Link download Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK kami sajikan pada bagian akhir tulisan ini. Sebagaimana diketahui Pengelola Perpustakaan SD SMP SMA SMK memiliki kewjiban melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah yang tertuang dalam Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK.
Dengan adanya Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK, berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar
perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge (pusat ilmu pengetahuan)
dapat terealisasi secara optimal.
Berikut Contoh Program Kerja
Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK.
Kata Pengantar
Assalamu'alaikum
warahmatullahi wa barokatuh,
Alhamdulillahirabbil
alamin, dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan
rahmat dan hidayah-Nya sehingga pengelola Perpustakaan SD SMP SMA SMK dapat menyelesaikan
Laporan dan Penyusunan Rencana Kerja Perpustakaan tahun 2023-2024.
Laporan Program Kerja
Perpustakaan ini disusun untuk memaparkan tujuan pengelolaan perpustakaan itu
sendiri. Salah satu tujuan umum perpustakaan adalah menyediakan bahan pustaka
untuk memenuhi kebutuhan anak didik dan pendidik dalam kegiatan belajar
sehari-hari. Kemudian tidak kalah penting adalah tujuan perpustakaan yaitu sebagai sumber tempat
pengembangan kemampuan berpikir intelektual yang mandiri dan berwawasan global untuk
membentuk sikap kreatif, inovatif, dan mengembangkan minat dan bakat siswa, baik dalam kegiatan
intrakulikuler maupun kegiatan ekstrakulikuler. Oleh karena itu sangat penting sekali perpustakaan sekolah perlu perhatian
dari pihak warga sekolah dan
memerlukan pengembangan khusus demi terbentuk sebuah perpustakaan ideal di SD SMP SMA SMK yang merupakan jantung sebuah
sekolah.
Guna meningkatkan mutu
pendidikan serta pemanfaatan sarana penunjang yang terdapat dalam perpustakaan.
Maka laporan dan penyusunan rencana kerja kami buat seefisien dan
sesederhananya, walaupun dalam laporan dan penyusunan
Rencana
kerja perpustakaan ini kurang
sempurna, kami telah berusaha dengan maksimal tetapi kami menyadari keterbatasan
kemampuan kami. Oleh sebab itu kami mengharapkan saran yang dapat membantu dan
menambah wawasan kami dalam pengelolaan manajemen perpustakaan di SD SMP SMA SMK.
---------------------, Januari 2023
Penyusun
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perpustakaan
berkembang pesat dari waktu ke waktu menyesuaikan dengan perkembangan pola kehidupan
masyarakat, kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi. Perkembangan tersebut juga membawa
dampak kepada "pengelompokkan" perpustakaan berdasarkan pola-pola kehidupan,
kebutuhan, pengetahuan, dan teknologi informasi tadi. Istilah-istilah perpustakaan "membengkak"
menjadi sangat luas namun cenderung mempunyai
sebuah spesifikasi tertentu. Dilihat dari perkembangan teknologi informasinya
perpustakaan berkembang dari perpustakaan tradisional, semi-tradisional,
elektronik, digital hingga
perpustakaan "virtual". Kemudian dilihat dari pola kehidupan
masyarakat berkembang mulai
perpustakaan desa, perpustakaan masjid, perpustakaan pribadi, perpustakaan
keliling, dan sebagainya. Kemudian
juga dilihat dari perkembangan kebutuhan dan pengetahuan sekarang ini banyak bermunculan istilah
perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan anak-anak, perpustakaan sekolah, perpustakaan akademik
(perguruan tinggi), perpustakaan
perusahaan, dan lain sebagainya.
Pengertian perpustakaanpun berkembang dari waktu ke waktu. Pada abad
ke-19 perpustakaan didefinisikan sebagai " suatu gedung, ruangan atau
sejumlah ruangan yang berisi koleksi buku
yanng dipelihara dengan baik, dapat digunakan oleh masyarakat atau golongan masyarakat tertentu.
Kemudian ALA (The American Library Association) menggunakan istilah
perpustakaan untuk suatu pengertian yang luas yaitu termasuk pengertian "pusat media, pusat
belajar, pusat sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumenstasi dan pusat rujukan
". Sedangkan menurut Keputusan Presiden RI nomor 11, disebutkan bahwa " perpustakaan
merupakan salah satu sarana pelestarian bahan pustaka sebagai hasil budaya dan mempunyai
fungsi sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan menunjang pelaksanaan pembangunan nasional.
Kemudian perpustakan jika tinjau secara umum adalah sebuah bangunan yang
berisi kumpulan koleksi buku
dari berbagai kategori didalamnya dan koleksi penunjang pustaka lainnya. Sedangkan Perpustakaan
sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah, dikelola sepenuhnya oleh
sekolah yang bersangkutan dengan tujuan usaha membantu sekolah untuk mencapai tujuan khusus sekolah dan
tujuan pendidikan pada umumnya (Sulistyo Basuki, 1993).
Di samping itu dalam penjelasan Undang-Undang Pendidikan Nasional kita,
di sebutkan bahwa salah satu
sumber belajar di sekolah yang amat penting tetapi bukan satu satunya adalah
perpustakaan. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi
sekolah tersebut. Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan
atau manajemen yang tepat dan cepat
sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Namun masalahnya
sekarang adalah tidak sedikit perpustakaan sekolah yang pengelolaannya masih
kurang profesional. Kalaupun sudah baik, bagaimana perpustakaan sekolah mampu
memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi secara
mudah dan cepat di era globalisasi ini.
Untuk itu diperlukan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan
komputer. Akan tetapi mampukah para pengelola perpustakaan terutama kepala
sekolah sebagai stake holder di
sekolah mewujudkan perpustakaan sekolah yang
berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ) dengan menggunakan SIM Perpustakaan?.
Jawabannya sebenarnya tidak terlalu rumit karena rata-rata sebuah sekolah hanya memiliki
ratusan koleksi buku tidak seperti perpustakaan daerah atau provinsi yang mempunyai ribuan
atau ratusan ribu koleksi buku. Dengan kemampuan sederhana dan pengelolaan sederhana, InsyaAllah manajemen
perpustakaan sekolah akan tertata
dengan benar sesuai dengan yang diharapkan banyak pihak.
Karena pentingnya keberadaan perpustakaan sekolah maka ada sebuah pepatah
mengatakan "Perpustakaan sebagai
jantung sebuah lembaga pendidikan". Oleh karena itu sudah selayaknya
mendapatkan porsi dan posisi yang strategis guna merealisasikan visi dan misi sekolah. Semua pihak, khususnya
kepala sekolah harus memberi perhatian lebih akan eksistensi perpustakaan di sekolah,
dan tidak lagi dianggap sebagai tempat menyimpan buku bekas, barang-barang tidak terpakai,
bahkan hanya sebagai tempat bermain anak-anak murid saat tidak ada KBM. Itulah yang
kebanyakan terjadi disekolah-sekolah yang ada dinegri ini. Hal ini tentu sangat ironis dan tidak
mendidik.
Dari berbagai sudut pemikiran diatas, Pengelola Perpustakaan SD SMP SMA
SMK berupaya melakukan
terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan
visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat
memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center
of knowledge (pusat ilmu pengetahuan) dapat terealisasi secara optimal.
B. Visi dan Misi
Perpustakaan Sekolah
1. VISI
a. Menjadikan perpustakaan SD SMP SMA
SMK sebagai Jantung Pemebelajaran, pusat
layanan informasi dan
ilmu Pengetahuan dengan standar
pengelolaan yang berlaku.
b. Sebagai sumber belajar warga sekolah guna
mendukung kegitan belajar mengajar yang terdepan sebagai investasi sumber daya
pengetahuan yang cukup lengkap.
c. Memberikan layanan kepada civitas
akademika dan pengguna perpustakaan secara luas, dan ikut merealisasikan visi
misi serta suksesnya program utama perpustakaan sekolah yaitu sebagai jantung
Pembelajaran ilmu pengetahuan seluruh warga sekolah.
2. MISI
a.
Pengembangan
Organisasi dan Sumber Daya Manusia
b. Pengembangan Sumber Daya Informasi Tercetak dan Elektronik
c. Pengembangan Layanan layanan prima berbasis komputer
d.
Melaksanakan layanan
perpustakaan terautomasi
e.
Mengelola informasi serta
menyebarluaskan informasi
f. Mewujudkan kualitas dan kuanitas buku bacaan dan referensi
g.
Melayani semua warga
sekolah dengan layanan prima
h. Menerapkan administrasi pustaka yang professional dan
akuntabel
C. Landasan Progam Kegiatan
Terwujudnya perpustakaaan sekolah yang berdaya guna dan berhasil guna di
sekolah, menjadi pusat kegiatan
belajar mengajar, dan terbinanya anak didik menjadi gemar membaca, bisa membaca. Untuk pembinaan dan
pengembangan tersebut dapat dipetik beberapa langkah sebagai landasan antara lain :
1. Keputusan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan No.0103/0/1981 tanggal 11 Maret 1981. Mengenai pokok-pokok kebijakan Pembinaan dan pengembangan
perpustakaan sekolah di Indonesia
2. Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional
3. Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007
tentang Perpustakaan
D. Maksud dan Tujuan
Dengan melihat latar belakang maka maksud dan tujuan perpustakaan
sekolah diselenggarakan untuk :
1. Menyediakan buku-buku pengetahuan
sebagai bahan ajar bagi guru dan sumber bacaan bagi siswa Mengembangkan minat,
kemampuan, dan kebiasaan membaca khususnya serta mendayagunakan budaya tulisan
dalam berbagai sektor kehidupan
2. Mengembangkan kemampuan mencari dan
mengolah serta memanfaatkan informasi
3. Mendidik siswa agar memelihara dan
memanfaatkan bahan pustakan secara tepat guna dan berhasil guna
4. Meletakkan dasar kearah proses
pembelajaran mandiri
5. Memupuk dan mengembangkan minat dan
bakat siswa
6. Menumbukan penghargaan siswa terhadap
pengalaman imajinatif
7. Mengembangkan kemampuan untuk
memecahkan masalah yang dihadapi atas tanggungjawab dan usaha sendiri
8. Mengembangkan kemampuan berpikir
siswa secara kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah
9. Membantu siswa, guru, dan staf
sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
10. Sumber pengembangan kebudayaan dan
peradaban ilmu sekolah terkait.
E. Fungsi Perpustakaan Sekolah
Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat
informasi, pusat penelitian sederhana dan
rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SD SMP
SMA SMK, perpustakaan sekolah berfungsi:
1.
Wadah atau wahana
pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya
2.
Sumber rujukan
(reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SD
SMP SMA SMK
3.
Sarana pendukung dalam
proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional
4.
Pusat informasi bagi
kegiatan belajar mengajar
5.
Sumber yang menyediakan
bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan
yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.
F. Ruang Lingkup
Untuk memperjelas program pengembangan perpustakaan
sekolah khususnya Perpustakaan SD SMP SMA
SMK, ruang lingkup sekolah antara lain :
1. Administrasi
2.
Pengadaan Sarana /
Prasarana
3. Operasional
4. Laporan
G. Sumber Dana
Untuk mengembangkan
perpustakaan perlu adanya sumber dana. Adapun sumber dana untuk pengembangan
perpustakaan SD SMP SMA SMK antara lain :
1.
RAPBS tahun 2023-2024
2. Dana BOS
3.
Kartu Anggota Perpustakaan
4.
Denda Anggota Perpustakaan
5.
Pemerintah, penerbit dll.
yang tidak mengikat
BAB II
PENGORGANISASIAN
A. Struktur Organisasi Perpustakaan SD SMP SMA
SMK
1.
Kepala
Sekolah :
2.
Kepala
Perpustakaan :
3.
Pustakawan :
4.
Staf
Bag.Pelayanan :
B. Tugas Masing-Masing Bagian Dalam Sistem
Organisasi Perpustakaan
1. Kepala Sekolah :
a. Bertugas dan bertanggungjawab utama segala
penyelenggaraan kegiatan dibidang perpustakaan sekolah.
b. Membina dan membimbing pengembangan
organisasi perpustakaan sekolah
2. Kepala
Bagian Perpustakaan :
a. Bertugas dan bertanggungjawab tentang
penyelenggaraan dan pengelolaan seluruh unit perpustakaan sekolah.
b. Mengorganisir dan mengkoordinir tata kerja
dan tata hubungan seluruh staf perpustakaan sekolah.Menetapkan kebijakan intern
yang khusus dalam bidangnya.
c. Pembuatan program / perencanaan bulanan.
d. Merancang program kerja dan rencana
pengembangan perpustakaan setahun kedepan
e. Membuat laporan dsb.
3. Pustakawan (Bagian Teknis &
Administrasi)
Bertugas mengadakan
pengadaan bahan pustaka dan pengolahannya :
a. Administrasi Surat-Menyurat
b. Menginventaris Koleksi dan Sarana
Perpustakaan
c. Membuat Katalogisasi deskriptif.
d. Mengklasifikasi Koleksi Perpustakaan
e. Menginput data di Komputer
f. Penyelesaian koleksi
g. Perencanaan dana dan penggunaannya.
h. Penyusunan koleksi dan kartu katalog/OPAC
4. Bagian Pelayanan
Bertugas mengadakan pekerjaan pelayanan
sirkulasi :
a. Peminjaman dan pengembalian bahan pustaka
b. Pelayanan referensi
c. Pelayanan jam perpustakaan
d. Menyiapkan buku tamu, buku penunjang, dan
buku induk dll.
BAB III
PROGRAM
KERJA PERPUSTAKAAN SD SMP SMA SMK
Rencana kerja perpustakaan sekolah
yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan
sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan
suasana kegiatan belajar mengajar yang
efektif dan efisien.
1.
Program Kerja Bulanan
BULAN |
PROGRAM KERJA |
JULI |
a.
Mendata Ulang fasilitas penunjang perpustakaan |
b.
Pengolahan bahan pustaka yang baru |
|
c.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul |
|
d.
Mendata ulang koleksi buku perpustakaan dan buku paket |
|
e.
Mendata buku yang rusak dan hilang |
|
f.
Memperbaiki buku yang rusak |
|
g.
Melayani pendaftaran anggota baru |
|
h.
Melayani peminjaman dan pengembalian |
|
i.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman |
|
j.
Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket |
|
k.
Membuat laporan bulanan |
|
AGUSTUS |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan |
SEPTEMBER |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan |
OKTOBER |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan |
NOPEMBER |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan |
DESEMBER |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan dan semester pertama |
JANUARI |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan |
PEBRUARI |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan |
MARET |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan |
APRIL |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan |
MEI |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Membuat laporan bulanan |
JUNI |
a.
Pengolahan bahan pustaka yang baru b.
Membuat NIB, Pengklasifikasian buku, katalog, Cap,
Nomor punggung buku, Sampul c.
Memperbaiki buku yang rusak d.
Melayani pendaftaran anggota baru e.
Melayani peminjaman dan pengembalian f.
Memanggil siswa / siswi yang terlambat mengembalikan
buku pinjaman g.
Melayani peminjaman dan pengembalian buku paket Membuat
laporan bulanan, semester kedua dan tahunan |
2.
Program jangka pendek
1)
Menyediakan
dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah
2)
Menyediakan
dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan
3)
Mengolah
dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu sehingga memudahkan
penggunaannya
4)
Melaksanakan
layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik
5)
Meningkatkan
minat baca murid, guru, dan staf tata laksana
6)
Menambahkan
koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan
perpustakaan
7)
Pembuatan
proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit
tertentu
8)
Memelihara
bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak
9)
Menerbitkan
kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana
10)
Menerbitkan
berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, labeling, catalog
OPAC, dll
11)
Inventarisasi,
klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka
12)
Entry
data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP)
13)
Pelayanan
peminjaman buku perpustakaan
14)
Penerbitan
Surat Tandan Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas IX sebagai syarat
pengambilan Ijazah
15)
Mengikuti
beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau
nasional
3. Program
Jangka Panjang
1)
Menerapkan
system layanan perpustakaan berbasis ICT
2)
Menerapkan
E-Library learning
3)
Merealisasikan
kualitas dan kuantitas buku minimal 5000 Judul buku
4)
Terciptanya
ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan
BAB IV
PENUTUP
Kami menyadarai bahwa apa yang direncanakan tidak
harus selalu terlaksana sesuai dengan jadwal dan program, yang telah kami
susun. Rencana program/kegiatanyang kami susun berguna dalam memberikan petunjuk
dan penuntun bagi kami dalam menjalankan program/kegiatan
di Sekolah kami. Sehingga kemana arah
perpustakaan sekolah ini akan melangkah, bisa terarah dengan jelas.
Demikian Contoh
Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK telah kami paparkan
secara rinci. Kami menyadari dalam penyusunan program masih terdapat banyak
kekurangan, untuk kelengkapannya, kritik dan saran kami terma dengan senang hati
untuk perbaikan di masa yang akan dating.
Link
download Contoh Program Kerja Kepala Perpusataan Sekolah SD SMP SMA SMK versi
PDF (DISINI)
Link download
Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK versi WORD
(DISINI)
Demikian informasi Link Contoh Program Kerja Kepala Perpustakaan Sekolah SD SMP SMA SMK. Semoga
ada manfaatnya