Link Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI MI MTS MA Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Tujuan Pembelajaran (TP) adalah deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi, yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.
Tujuan pembelajaran (TP)
disusun dengan memperhatikan eviden atau bukti yang dapat diamati dan diukur
pada murid, sehingga murid dapat dinyatakan mencapai suatu tujuan pembelajaran.
Penulisan tujuan pembelajaran sebaiknya memuat 2 komponen utama, yaitu
kompetensi dan lingkup materi.
1. Kompetensi
Kompetensi
merupakan kemampuan yang perlu didemonstrasikan oleh murid untuk menunjukkan
dirinya telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Pertanyaan panduan yang
bisa digunakan guru dalam menyusun tujuan pembelajaran, antara lain: Secara
konkret, kemampuan apa yang perlu didemonstrasikan oleh murid? Tahap berpikir
apa yang perlu didemonstrasikan oleh murid?
2. Lingkup materi
Lingkup
materi merupakan konten dan konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu
unit pembelajaran. Pertanyaan panduan yang bisa digunakan guru dalam menyusun
tujuan pembelajaran, antara lain:
Hal apa saja yang perlu dipelajari murid dari suatu konsep besar yang dinyatakan dalam CP? Apakah lingkungan sekitar dan kehidupan keseharian murid dapat digunakan sebagai konteks untuk mempelajari konten dalam CP? (misal: proses pengolahan hasil panen digunakan sebagai konteks untuk belajar tentang persamaan linear di SMA). Contoh Capaian Pembelajaran: Menganalisis hubungan antara kegiatan manusia dengan perubahan alam di permukaan bumi dan menarik kesimpulan penyebab-penyebab utamanya (akhlak kepada alam).
Sebelum admin membagikan Link Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI
(Sejarah Kebudayaan Islam) MI MTS MA Kurikulum Merdeka Pada Madrasah, juga
perlu Anda ketahui apakah itu ATP dan Modul Ajar? Jika Capaian Pembelajaran adalah kompetensi yang
diharapkan dapat dicapai murid di akhir fase, maka Alur Tujuan Pembelajaran
(ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan
logis di dalam fase pembelajaran.
Alur menjadi panduan guru
dan murid untuk mencapai Capaian Pembelajaran di akhir suatu fase. Tujuan
pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari
waktu ke waktu. Guru dapat menyusun ATP masing-masing, yang terdiri dari
rangkaian tujuan pembelajaran. Pemerintah akan menyediakan beberapa contoh ATP
yang bisa langsung digunakan atau dimodifikasi, dan membuat panduan untuk
penyusunan perangkat ajar.
Lalu apa yang dimaksud Modul
ajar ? Modul ajar merupakan salah satu jenis perangkat ajar yang memuat rencana
pelaksanaan pembelajaran, untuk membantu mengarahkan proses pembelajaran
mencapai Capaian Pembelajaran (CP). Jika satuan pendidikan menggunakan modul
ajar yang disediakan pemerintah, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan
dengan RPP Plus, karena modul ajar tersebut memiliki komponen yang lebih
lengkap dibanding RPP. Jika satuan pendidikan mengembangkan modul ajar secara
mandiri, maka modul ajar tersebut dapat dipadankan dengan RPP.
Satuan pendidikan dapat
menggunakan berbagai perangkat ajar, termasuk modul ajar atau RPP, dengan
kelengkapan komponen dan format yang beragam sesuai dengan karakteristik dan
kebutuhan murid.
Pengembangan modul ajar
bertujuan untuk menyediakan perangkat ajar yang dapat memandu guru melaksanakan
pembelajaran. Dalam penggunaannya, guru memiliki kemerdekaan untuk: memilih
atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk
menyesuaikan dengan karakteristik murid, atau Menyusun sendiri modul ajar
sesuai dengan karakteristik murid
Kriteria yang harus dimiliki
modul ajar adalah: Esensial: pemahaman konsep dari setiap mata pelajaran
melalui pengalaman belajar dan lintas disiplin. Menarik, bermakna, dan
menantang: menumbuhkan minat belajar dan melibatkan murid secara aktif dalam
proses belajar; berhubungan dengan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki
sebelumnya sehingga tidak terlalu kompleks, namun juga tidak terlalu mudah untuk
tahap usianya. Relevan dan kontekstual: berhubungan dengan pengetahuan dan
pengalaman yang dimiliki sebelumnya, serta sesuai dengan konteks waktu dan
lingkungan murid. Berkesinambungan: keterkaitan alur kegiatan pembelajaran
sesuai dengan fase belajar murid.
Adapun Komponen Modul Ajar sekurang-kurangnya
berisi tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran (yang mencakup media
pembelajaran yang akan digunakan), asesmen, serta informasi dan referensi
belajar lainnya yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran. Komponen
modul ajar bisa ditambahkan sesuai dengan mata pelajaran dan kebutuhannya. Guru
di satuan pendidikan diberi kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul
ajar sesuai dengan konteks lingkungan dan kebutuhan belajar murid.
Bagi yang membutuhkan Tujuan
Pembelajaram (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Modul Ajar SKI (Sejarah
Kebudayaan Islam) Kurikulum Merdeka Pada Madrasah silhkan download Link
Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MI MTS MA
Kurikulum Merdeka Madarasah Pada
Madrasah pada link yang tersedia di bawah ini
Link
Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) MI MTS MA Kurikulum
Merdeka Madarasah (disini)
Demikia informasi tentang Link Download TP, ATP Dan Modul Ajar SKI
(Sejarah Kebudayaan Islam) MI MTS MA Kurikulum Merdeka Madarasah. Semoga
ada manfaatnya. Terima kasih atas kunjungan Anda.