Pada Kesempatan ini Admin Akan membagikan Link Download Contoh Program Kerja Asesmen Madrasah MI MTS MA Tahun 2023 versi doc atau word serta PDF untuk dijadikan bahan referensi pembuatan program di tahun 2024 yang akan datang atau bisa juga digunakan pada tahun ini apabila madrasah belum sempat membuat program kerja Asesmem Madrasah sebagai sarana melangkapi administrasi.
Sebelum Admin membagikan Link Download Contoh Program Kerja Asesmen
Madrasah MI MTS MA Tahun 2023 versi doc atau word serta PDF. Sekedar meningatkan
kembali bahwa Asesmem Madrasah adalah bagian dari asesmen sumatif yang
dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah untuk
mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi
Lulusan yang telah ditetapkan.
Asesmen Madrasah (AM)
mencakup seluruh mata pelajaran (mapel) yang diajarkan di kelas akhir pada
madrasah, baik kelompok mata pelajaran wajib (nasional) maupun muatan lokal.
Asesmen Madrasah (AM)
diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada MI, MTs, MA, MAK
sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut
menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada madrasah untuk
menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur
pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL) bagi peserta didiknya.
Tahapan Pendataan Peserta
Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2023: 1) Pendataan peserta AM dilakukan oleh
madrasah melalui Aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM); 2) Data peserta
AM berdasarkan data peserta didik kelas akhir yang terdapat pada pangkalan data
EMIS; 3) Madrasah melakukan validasi data peserta asesmen; 3) Daftar peserta AM
dicetak melalui Aplikasi PDUM, dan ditetapkan melalui SK Kepala Madrasah
penyelenggara AM; 4) Kartu peserta AM dicetak melalui Aplikasi PDUM oleh
madrasah penyelenggara AM dan disahkan oleh kepala madrasah
Madrasah penyelenggara Ujian
Madrasah Tahun 2023 harus memenuhi 2 (dua) kriteria yang ditetapkan melalui POS
Asesmen Madrasah (AM) Tahun 2023 berikut ini: 1) Asesmen Madrasah (AM)
diselenggarakan pada jenjang MI, MTs, MA, dan MAK; 2) Asesmen Madrasah (AM)
diselenggarakan oleh madrasah yang sudah memiliki Ijin Operasional atau IJOP
dan telah memiliki Nomor Statistik Madrasah (NSM) yang terdaftar pada Pangkalan
Data EMIS Kementerian Agama RI
Berikut ini Kutipan Contoh Program Kerja Asesmen Madrasah MI
MTS MA Tahun 2023
BAB
I
PENDAHUAN
A. Latar Belakang
Penilaian hasil belajar
merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di
madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi
untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi
Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di
madrasah meliputi; 1) penilaian harian (PH) yaitu penilaian yang dilakukan
untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu
kompetensi dasar (KD) atau lebih; 2) Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu
penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada
akhir semester ganjil; 3) Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu penilaian yang
dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester
genap; dan 4) Asesmen Madrasah (AM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk
mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.
Asesmen Madrasah (AM)
meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan,
baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. AM diikuti oleh peserta
didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah sebagai salah satu
persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah
memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah
untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur
pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.
Dalam rangka standarisasi
penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), maka kami panitia Asesmen Madrasah dalam
satuan pendidikan MI/MTs/MA . menyusun dan menetapkan Program Kerja (PK)
Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi pengelola madrasah dan pemangku
kepentingan lainnya dalam penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran
2022/2023.
B. Dasar Penyelenggaraan
Asesmen Madrasah
1. Keputusan Menteri Agama melalui Direktur
Jenderal Pendidika Islam Nomor 901 Tahun 2023 Tentang Prosedur Standar
Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023.
2. Rapat Kepala Madrasah dan Dewan Guru MI/MTs/MA
……. Hari ……….Tanggal …….. 2023 Tentang Pembentukan Panitia Asesmen Madarasah
dan Program Kerja Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023
C. Tujuan dan Fungsi Asesmen
Madrasah
Asesmen Madrasah bertujuan
untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai Standar Kompetensi
Lulusan pada akhir jenjang pendidikan. Asesmen Madrasah berfungsi sebagai: 1) Indikator
pencapaian kompetensi peserta didik; 2) Umpan balik bagi madrasah untuk
kepentingan perbaikan proses pembelajaran dan perbaikan mutu pendidikan di
waktu berikutnya; 3) Pemenuhan
salah satu syarat penentuan kelulusan
D. Prosedur Operasional
Asesmen Madrasah
1. Madrasah adalah satuan pendidikan formal dalam
binaan Menteri Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dan kejuruan dengan
kekhasan agama Islam.
2. Asesmen Madrasah yang selanjutnya disingkat AM
adalah ujian yang diselenggarakan oleh MI/MTs/MA , yang berupa pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu
pada Standar Kompetensi Lulusan.
3. Kisi-kisi AM adalah acuan untuk mengembangkan
dan merakit naskah soal AM yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar
Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.
4. Paket naskah soal AM adalah variasi perangkat
tes, terdiri atas sejumlah butir soal atau penugasan kelas ...., ... dan ....
yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi AM.
5. Lembar Jawaban Asesmen Madrasah yang
selanjutnya disingkat LJAM adalah salah satu bentuk lembaran kertas yang
digunakan peserta untuk menjawab soal tes tulis AM.
6. Bahan AM adalah bahan yang digunakan dalam
penyelenggaraan AM yang mencakup naskah soal atau naskah tugas, LJAM atau
lembar pengamatan/lembar penilaian, berita acara, daftar hadir, dan tata tertib
7. Musyawarah Guru Mata Pelajaran yang
selanjutnya disingkat MGMP dan sejenisnya adalah yang mengembangkan soal-soal
Asesmen Madrasah berdasarkan kisi-kisi sesuai KMA 183.
8. Asesmen Madrasah MI/MTs/MA ……….Tahun Pelajaran
2022/2023 dilaksanakan dalam jaringan (daring).
9. Hal-hal lain yang berhubungan dengan pelaksanaan
Asesmen Madarasah MI/MTs/MA ,,,,,,,,,ercantum dalam Program Kerja.
Selengkapnya berikut ini Contoh Program Kerja Asesmen Madrasah MI
MTS MA Tahun 2023 versi PDF
Bagi Anda yang membutuhkan Contoh Program Kerja Asesmen Madrasah MI
MTS MA Tahun 2023 versi WORD atau DOC, silahkan download DISINI.
Demikian informasi tentang Contoh Program Kerja Asesmen Madrasah MI
MTS MA Tahun 2023 versi WORD atau DOC. Semoga ada manfaatnya.