Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) MI MTS MA MAK Format Word. Evaluasi Diri Madrasah (EDM) merupakan mekanisme evaluasi internal yang dilakukan oleh kepala Madrasah bersama pendidik atau guru, Karyawan, Tokoh Masyarakat, komite Madrasah, orang tua, dengan bantuan pengawas. Hasil EDM dimanfaatkan sebagai bahan untuk menyusun program pengembangan Madrasah lebih lanjut. EDM dilaksanakan oleh setiap Madrasah sebagai satu kebutuhan untuk meningkatkan kinerja dan mutu Madrasah secara berkelanjutan.
Maksud dari EDM adalah agar
Kementerian Agama memiliki sistem informasi Evaluasi Diri Madrasah untuk
mengetahui kebutuhan dan kelemahan
madrasah yang terintegrasi mulai dari tingkat madrasah, kabupaten/kota,
provinsi hingga pusat.
Pada prinsipnya EDM adalah
penilaian yang dilakukan oleh warga madrasah itu sendiri dengan penuh kesadaran
dan kejujuran yang akan digunakan oleh madrasah itu sendiri untuk perbaikan
mutu pendidikan
Evaluasi Diri Madrasah (EDM)
adalah suatu proses penilaian mutu penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan
oleh pemangku kepentingan ditingkat madrasah berdasarkan indikator-indikator
kunci yang mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui EDM,
madrasah dapat mengetahui aspek-aspek yang perlu ditingkatkan, serta kekuatan
dan kelemahan yang ada di madrasah dapat diidentifikasi. Hasil EDM akan
digunakan sebagai bahan untuk menetapkan jenis-jenis program/kegiatan prioritas
dalam penyusunan rencana peningkatan dan pengembangan madrasah yang dituangkan
dalam rencana kerja dan anggaran madrasah (RKAM).
Berdasarkan identifikasi
kekuatan dan kelemahan tersebut, madrasah menentukan program, kegiatan, dan sub
kegiatan yang akan dilaksanakan. Klasifikasi program, kegiatan dan sub kegiatan
berdasarkan kelebihan dan kekurangan tersebut adalah:
1. Terhadap indikator
kinerja yang telah dicapai:
a.
Program, kegiatan dan sub kegiatan untuk mempertahankan capaian yang telah
dicapai.
b.
Program, kegiatan dan sub kegiatan untuk meningkatkan capaian yang telah
dicapai.
2.
Terhadap indikator kinerja yang belum dicapai: Program, kegiatan dan sub
kegiatan untuk menghilangkan/meminimalisir penyebab yang mengakibatkan tidak
tercapai indikator kinerja, sehingga indikator kinerja dapat dicapai. Program, kegiatan dan sub kegiatan yang
telah diindentifikasi tersebut selanjutnya dituangkan dalam dokumen perencanaan
dan penganggaran madrasah, yaitu:
1.
Dokumen perencanaan penganggaran jangka menengah madrasah (RKJM = Rencana Kerja
Jangka Menengah), bagi madrasah yang belum memiliki RKJM.
2.
Untuk memutakhirkan RKJM yang telah ada. 3. Dituangkan dalam dokumen
perencanaan dan penganggaran tahunan atau RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran
Madrasah).
Dalam
aplikasi e-RKAM, EDM dilaksanakan EDM merupakan salah satu menu yang tersedia
dan harus disusun oleh madrasah sehingga EDM dan RKAM dapat dikerjakan secara
online dan terintegrasi.
Uraian
lebih lengkap tentang EDM dijelaskan lebih lanjut dalam Pedoman Evaluasi Diri
Madrasah sedangkan uraian lebih rinci tentang keterkaitan antara EDM dan e-RKAM
dijelaskan pada modul-modul berikut dari manual pengoperasian e-RKAM
Berikut ini Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah
(EDM) MI MTS MA MAK Format Word
Link download Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah
(EDM) MI MTS MA MAK Format Word (disini)
Demikian informasi tentang Contoh Instrumen dan Hasil Evaluasi Diri Madrasah
(EDM) MI MTS MA MAK Format Word. Semoga
ada manfaatnya.
hatur nuhun pa membantu sekali buat acuan di MI