Latihan Soal AKG Pedagogik Guru MI MTS MA dan Pembahasan. Pedagogi adalah ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. Istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran. Pedagogi juga kadang-kadang merujuk pada penggunaan yang tepat dari strategi mengajar. Sehubungan dengan strategi mengajar itu, filosofi mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalamannya, situasi pribadi, lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh peserta didik dan guru. Salah satu contohnya adalah aliran pemikiran Sokrates.
Kata
"pedagogi" berasal dari Bahasa Yunani kuno yang memiliki arti
membimbing; secara literal berarti "membimbing anak”). Di Yunani kuno,
kata pedagogi biasanya diterapkan pada budak yang mengawasi pendidikan anak
tuannya, termasuk di dalamnya mengantarnya ke sekolah atau tempat latihan mengasuhnya,
dan membawakan perbekalannya (seperti alat musiknya).
Kata
yang berhubungan dengan pedagogi, yaitu pendidikan, sekarang digunakan untuk
merujuk pada keseluruhan konteks pembelajaran, belajar, dan berbagai kegiatan
yang berhubungan dengan hal tersebut. Malcolm Knowles mengungkapkan istilah
lain yang mirip dengan pedagogi yaitu andragogi, yang merujuk pada ilmu dan
seni mendidik orang dewasa.
Latihan Soal AKG Pedagogik Guru MI MTS MA dan Pembahasan berkaitan kompetensi pedagogik yang merupakan salah
kompetensi mutlak perlu dikuasai guru. Sebagaimana diketahui Kompetensi
Pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak perlu dikuasai
guru. Kompetensi Pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola
pembelajaran peserta didik. Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi khas,
yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat
keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya.
Kompetensi
ini tidak diperoleh secara tiba-tiba tetapi melalui upaya belajar secara terus
menerus dan sistematis, baik pada masa pra jabatan (pendidikan calon guru)
maupun selama dalam jabatan, yang didukung oleh bakat, minat dan potensi
keguruan lainnya dari masing-masing individu yang bersangkutan.
Berkaitan
dengan kegiatan Penilaian Kinerja Guru terdapat 7 (tujuh) aspek dan 45 (empat
puluh lima) indikator yang berkenaan penguasaan
kompetensi pedagogik. Berikut ini disajikan ketujuh aspek kompetensi
pedagogik beserta indikatornya:
A.
Menguasai karakteristik peserta didik
Latihan Soal AKG Pedagogik Guru MI MTS MA dan Pembahasan mencakup kemampuan guru dalam menguasai karakteristik peserta didik. Guru mampu mencatat dan
menggunakan informasi tentang karakteristik peserta didik untuk membantu proses
pembelajaran. Karakteristik ini terkait dengan aspek fisik, intelektual,
sosial, emosional, moral, dan latar belakang sosial budaya:
· Guru
dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya,
· Guru
memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk
berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran,
· Guru
dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua
peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda,
· Guru
mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah
agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya,
· Guru
membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik,
· Guru
memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat
mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak
termarjinalkan (tersisihkan, diolok‐olok, minder, dsb).
B.
Menguasasi teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran
yang mendidik
Latihan Soal AKG Pedagogik Guru MI MTS MA dan Pembahasan mencakup kemampuan guru dalam menguasasi teori belajar dan prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik. Guru mampu menetapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif sesuai dengan standar kompetensi guru. Guru mampu menyesuaikan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan memotivasi mereka untuk belajar:
· Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai
usia dan kemampuan belajarnya melalui pengaturan proses pembelajaran dan
aktivitas yang bervariasi,
· Guru
selalu memastikan tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran
tertentu dan menyesuaikan aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat
pemahaman tersebut,
· Guru
dapat menjelaskan alasan pelaksanaan kegiatan/aktivitas yang dilakukannya, baik
yang sesuai maupun yang berbeda dengan rencana, terkait keberhasilan
pembelajaran,
· Guru
menggunakan berbagai teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik,
· Guru
merencanakan kegiatan pembelajaran yang saling terkait satu sama lain, dengan
memperhatikan tujuan pembelajaran maupun proses belajar peserta didik,
· Guru
memperhatikan respon peserta didik yang belum/kurang memahami materi
pembelajaran yang diajarkan dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan
pembelajaran berikutnya.
C.
Pengembangan kurikulum
Latihan Soal AKG Pedagogik Guru MI MTS MA dan Pembahasan mencakup kemampuan guru dalam menguasai pengembangan
kurikulum. Guru mampu menyusun silabus
sesuai dengan tujuan terpenting kurikulum dan menggunakan RPP sesuai dengan
tujuan dan lingkungan pembelajaran. Guru
mampu memilih, menyusun, dan menata materi pembelajaran yang sesuai
dengan kebutuhan peserta didik:
· Guru
dapat menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum,
· Guru
merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi
ajar tertentu agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang
ditetapkan,
· Guru
mengikuti urutan materi pembelajaran dengan memperhatikan tujuan pembelajaran,
· Guru
memilih materi pembelajaran yang: (1) sesuai dengan tujuan pembelajaran, (2)
tepat dan mutakhir, (3) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar
peserta didik, (4) dapat dilaksanakan di kelas dan (5) sesuai dengan konteks
kehidupan sehari‐hari peserta didik.
D.
Kegiatan pembelajaran yang mendidik
Latihan Soal AKG Pedagogik guru MI MTS MA dan Pembahasan mencakup kemampuan guru dalam menguasai kegiatan pembelajaran
yang mendidik. Guru mampu menyusun dan melaksanakan rancangan pembelajaran yang
mendidik secara lengkap. Guru mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Guru mampu menyusun dan menggunakan berbagai materi pembelajaran dan
sumber belajar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Jika relevan, guru
memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) untuk kepentingan
pembelajaran:
· Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun
secara lengkap dan pelaksanaan aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru
mengerti tentang tujuannya,
· Guru
melaksanakan aktivitas pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses
belajar peserta didik, bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik
merasa tertekan,
· Guru
mengkomunikasikan informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia
dan tingkat kemampuan belajar peserta didik,
· Guru
menyikapi kesalahan yang dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses
pembelajaran, bukan semata‐mata kesalahan yang harus dikoreksi. Misalnya:
dengan mengetahui terlebih dahulu peserta didik lain yang setuju/tidak setuju
dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan penjelasan tentang jawaban yamg
benar,
· Guru
melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya
dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta didik,
· Guru
melakukan aktivitas pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup
untuk kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar dan mempertahankan perhatian peserta didik,
· Guru
mengelola kelas dengan efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya
sendiri agar semua waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif,
· Guru
mampu memanfaatkan audio‐visual (termasuk TIK) untuk meningkatkan motivasi
belajar peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Menyesuaikan
aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas,
· Guru
memberikan banyak kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan
dan berinteraksi dengan peserta didik lain,
· Guru
mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu
proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru
setelah mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya, dan
· Guru
menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio‐visual (termasuk tik) untuk
meningkatkan motivasi belajar pesertadidik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Berikut
ini link contoh Latihan Soal AKG Pedagogik
MI MTS MA dan Pembahasan
Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 Pedagogik
(disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 Literasi (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 Numerasi (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MI Tahun 2020 Sains (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs materi Pedagogik (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs Bahasa Indonesia (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTS Bahasa Inggris (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs Matematika (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs IPA (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MTs Bimbingan dan Konseling
(disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Tahun 2020 Pedagogik (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Bahasa Indonesia (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Bahasa Inggris (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Matematika (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Fisika (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Kimia (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Biologi (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Ekonomi (disini)
Link Latihan Soal AKG Guru MA Bimbingan dan Konseling
(disini)
Demikian
informasi tentang Latihan Soal AKG Pedagogik Guru MI MTS MA dan Pembahasan. Semoga bermanfaat. Selamat belajar semoga
kesuksesan menyertai Bapak/Ibu guru. Terima kasih.