Latihan Soal UTS PTS Kelas 6 SD MI Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2021/2022 Kurikulum 2013. Sebelum membahas latihan Soal PTS Semester 1 Kelas 6 SD, alangkah baiknya kita mengetahui arti dari penilaian itu sendiri. Penilaian merupakan rangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan dalam mengelola proses pembelajaran. Penilaian merupakan bagian yang penting dalam pembelajaran. Dengan melakukan penilaian, pendidik sebagai pengelola kegiatan pembelajaran dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki peserta didik, ketepatan metode mengajar yang digunakan, dan keberhasilan peserta didik dalam meraih kompetensi yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penilaian, pendidik dapat mengambil keputusan secara tepat untuk menentukan langkah yang harus dilakukan selanjutnya. Hasil penilaian juga dapat memberikan motivasi kepada peserta didik untuk berprestasi lebih baik. Berbagai macam teknik penilaian dapat dilakukan secara komplementer (saling melengkapi) sesuai dengan kompetensi yang dinilai.
Penilaian hasil belajar
dapat menggunakan berbagai teknik penilaian sesuai dengan kompetensi dasar yang
harus dikuasai. Ditinjau dari tekniknya, penilaian dibagi menjadi dua yaitu tes
dan non tes. Teknik tes merupakan
teknik yang digunakan dengan cara melaksanakan tes berupa pertanyaan yang harus
dijawab, pertanyaan yang harus ditanggapi atau tugas yang harus dilaksanakan
oleh orang yang di tes. Dalam hal tes hasil belajar yang hendak diukur adalah
kemampuan peserta didik dalam menguasai pelajaran yang disampaikan meliputi
aspek pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan
alat pelaksanaannya secara garis besar alat penilaian dengan teknik tes dapat
dikelompokkan menhjadi dua yakni 1)
Tes
Tertulis. Tes
tertulis adalah suatu teknik penilaian yang menuntut jawaban secara tertulis,
baik berupa pilihan maupun isian. 2)
Tes
Lisan. Tes
lisan adalah teknik penilaian hasil belajar yang pertanyaan dan jawabannya atau
pernyataannya atau tanggapannya disampaikan dalam bentuk lisan dan spontan. Tes
jenis ini memerlukan daftar pertanyaan dan pedoman pensekoran, dan 3) Tes Praktik/Perbuatan. Tes praktik/perbuatan adalah teknik penilaian hasil belajar yang menuntut peserta
didik mendemontrasikan kemahirannya atau menampilkan hasil belajarnya dalam
bentuk unjuk kerja.
Teknik nontes merupakan
teknik penilaian untuk memperoleh gambaran terutama mengenai karakteristik,
sikap, atau kepribadian. Teknik
penilaian nontes terdiri dari: 1)
Pengamatan/observasi. Pengamatan/observasi adalah teknik
penilaian yang dilakukan oleh pendidik dengan menggunakan indera secara
langsung. Observasi dilakukan dengan cara menggunakan instrumen yang sudah
dirancang sebelumnya. 2) Penugasan. Penilaian dengan penugasan adalah suatu
teknik penilaian yang menuntut peserta didik melakukan kegiatan tertentu di
luar kegiatan pembelajaran di kelas. Penilaian dengan penugasan dapat diberikan
dalam bentuk individual atau kelompok.
Penilaian dengan penugasan dapat berupa tugas atau proyek. 3) Produk. Penilaian produk adalah suatu penilaian
terhadap keterampilan menghasilkan suatu produk dalam waktu tertentu sesuai
dengan kriteria yang telah ditetapkan baik dari segi proses maupun hasil akhir. 3) Portofolio, yakni merupakan kumpulan karya siswa yang
tersusun secara sistematis dan terorganisasi yang diambil selama proses
pembelajaran. Portofolio digunakan oleh pendidik dan siswa untuk memantau
perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa dalam mata pelajaran
tertentu. Portofolio menggambarkan perkembangan prestasi, kelebihan dan
kekurangan kinerja siswa, seperti kreasi kerja dan karya siswa lainnya.Adapun bagian-bagian dari
portofolio adalah halaman Judul,daftar isi,dokumen,dokumen portofolio,pengelompokan
dokumen,catatan pendidik dan orangtua.
Prinsip dalam membuat Soal UTS PTS Kelas 6 SD MI Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2021/2022 Kurikulum 2013 atau atau dalam menyusun instrument penilaian lainnya, yakni
1) Valid
atau sahih. Penilaian
hasil belajar oleh pendidik harus mengukur pencapaian kompetensi yang
ditetapkan dalam standar isi (standar kompetensi dan kompetensi dasar) dan
standar kompetensi lulusan. Penilaian valid berarti menilai apa yang seharusnya
dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi dan
didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. 2) Objektif. Penilaian didasarkan pada prosedur dan
kriteria yang jelas tanpa dipengaruhi oleh subjektivitas penilai seperti
perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan
hubungan emosional. Oleh
karena itu, dalam rangka meningkatkan objektivitas penilaian, pendidik
menggunakan rubrik atau pedoman dalam memberikan skor terhadap jawaban peserta
didik atas butir soal uraian dan tes praktik atau kinerja. 3) Adil. Penilaian tidak menguntungkan atau
merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar
belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
Faktor-faktor tersebut tidak relevan di dalam penilaian, sehingga perlu
dihindari agar tidak berpengaruh terhadap hasil penilaian. 4) Terpadu. Terpadu berarti penilaian oleh pendidik
merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran. Dalam hal ini hasil penilaian benar-benar
dijadikan dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh
peserta didik. Jika hasil penilaian menunjukkan banyak peserta didik yang
gagal, sementara instrumen yang digunakan sudah memenuhi persyaratan secara
kualitatif, berarti proses pembelajaran kurang baik. Dalam hal demikian,
pendidik harus memperbaiki rencana dan/atau pelaksanaan pembelajarannya. 5) Terbuka. Penilaian hasil belajar oleh pendidik
bersifat terbuka artinya prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar
pengambilan keputusan terhadap hasil belajar peserta didik dapat diketahui oleh
semua pihak yang berkepentingan. Oleh
karena itu, pendidik menginformasikan prosedur dan kriteria penilaian kepada
peserta didik.Selain itu, pihak yang berkepentingan dapat mengakses prosedur
dan criteria penilaian serta dasar penilaian yang digunakan.6) Menyeluruh dan berkesinambungan. Artinya penilaian oleh pendidik mencakup
semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang
sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik. Oleh karena itu, penilaian bukan
semata-mata untuk menilai prestasi peserta didik melainkan harus mencakup semua
aspek hasil belajar untuk tujuan pembimbingan dan pembinaan. 7) Sistematis, artinya, penilaian dilakukan secara
berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. Oleh karena itu, penilaian dirancang dan
dilakukan dengan mengikuti prosedur dan prinsip-prinsip yang ditetapkan. Dalam
penilaian kelas, misalnya, guru mata pelajaran matematika menyiapkan rencana
penilaian bersamaan dengan menyusun silabus dan RPP. 8) Beracuan criteria, Artinya, penilaian didasarkan pada ukuran
pencapaian kompetensi yang ditetapkan.Oleh karena itu, instrumen penilaian
disusun dengan merujuk pada kompetensi (SKL, SK, dan KD).Selain itu,
pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria pencapaian yang telah
ditetapkan. 9) Bermakna, artinya penilaian hasil belajar oleh
pendidik hendaknya mudah dipahami, mempunyai arti, bermanfaat, dan dapat
ditindaklanjuti oleh semua pihak, terutama guru, peserta didik, dan orangtua
serta masyarakat. 10) Akuntabel, berarti penilaian dapat
dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya. Oleh
karena itu, penilaian dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip keilmuan dalam
penilaian dan keputusan yang diambil memiliki dasar yang objektif.
Sebagai bahan contoh atau dapat digunakan sebagai
sarana latihan berikut ini Latihan Soal UTS PTS Kelas 6 SD MI Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2021/2022 Kurikulum 2013 yang dapat didownload melalui link yang tersedia di bawah ini.
Latihan Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) (DOWLOAD DISINI)
Latihan Soal PTS Bahasa Jawa Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) (DOWLOAD DISINI)
Latihan Soal PTS IPA Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) (DOWLOAD DISINI)
Latihan Soal PTS IPS Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) (DOWLOAD DISINI)
Latihan Soal PTS Matematika Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) (DOWLOAD DISINI)
Latihan Soal PTS PAI BP (Pendidikan Agama dan Budi Pekerti) Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) (DOWLOAD DISINI)
Latihan Soal PTS PJOK - Penjas Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) (DOWLOAD DISINI)
Latihan Soal PTS PPKn Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) (DOWLOAD DISINI)
Latihan Soal PTS Seni Budaya dan Prakarya (SBP atau SBdP) Kelas 6 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) (DOWLOAD DISINI)
Demikian informasi tentang Latihan Soal UTS PTS Kelas 6 SD MI Semester 1 (Ganjil) Tahun Pelajaran 2021/2022 Kurikulum 2013. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.