Link Download Contoh EDS SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2023/2024. Evaluasi Diri Sekolah (EDS) adalah proses evaluasi diri sekolah yang bersifat internal yang melibatkan pemangku kepentingan untuk melihat kinerja sekolah berdasarkan SPM dan SNP yang hasilnya dipakai sebagai dasar penyusunan RKS dan sebagai masukan bagi perencanaan investasi pendidikan tingkat kabupaten/kota dan pemangku kepentingan lainnnya.
EDS merupakan bagian dari
pemetaan mutu sekolah. Tujuan pelaksanaan EDS adalah untuk (1) menilai ki nerja
sekolah berdasarkan SPM dan SNP, (2) mengetahui tahapan pengembangan dalam Evaluasi
diri Sekolah 4 pencapaian SPM dan SNP sebagai dasar peningkatan mutu pendidikan,
dan (3) dijadikan dasar menyusun Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) atau Rencana
Kegiatan Sekolah (RKS) sesuai kebutuhan nyata menuju ketercapaian implementasi
SPM dan SNP.
EDS diharapkan menjadi
kegiatan rutin di sekolah yang dilakukan secara terus menerus setiap tahun,
untuk mengetahui ketercapaian tahapan pengembangan yang diharapkan. Kegiatan
ini sebaiknya dilaksanakan mengacu pada beberapa prinsip, sebagai berikut:
1) Berbasis tujuan;
Kegiatan
EDS dilaksanakan berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, karena hasilnya
sangat penting untuk menentukan tujuan rencana pengembangan sekolah yang lebih
spesifik dan akurat.
2) Beracuan kriteria
Kegiatan
EDS dilaksanakan mengacu pada kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan
sebelumnya berdasarkan SNP dan SPM yang dikembangkan oleh satuan pendidikan
maupun oleh pemerintah dan instansi terkait lainnya.
3) Berasas manfaat
Kegiatan
EDS dilaksanakan untuk mendapatkan manfaat yang sebesar-besarnya untuk
meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya harus mampu menghasilkan
rekomendasi untuk penyusunan dan perbaikan RKS.
4) Objektif
Kegiatan
EDS dilaksanakan secara jujur dan apa adanya, karena hasilnya digunakan untuk
mengetahui, memahami, dan menya-dari dengan baik kondisi nyata sekolah baik
mutu maupun kondisi lainnya. Hasil EDS tersebut merupakan informasi dan fakta
yang sangat penting untuk penyusunan rencana pengembangan sekolah, dan
dijadikan bahan masukan pemangku kepentingan EDS yang dilakukan sesuai dengan
konsep dan prinsip yang benar akan memiliki manfaat bagi sekolah dan pemangku kepentingan
lainnya, di antaranya:
a)
Bagi sekolah,
·
mengidentifikasikan kelebihan dan kekurangan untuk
merencanakan pengembangan dan peningkatan mutu di masa yang akan datang;
·
memiliki data dasar yang akurat sebagai dasar
untuk pengembangan dan peningkatan mutu di masa mendatang;
·
mengidentifikasikan kekuatan dan peluang
peningkatan mutu pendidikan, ketepatan inisiatif peningkatan mutu, keseuaian
program dengan hasilnya;
·
memberikan laporan formal kepada pemangku kepentingan
sebagai bentuk akuntabilitas sekolah ;
b)
Bagi Pemerintah Pusat/Provinsi/K abupaten/Kota, di antaranya:
·
menyediakan data dan informasi yang penting
untuk perencanaan, pembuatan keputusan, dan perencanaan anggaran pendidikan
pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional;
·
mengidentifikasikan bidang prioritas untuk
memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan;
·
mengidentifikasikan jenis dukungan yang
dibutuhkan terhadap sekolah;
·
mengidentifikasikan pelatihan serta kebutuhan
program pengembangan lainnya;
·
mengidentifikasikan keberhasilan sekolah
berdasarkan berbagai indikator pencapaian sesuai dengan Standar Pelayanan
Minimal dan Standar Nasional Pendidikan .
Sebelum Admin membagikan Link Download Contoh EDS (Evaluasi Diri
Sekolah) SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2023/2024. Perlu diketahui EDS
sangat penting dan merupakan bagian dari SPMI serta sarana Pengembangan Budaya
Mutu Sekolah.
a) EDS sebagai bagian SPMI
Penjaminan
mutu di sekolah (SPMI) merupakan kegiatan sistemik dan terpadu oleh sekolah
untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Secara filosofis tanggung
jawab penjaminan mutu merupakan tanggungjawab bersama antara sekolah,
masyarakat, pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Secara operasional, tugas
dan tanggung jawab penjaminan mutu merupakan core business dari masing- masing
sekolah. Setiap sekolah memiliki kewajiban untuk melakukan penjaminan mutu secara
internal. Kawajiban ini dilakukan untuk memenuhi atau melampaui SPM dan SNP yang
telah ditetapkan. Tujuan utama penjaminan mutu di sekolah adalah untuk
meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Sementara tujuan lain penjaminan
mutu di sekolah adalah untuk membangun budaya mutu, mengatur pembagian tugas
dan tanggung jawab yang jelas dan proporsional dalam penjaminan mutu, adanya
acuan mutu dalam penjaminan mutu, dan adanya peta mutu dan sistem informasi
mutu di sekolah.
Penjaminan
mutu di sekolah dilakukan atas dasar prinsip keberlanjutan, terencana dan
sistematis, menghormati otonomi sekolah, dan terbuka. Untuk memenuhi
prinsip-prinsip tersebut, penjaminan mutu di sekolah harus dilakukan dengan
memperhatikan dan mempertimbangkan atau berbasis data dan rekomendasi hasil
EDS. Esensi penjaminan mutu berbasis EDS adalah adanya penekanan pada proses
dan evaluasi diri yang terintegrasi dengan keberlangsungan proses pembelajaran
di sekolah.
b) EDS sebagai sarana Pengembangan
Budaya Mutu Sekolah.
Peningkatan
mutu di sekolah sangat penting untuk menciptakan generasi emas yang mendukung
peningkatan daya saing masyarakat menuju bangsa Indonesia yang mandiri, maju, adil
dan makmur. Oleh karena itu diperlukan satuan pendidikan yang memiliki mutu
layanan pendidikan yang unggul, berstandar, dan berbudaya mutu serta menjamin
lulusan yang berkualitas.
Budaya
mutu sekolah, secara umum dapat diartikan sebagai kondisi dinamis yang
berhubungan dengan pros es dan hasil belajar yang memenuhi atau melebihi
standar, sehingga berdampak pada kepuasan pelanggannya, khususnya siswa dan
orang tua. Dengan kata lain sekolah yang bermutu adalah sekolah yang sesuai
kriteriastandar, seperti yang tercantum dalam SPM dan SNP, sehingga dapat
memuaskan pelangganya, baik pelanggan internal maupun eksternal. Sedangkan, budaya
dapat diartikan sebagai pikiran, adat istiadat, suatu yang sudah berkembang,
sesuatu yang menjadi kebiasaan yang sukar diubah.
Dengan
demikain budaya mutu sekolah dapat diartikan sebagai sekolah yang memiliki adat
istiadat atau kebiasaan memenuhi atau melebihi standar dalam pelaksanaan proses
dan hasil belajar. Budaya mutu tidak lahir tiba - tiba tapi harus melalui
proses pengembangan yang sistematis dan ter arah. Salah satu proses budaya mutu
yaitu melalui pemanfaatan hasil EDS dalam rencana pengembangan sekolah atau
rencana kerja sekolah. Proses pengembangan budaya mutu di sekolah ini paling
tidak dilakukan melalui tiga tahapan pokok, yaitu tahap konsolidasi, tahap
implementasi , dan tahap penguatan. Dalam tahap konsolidasi sekolah melakukan pengembangan
program kerja dan pengembangan unit atau dokumen mutu. Sementara dalam tahap
implementasi sekolah melakukan proses pemenuhan mutu dan pendampingan pemenuhan
mutu. Hal ini akan lebih baik lagi jikadilakukan evaluasi internal maupun
eksternal.
Sedangkan,
tahap penguatan merupakan peningkatan standar mutu, pemenuhan mutu,
pendampingan pemenuhan mutu dan evaluasi eksternal. Ketiga tahapan tersebut
dapat dirancang dal am kurun waktu tertentu, sesuai dengan kondisi nyata
sekolah. Untuk mendukung proses dan langkah-langkah dalam mengembangkan budaya
mutu sekolah, pengawas sekolah dan kepala sekolah dituntut untuk terus
mengadakan perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.
Bagi Anda yang membutuhkan Contoh
EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2023/2024 berikut admin bagikan Link Download Contoh EDS (Evaluasi Diri
Sekolah) SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran 2023/2024. Silahkan dapat EDS yang sangat simple namun sangat efektif
mellaui tautan di bawah ini
Link
Download Contoh EDS (Evaluasi Diri Sekolah) SD SMP SMA SMK Tahun Pelajaran
2023/2024 (DISINI)
Demikian informasi tentang Link Download Contoh EDS SD SMP SMA SMK
Tahun Pelajaran 2023/2024. Semoga ada manfaatnya, terutama untuk
peningkatan mutu pendidikan serta sebagai salah bukti fisik dalam kegiatan
akreditasi sekolah.