Latihan Soal PTS UTS KELAS 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil/Gasal) Tahun Pelajaran 2021/2022. PenilaianTengah Semester (PTS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8-9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh indikator yang merepresantasikan seluruh KD pada periode tersebut.
Prinsip dalam melaksanakan PenilaianTengah Semester
(PTS) adalah: Sahih, berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan
kemampuan yang diukur. Objektif, berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan
kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai. Adil, berarti
penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan
khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat,
status sosial ekonomi, dan gender. Terpadu, berarti penilaian oleh pendidik
merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.Terbuka,
berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan
dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan. Menyeluruh dan
berkesinambungan, berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek
kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk
memantau perkembangan kemampuan peserta didik. Sistematis, berarti penilaian
dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku. Beracuan
kriteria, berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang
ditetapkan. Dan Akuntabel, berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik
dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.
Teknik penilaian Penilaian Tengah Semester (PTS),
antara lain dapat berupa Tes Tertulis, Tes Lisan maupun Penugasan dan
potofolio.Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawabannya secara tertulis, berupa
pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes
tertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. a)
Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD dilakukan
pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua kompetensi
yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang akan disusun. b)
Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam penulisan soal. Kisi-kisi
yang lengkap memiliki KD, materi, indikator soal, bentuk soal, jumlah soal, dan
semua kriteria lain yang diperlukan dalam penyusunan soalnya. Kisi-kisi ini
berbentuk format yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kisi-kisi untuk penilaian
harian bisa lebih sederhana daripada kisi-kisi untuk penilaian tengah semester
atau penilaian akhir semester. c) Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan
mengacu pada kaidah-kaidah penulisan soal.Soal-soal yang telah disusun kemudian
dirakit untuk menjadi perangkat tes. Soal dapat dikelompokkan sesuai muatan
pelajaran dalam satu perangkat tesdapat juga disajikan secara terintegrasi
sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah. d) Melakukan penskoran berdasarkan
pedoman penskoran, hasil penskoran dianalisis guru dipergunakan sesuai dengan
bentuk penilaian. Misalnya, hasil analisis penilaian hariandigunakan untuk
mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui analisis ini pendidik
akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan perlu tidaknya
remedial atau pengayaan.
Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan, perintah, kuis
yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan
tersebut secara lisan. Jawaban tes lisan dapat berupa kata, frase, kalimat
maupun paragraf.Tes lisan bertujuan menumbuhkan sikap berani berpendapat,
menegecek penguasaan pengetahuan untuk perbaikan pembelajaran, percaya diri,
dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Dengan demikian, tes lisan
dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tes lisan juga dapat
digunakan untuk melihat ketertarikan siswa terhadap materi yang diajarkan dan
motivasi siswa dalam belajar.Langkah-langkah pelaksanaan tes lisan sebagai
berikut: a) Melakukan analisis KD sesuai dengan muatan pelajaran. Analisis KD
dilakukan pada Tema, Subtema, dan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar semua
kompetensi yang ingin dicapai dalam KD dapat terwakili dalam instrumen yang
akan disusun. b) Menyusun kisi-kisi yang akan menjadi pedoman dalam pembuatan
pertanyaan, perintah yang harus dijawab siswa secara lisan. c) Menyiapkan
pertanyaan, perintah yang akan disampaikan secara lisan. d) Melakukan tes dan
analisis untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta didik. Melalui
analisis ini guru akan mendapatkan informasi yang digunakan untuk menentukan
perlu tidaknya remedial atau pengayaan.
Penugasan adalah pemberian tugas kepada siswa untuk
mengukur dan/atau memfasilitasi siswa memperoleh atau meningkatkan pengetahuan.
Penugasan yang berfungsi untuk penilaian dilakukan setelah proses pembelajaran
(assessment of learning). Sedangkan penugasan sebagai metode penugasan
bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang diberikan sebelum dan/atau selama
proses pembelajaran (assessment for learning). Tugas dapat dikerjakan baik
secara individu maupun kelompok sesuai karakteristik tugas yang diberikan, yang
dilakukan di sekolah, di rumah, dan di luar sekolah
Sedangkan portofolio dapat berupa kumpulan dokumen dan
teknik penilaian. Portofolio sebagai dokumen merupakan kumpulan dokumen yang
berisi hasil penilaian prestasi belajar, penghargaan, karya peserta didik dalam
bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratifdalam kurun waktu tertentu.
Pada akhir periode,portofolio tersebut diserahkan kepada gurupada kelas
berikutnya dan orang tua sebagai bukti otentik perkembangan peserta didik.
Sebagai bahan latihan berikut contoh atau Latihan Soal PTS UTS
KELAS 4 SD
MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil/Gasal) Tahun
Pelajaran 2021/2022 dalam
bentuk tes tertulis. Bagi yang membutuhkan silahkan di download melalui link
yang tersedia di bawah ini.
Latihan Soal PTS UTS Bahasa Indonesia Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---
Latihan Soal PTS UTS Bahasa Jawa Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---
Latihan Soal PTS IPA Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---
Latihan Soal PTS UTS IPS Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---
Latihan Soal PTS UTS Matematika Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---
Latihan Soal PTS UTS PJOK – Penjas Orkes Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---
Latihan Soal PTS UTS PPKn Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---
Latihan Soal PTS UTS PAI BK (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---
Latihan Soal PTS UTS Seni Budaya dan Prakraya (SBP - SBdP) Kelas 4 SD MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil) ---disini---
Demikian informasi tentang Latihan
Soal PTS UTS KELAS 4 SD
MI Kurikulum 2013 Semester 1 (Ganjil/Gasal) Tahun
Pelajaran 2021/2022. Semoga
ada manfaatnya, terima kasih.