung dalam Al-Qur'an
dan Hadis yang dipelajari. Puncaknya ialah pengamalan dan pembiasaan dalam kehidupan
sehari-hari. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mata pelajaran A1-Qur'an Hadis
mempelajari dasar pedoman ajaran Islam, memahami kandungan maknanya, sekaligus mengamalkan
ajaran tersebut. Kemampuan tersebut sebagai pondasi utama bagi setiap muslim dalam
beraktifitas, baik hablun minallah maupun hablun minannas wal (alam. Hal ini sesuai
tujuan hidup manusia yakni ibadatullah (beribadah kepada Allah Swt.) dan imaratul
ardl (memakmurkan bumi) dalam kerangka pengabdian/ibadah kepada Allah Swt.
Apa saja Elemen Mata Pelajaran
Al-Qur'an Hadis ? Berdasarkan Naskah Capaian
Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI, MTS, MA, MAK Kurikulum Merdeka, Elemen Al-Qur'an
Hadis terdiri dari lima elemen kunci beserta cakupan substansinya sebagai berikut:
1.
Elemen: Ilmu Tajwid
Deskripsi:
lmu membaca Al-Qur'an meliputi ketentuan membaca dan melafalkan ayat-ayat Al-Qur'an
dengan baik dan benar.
2 Elemen: Ilmu Al-Qur'an
Deskripsi:
Ilmu yang mengkaji tentang hal ihwal Al- Qur'an terkait dari aspek turunnya, transmisinya,
lafaz dan maknanya, yang berhubungan dengan hukum serta lainnya.
3. Elemen: Ilmu Hadis
Deskripsi:
Ilmu yang mempelajari dasar dan kaidah untuk mengetahui hal ihwal tentang asbabul
wurud, sanad, matan dan rawi hadis dari aspek diterima atau ditolaknya hadis.
4. Elemen Al-Qur'an
Deskripsi:
Kemampuan membaca, menerj emahkan, menghafal, memahami makna secara tekstual dan
kontekstual, menganalisis ayat-ayat Al-Qur'an tentang tema-tema tertentu dalam kehidupan,
dan menyajikannya secara lisan atau tertulis, serta membiasakan diri melaksanakan
tilawah, tadabbur dan berusaha mengamalkannya dalam kehidupan keseharian.
5. ElemanL Hadis
Deskripsi:
Kemampuan menghafal menerjemahkan, memahami makna secara tekstual dan kontekstual,
menganalisis, dan menyajikannya secara lisan atau tertulis, hadis-hadis tentang
tema-tema tertentu dalam kehidupan, dengan membiasakan diri mengamalkan kandungannya
dalam kehidupan keseharian.
Berikut ini Capaian Pembelajaran CP Kurikulum Merdeka Al-Qur'an
Hadis MI, MTS, MA
1.
Fase A (Kelas I dan II Madrasah Ibtidaiyah) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI Kurikulum Merdeka fase A
Pada akhir Fase A, elemen tajwid, peserta didik mampu mengenal huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung beserta tanda bacanya, bacaan Ghunnah, Al-Qamariyah, dan Al-Syamsiyah. Pada elemen Al-Qur'an, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami arti surah-surah pendek/pilihan, dan membiasakan diri tilawah, tadabbur, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada elemen hadis, peserta didik mampu melafalkan, menghafal, dan memahami hadis tentang kebersihan dan keutamaan belajar agar memiliki pola perilaku hidup bersih dan semangat belajar sepanjangh hayat.
a)
Elemen: Ilmu Tajwid
Capaian Pembelajaran: Peserta didik mampu mengenal
huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung beserta tanda bacanya, bacaan Ghunnah,
Al Qamariyah, dan Al Syamsiyah, sehingga mampu melafalkan dan mempraktikkan hukum
bacaan tajwid dengan baik dan benar, sebagai prasyarat membaca Al-Qur'an secara
fasih untuk menjalankan kewajiban menghayati dan mengamalkannya dalam konteks beragama,
berbangsa dan bernegara.
b)
Elemen: Al-Qur'an
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami arti surah-surah
pendek/pilihan, dan membiasakan diri tilawah, tadabbur, serta mengamalkannya dalam
kehidupan sehari-hari sebagai langkah awal menghayati dan mengamalkan Al-Qur'an
dalam konteks beragama, berbangsa dan bernegara.
c)
Elemen: Hadis
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafal, dan memahami hadis tentang
kebersihan dan keutamaan belajar agar memiliki pola perilaku hidup bersih dan semangat
belajar sepanjang hayat, hormat kepada orang tua sebagai upaya mendasari pola hidup
yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw. dalam konteks beragama, berbangsa, dan
bernegara.
2.
Fase B (Kelas III dan IV Madrasah Ibtidaiyah) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI Kurikulum Merdeka fase B
Pada
akhir Fase B, elemen tajwid, peserta didik mampu memahami hukum bacaan Qalqalah,
Mad Thabi'i, Izhar, Ilchfa, Idgham Bighunnah, Idgham Bilaghunnah, dan Iqlab agar
terbiasa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. Pada elemen A1-Qur'an, peserta
didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami, mengomunikasikan arti dan isi kandungan
surah-surah pendek/pilihan secara tekstual dan kontekstual. Pada elemen hadis, peserta
didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami, dan mengomunikasikan arti dan kandungan
hadis tentang shalat berjamaah, persaudaraan, takwa, niat, dan silaturahmi, serta
menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
a) Elemen: Ilmu Tajwid
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan Qalqalah, Mad Thabi'i,
Izhar, Ikhfa, Idgham Bighunnah, Idgham. Bilaghunnah, dan Iqlab agar terbiasa membaca
A1-Qur'an dengan baik dan benar, sebagai prasyarat membaca Al-Qur'an secara fasih
untuk menjalankan kewajiban menghayati dan mengamalkannya dalam kontek beragama,
berbangsa, dan bernegara.
b.
Elemen: Al-Qur'an
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami, mengomunikasikan
arti dan isi kandungan surah-surah pendek/ pilihan secara tekstual dan kontekstual
dalam kehidupan sehari-hari, sebagai upaya menghayati dan mengamalkan Al-Qur'an
dalam konteks beragama, berbangsa, dan bernegara.
c)
Elemen: Hadis
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, memahami dan mendemonstrasikan
arti dan isi kandungan hadis tentang shalat berjamaah, persaudaraan, takwa, niat,
dan silaturahmi, sebagai upaya mendasari pola hidup sehari-hari bernilai ibadah
berdimensi ukhrawi sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw. dalam konteks beragama,
berbangsa, dan bernegara.
3.
Fase C (Kelas V dan VI Madrasah Ibtidaiyah) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MI Kurikulum Merdeka fase C
Pada
akhir Fase C, elemen tajwid, peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan mim mati/sukun,
tafkhim, tarqiq dan jawazul wajhain agar mampu membaca Al-Qur'an sesuai dengan kaidah
hukum bacaan tersebut. Pada elemen Al-Qur'an, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan,
menganalisis arti dan isi kandungan surah-surah pendek/pilihan secara tekstual dan
kontekstual serta mengomunikasikannya agar dapat meyakini kebenaran Al-Qur'an sebagai
pedoman hidup dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pada elemen hadis,
peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, menganalisis, dan mengomunikasikan
arti dan isi kandungan hadis tentang ciri-ciri orang munafik, menyayangi anak yatim,
keutamaan memberi, dan amal salih agar mampu berfikir kritis dan menerapkannya dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
a)
Elemen: Ilmu Tajwid
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan mim mati/ sukun, Waqaf-Washal,
tafkhim, tarqiq dan jawazul wajhain agar mampu membaca AI-Qur'an sesuai dengan kaidah
hukum bacaan dengan baik dan benar, sebagai prasyarat membaca Al-Qur'an secara fasih
untuk menjalankan kewajiban menghayati dan mengamalkannya dalam kontek beragama,
berbangsa, dan bernegara.
b)
Elemen: Al-Qur'an
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, menganalisis arti dan
isi kandungan surah-surah pendek/pilihan secara tekstual dan kontekstual serta mengomunikasikannya
agar dapat meyakini kebenaran Al-Qur'an sebagai pedoman hidup dan mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari dalam konteks beragama, berbangsa, dan bernegara.
c)
Elemen: Hadis
Capaian
Pembelajaran:Peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan, menganalisis, dan mengomunikasikan
arti dan isi kandungan hadis tentang ciri-ciri orang munafik, menyayangi anak yatim,
keutamaan memberi, dan aural saleh sebagai dasar menjadi pribadi yang jujur dan
memiliki kesalehan sosial sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw. untuk merespon
tantangan masyarakat global dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.
Fase D (Kelas VII, VIII, IX MTs Madrasah Tsanawiyah) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadist MTS Kurikulum Merdeka fase D
Pada
akhir Fase D, elemen tajwid, peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan Mad Thabi'i,
Mad Far'i, dan bacaan Gharib agar dapat membiasakan membaca Al-Qur'an dengan baik
dan benar. Pada elemen Al-Qur'an, peserta didik mampu melafalkan, menghafalkan,
menganalisis, dan mengomunikasikan arti dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an secara
tekstual dan kontekstual pada tema-tema pilihan yang relevan dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara. Pada elemen hadis, mampu membaca, menghafalkan, memahami
dan menganalisis arti dan isi kandungan hadis secara tekstual dan kontekstual tentang
tema-tema tertentu agar mampu berpikir kritis dan menerapkannya dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
a)
Elemen: Ilmu Tajwid
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu menerapkan hukum bacaan Mad Tabi'i, Mad Far'i,
dan bacaan Gharib agar dapat membiasakan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar,
sebagai prasyarat membaca Al-Qur'an secara fasih untuk menjalankan kewajiban menghayati
dan mengamalkannya dalam kontek beragama, berbangsa, dan bernegara.
b)
Elemen: Al-Qur'an
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu melafalkan, menghafal, memahami, mengomunikasikan,
menganalisis arti dan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an secara tekstual dan kontekstual
tentang; kekuasaan dan rahmat Allah Swt, sifat pemurah, optimis dan sabar, infak
di jalan Allah Swt., kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, sikap
peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya, bersikap jujur dalam bermuamalah,
semangat menuntut ilmu baik secara tekstual maupun kontekstual agar terwujud pribadi
yang berakhlakul karimah, menghindari sifat sekulerisme, hedonisme, dan korupsi
yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan bermasyarakat
berbangsa dan bernegara.
c)
Elemen: Hadis
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu membaca, menghafal, memahami dan menganalisis
arti dan isi kandungan hadis secara tekstual dan kontekstual tentang; kekuasaan
dan rahmat Allah Swt, sifat pemurah, optimis dan sabar, infak di jalan Allah Swt.,
kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, sikap peduli terhadap masyarakat
dan lingkungannya, bersikap jujur dalam bermuamalah, semangat menuntut ilmu baik
secara tekstual maupun kontekstual agar terwujud pribadi yang saleh secara sosial,
berakhlakul karimah, menghindari sifat sekulerisme, hedonisme, dan korupsi yang
dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa
dan bernegara.
5.
Fase E (Kelas X Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan) atau Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MA MAK
Kurikulum Merdeka fase E
Pada
akhir Fase E, pada elemen Ilmu Al-Qur'an, Peserta didik dapat menganalisis hal ihwal
ilmu Al-Qur'an tentang pengertian Al-Qur'an menurut pendapat para ulama', sejarah
turun dan kodifikasinya, bukti-bukti keautentikan, kemukjizatan, pokok-pokok kandungan,
dan struktur Al-Qur'an, untuk meyakini kebenaran Al-Qur'an dan mengamalkan pesan
Al-Qur'an dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pada elemen
Ilmu Hadis, peserta didik mampu menganalisis hal ihwal tentang ilmu hadis yang meliputi;
perbedaan hadis, sunah, khabar, dan asar, sejarah kodifikasi dan perkembangan hadis,
unsur¬unsur hadis, kedudukan dan fungsi hadis terhadap ayat Al-Qur'an, pembagian
hadis, serta tokoh-tokoh ulama hadis untuk meyakini kebenaran hadis-hadis tersebut
bersumber dari Rasulullah saw., balk secara sanad dan matan maupun kualitas kesahihannya
serta mengamalkan ilmu hadis agar lebih kritis dalam menerima dan merespon berita
di masyarakat dalam konteks kehidupan berbangsa dan Berne ara.
a)
Elemen: Ilmu Al-Qur'an
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik dapat menganalisis hal ihwal ilmu Al-Qur'an yang meliputi;
pengertian Al-Qur'an menurut pendapat para ulama', sejarah turun dan kodifikasinya,
bukti-bukti keautentikan, kemukjizatan, pokok-pokok kandungan, dan struktur Al-Qur'an,
untuk meyakini kebenaran Al-Qur'an dan mengamalkan pesan Al-Qur'an dalam konteks
kehidupan bermasyarakat berbangsa dan Bernegara.
b)
Elemen: Ilmu Hadis
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu menganalisis hal ihwal tentang ilmu hadis yang
meliputi; perbedaan hadis, sunah, khabar, dan asar, sejarah kodifikasi dan perkembangan
hadis, unsur-unsur hadis, kedudukan dan fungsi hadis terhadap ayat Al-Qur'an, pembagian
hadis, serta tokoh-tokoh ulama hadis untuk meyakini kebenaran hadis-hadis tersebut
bersumber dari Rasulullah saw., baik secara sanad dan matan maupun kualitas kesahihannya
serta menggunakan ilmu hadis agar selektif terhadap hadis yang dijadikan dasar beramal,
sebagai sarana menanamkan sikap kritis dalam menerima dan merespon berita di masyarakat
dalam konteks kehidupan berbangsa bernegara. dan
5.
Fase F (Kelas XI dan XII Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan Kejuruan) atau
Capaian Pembelajaran CP Al-Qur'an Hadis MA
MAK Kurikulum Merdeka fase F
Pada
akhir Fase F, pada elemen Al-Qur'an, peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan
kandungan ayat-ayat Al-Qur'an tentang tema-tema tertentu dan mampu mengamalkannya
dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pada elemen Hadis,
Peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan kandungan hadis yang relevan dengan
perannya dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat, dan bernegara.
a)
Elemen: Al-Qur'an
Capaian
Pembelajaran:Peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan kandungan ayat-ayat
Al- Qur'an tentang manusia sebagai khalifah Allah, perintah berbuat baik kepada
kedua orang tua, menghindari perbuatan keji, toleransi, kewajiban menuntut ilmu
pengetahuan dan pengembangannya, tanggung jawab manusia, berkompetisi dalam kebaikan,
menyikapi kehidupan dunia yang sementara dan akhirat yang kekal, makanan yang halal
dan baik, kewajiban bersyukur, pola hidup sederhana, sabar menghadapi cobaan, pelestarian
lingkungan, kewajiban dakwah, amar makruf nahi munkar, musyawarah dan demokrasi,
serta bersikap jujur dan adil, dan mengamalkannya dalam konteks kehidupan bermasyarakat
berbangsa dan bernegara.
b)
Elemen: Hadis
Capaian
Pembelajaran: Peserta didik mampu menganalisis dan menyajikan kandungan hadis tentang
manusia sebagai khalifah Allah, perintah berbuat baik kepada kedua orang tua, menghindari
perbuatan keji, toleransi, kewajiban menuntut ilmu pengetahuan dan pengembangannya,
tanggung jawab manusia, berkompetisi dalam kebaikan, menyikapi kehidupan dunia yang
sementara dan akhirat yang kekal, makanan yang halal dan baik, kewajiban bersyukur,
pola hidup sederhana, sabar menghadapi cobaan, pelestarian lingkungan, kewaj iban
dakwah, amar makruf nahi munkar, musyawarah dan demokrasi, serta bersikap jujur
dan adil, dan mengamalkannya dalam konteks kehidupan bermasyarakat berbangsa dan
berne:ara.
Link download Capaian Pembelajaran
Al-Qur'an Hadis MI, MTS, MA berdasakan Lampiran Ii Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan
Islam Nomor 3211 Tahun 2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka Pada Madrasah (DISINI)
Demikian informasi tentang Capaian Pembelajaran CP Al Quran Hadist MI,
MTS, MA, MAK Kurikulum Merdeka. Semoga ada manfaatnya.