LATIHAN SOAL UTS PTS KELAS 4 SD SEMESTER 2 (GENAP) KURIKULUM 2013 TAHUN 2022-2023


Soal UTS PTS KELAS 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) Tahun 2022 - 2023


Latihan Soal UTS PTS KELAS 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) Tahun 2022 - 2023. PenilaianTengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh indikator yang merepresantasikan seluruh KD pada periode tersebut.

 

Prinsip dalam melaksanakan PenilaianTengah Semester (PTS) adalah: Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur. Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Adil, berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender. Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.Terbuka, berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan. Menyeluruh dan berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik. Sistematis, berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. Beracuan kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan. Dan Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.


Latihan Soal UTS PTS KELAS 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) Tahun 2022 - 2023

 

Teknik penilaian Penilaian Tengah Semester (PTS), antara lain dapat berupa Tes Tertulis, Tes Lisan maupun Penugasan dan potofolio.Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes tertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. a) Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. b) Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam penulisan soal. Kisi-kisi yang lengkap memiliki KD, materi, indikator soal, bentuk soal, jumlah soal, dan semua kriteria lain yang diperlukan dalam penyusunan soalnya. Kisi-kisi ini berbentuk format yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kisi-kisi untuk penilaian harian bisa lebih sederhana daripada kisi-kisi untuk penilaian tengah semester atau penilaian akhir semester. c) Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal.Soal-soal yang telah disusun kemudian dirakit untuk menjadi perangkat tes. Soal dapat dikelompokkan sesuai muatan pelajaran dalam satu perangkat tesdapat juga disajikan secara terintegrasi sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. d) Melakukan penskoran berdasarkan pedoman penskoran, hasil penskoran dianalisis guru dipergunakan sesuai dengan bentuk penilaian. Misalnya, hasil analisis penilaian hariandigunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini pendidik akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan.

 

Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan. Jawaban tes lisan dapat berupa kata, frase, kalimat maupun paragraf.Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat, menegecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Dengan demikian, tes lisan dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tes lisan juga dapat digunakan untuk melihat ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan dan motivasi siswa dalam belajar.Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai berikut: a) Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. b) Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam pembuatan pertanyaan, perintah yang harus dijawab siswa secara lisan. c) Menyiapkan pertanyaan, perintah yang akan disampaikan secara lisan. d) Melakukan tes dan analisis untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini guru akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya remedial atau pengayaan.

 

Penugasan adalah pemberian tugas kepada siswa untuk mengukur dan/atau memfasilitasi siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Penugasan yang berfungsi untuk penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran (assessment of learning). Sedangkan penugasan sebagai metode penugasan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran (assessment for learning). Tugas dapat dikerjakan baik secara individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan, yang dilakukan di sekolah, di rumah, dan di luar sekolah

 

Sedangkan portofolio dapat berupa kumpulan dokumen dan teknik penilaian. Portofolio sebagai dokumen merupakan kumpulan dokumen yang berisi hasil penilaian prestasi belajar, penghargaan, karya peserta didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratifdalam kurun waktu tertentu. Pada akhir periode,portofolio tersebut diserahkan kepada gurupada kelas berikutnya dan orang tua sebagai bukti otentik perkembangan peserta didik.

 

Tujuan diadakannya PTS antara lain: Mengukur kemajuan belajar siswa setelah setengah semester; Mengukur pencapaian kompetensi siswa setelah proses pembeljaran selama setengah semester; Menentukan nilai hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran beberapa KD (Kompetensi Dasar); Melakukan perbaikan pembelajaran pada setengah semester berikutnya.

 

PTS merupakan singkatan dari penilaian tengah semester. Fungsi dari PTS ini adalah sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar siswa selama setengah semester. PTS akan terlaksana pada pekan ke-8 atau ke-9 dalam setiap kali semester. Selain itu, fungsi dari  Penilaian Tengah Semester adalah Sebagai pendorong peningkatan mutu belajar, Bentuk evaluasi bagi para guru, sebagai Alat pengendali mutu pendidikan secara umum. Adapun Materi yang akan diujikan pada Penilaian Tengah Semester mengenai kompetensi dasar. Selain itu, PTS sendiri memiliki beberapa fungsi dan tujuan.

 

Bentuk lain penilaian selain PTS. Selain PTS terdapat beberapa istilah lainnya seperti: PAS dan UKK. PAS sendiri merupakan singkatan dari Penilaian Akhir Semester. Penilaian akhir semester berlaku setiap kali akhir semester. Tak jauh berbeda dengan PTS tujuan dari PAS antara lain: Mengetahui kemajuan dan hasil belajar pelajar selama satu semester; Sebagai bahan acuan perbaikan sistem belajar mengajar kedepannya; Memotivasi para siswa melalui cara mengenal diri serta merangsang untuk melakukan perbaikan kedepannya.

 

Sebagai bahan latihan berikut contoh atau Latihan Soal UTS PTS KELAS 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) Tahun 2022 - 2023 dalam bentuk tes tertulis. Bagi yang membutuhkan silahkan di download melalui link yang tersedia di bawah ini.


Latihan Soal PTS UTS Bahasa Indonesia Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Bahasa Jawa Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS IPA Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS IPS Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Matematika Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PJOK – Penjas Orkes  Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PPKn  Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS PAI BK (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

Latihan Soal PTS UTS Seni Budaya dan Prakraya (SBP - SBdP - SBK) Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) ---disini---

 

Demikian informasi tentang Latihan Soal UTS PTS KELAS 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 2 (Genap) Tahun 2022 - 2023. Semoga ada manfaatnya, terima kasih.



= Baca Juga =



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


































Free site counter


































Free site counter