Perencanaan
termasuk di dalam RPP selalu mempunyai arah yang hendak dicapai yaitu tujuan
yang harus dirumuskan dalam bentuk sasaran yang jelas dan terukur. Strategi
untuk mencapai tujuan berkaitan dengan penetapan keputusan yang harus dilakukan
oleh seorang perencana. Penetapan sumber daya yang dapat mendukung diperlukan
untuk mencapai tujuan meliputi penetapan sarana dan prasarana yang diperlukan,
anggaran biaya dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah
dirumuskan. Implementasi adalah pelaksanaan dari strategi dan penetapan sumber
daya.
RPP
disebut juga Perangkat Pembelajaran. RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2021 adalah perangkat pembelajaran bagi guru SD / MI pada
kelas yang bersangkutan. Adapun yang dimaksud Perangkat pembelajaran merupukan
hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Dalam
KBBI (2007: 17), perangkat adalah alat atau perlengkapan, sedangkan
pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan orang belajar. Menurut Zuhdan,
dkk (2011: 16) perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk
melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan
kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam
melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam
Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan
Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian
dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk
silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan
pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat
penilaian, dan skenario pembelajaran.
Lalu
apa tujuan dan fungsi RPP. Tujuan RPP (rencana pelaksanaan
pembelajaran) adalah untuk : 1) mempermudah, memperlancar dan
meningkatkan hasil proses belajar mengajar; 2) dengan menyusun rencana
pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan
mampu melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran
sebagai kerangka kerja yang logis dan terencana.
Sedangkan, fungsi
RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) adalah sebagai acuan bagi guru
untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar ( kegiatan pembelajaran ) agar
lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien. Dengan kata lain rencana
pelaksanaan pembelajaran berperan sebagai scenario proses pembelajaran. Oleh
karena itu, rencana pelaksanaan pembelajaran hendaknya bersifat luwes (
fleksibel ) dan member kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikan dengan respon
siswa dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya. Jadi tujuan RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2021 - 2022 adalah sebagian
acuan bagi guru SD Kelas 4 dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Bagimana
cara menyusun RPP atau lebih khususnya cara menyusun RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2021 ? Penyusunan RPP harus mengacu pada Komponen dan sistematika RPP yang
berlaku. Komponen dan sistematika RPP berikut
mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
dan Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014
Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Adapun
Komponen RPP SD SMP SMA SMK Tahun 2018 mengacu kepada Permendikbud Nomor 22
adalah sebagai berikut
a. identitas
sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas
mata pelajaran atau tema/subtema;
c.
kelas/semester;
d. materi
pokok;
e. alokasi waktu
ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan
mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang
harus dicapai;
f. tujuan
pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja
operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan;
g. kompetensi
dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi
pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan
ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian
kompetensi;
i. metode
pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan
proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan
karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media
pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi
pelajaran;
k. sumber
belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau
sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah
pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian
hasil pembelajaran.
Apakah
saja, prinsip yang harus diperhatikan dalam penyusunan RPP termasuk RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2021 ? Dalam Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan serangkaian prinsip penyusunan
RPP yang harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP, yakni sebagai
berikut:
1.
Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP
disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan
awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi,
kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar,
latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan
peserta didik. Sebagai contoh guru
menggunakan secara bergantian penayangan video klip, poster, aktivitas
fisik, dramatisasi atau bermain peran sebagai teknik pembelajaran karena
gaya belajar setiap siswa berbeda-beda.
2.
Berpusat pada peserta didik
Guru yang
menerapkan pembelajaran yang berpusat pada
peserta didik pertama-tama memperlakukan siswa
sebagai subyek didik atau pembelajar. Dilihat
dari udut pandang peserta didik, guru bukanlah seorang intruktur, pawang,
komandan, atau birokrat. Guru bertindak sebagai
pembimbing, pendamping, fasilitator, sahabat, atau
abang/kakak bagi peserta didik terutama
dalam mencapai tujuan pembelajaran yakni
kompetensi peserta didik. Oleh karena
itu guru seyogyanya merancang proses pembelajaran
yang mampu mendorong, memotivasi, menumbuhkan
minat dan kreativitas peserta didik. Hak ini
dapat berjalan jika seorang guru mengenal secara pribadi siapa
(saja) siswanya, apa mimpi-mimpinya, apa kegelisahannya, passion-nya, dan
sebagainya.
3.
Berbasis konteks
Pembelajaran
berbasis konteks dapat terwujud apabila
guru mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan berbagai sumber belajar
lokal (setempat), guru mengenal situasi dan kondisi
sosial ekonomi peserta didik, mengenal dan
mengedepankan budaya atau nilai-nilai kearifan lokal,
tanpa kehilangan wawasan global. Sebagai contoh
nilai gotong royong di Jawa atau pela
gandong di Maluku dapat dijadikan
inspirasi mengembangkan proses dan kegiatan
pembelajaran. Pembelajaran juga dapat dimulai dari
apa yang sudah diketahui oleh peserta didik
sesuai dengan konteksnya dan baru pada konteks yang lebih luas.
4.
Berorientasi kekinian
Ini
adalah pembelajaran yang berorientasi pada
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan nilai-nilai kehidupan
masa kini.Guru yang berorientasi kekinian adalah guru yang “gaul”, tidak
“gaptek”, “melek informasi”, bahkan sebaiknya well
informed, selalu meng-update dan meng-up
grade ilmu pengetahuan yang menjadi bidangnya, termasuk
teori-teori dan praktik baik di bidang
pendidikan/pembelajaran. Dengan demikian rancangan
pembelajaran yang dikembangkan guru dapat menjadi
inspirasi bagi siswa dana abagi guru-uru
yang lain.
5.
Mengembangkan kemandirian belajar
Guru yang
mengembangkan kemandirian belajar (siswa) selalu akan berusaha agar pada
akhirnya siswa berani mengemukakan pendapat atau inisiatif dengan penuh percaya
diri. Di samping itu guru tersebut juga selalu mendorong keberanian siswa untuk
menentukan tujuan-tujuan belajarnya, mengeksplorasi hal-hal yang ingin diketahui,
memanfaatkan berbagai sumber belajar, dan mampu menjalin kerja sama,
berkolaborasi dengan siapa pun. Idealnya semuau ini tercermin dalam rencana
kegiatan pembelajaran siswa.
6.
Memberi umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran
RPP
memuat rancangan program pemberian umpan
balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
7.
Memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/ atau antarmuatan
RPP
disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan
keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian
kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber
belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.RPP
disusun dengan mengakomodasi pembelajaran tematik,
keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
8.
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
Kegiatan
pembelajaran dalam RPP disusun dengan
mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan
komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan
efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Sebagai contoh ketika guru menugasi siswa
mengeksplorasi sumber-sumber pengetahuan lewat
internet, guru harus bisa menunjukkan kepada
siswa alamat situs-situs web atau tautan (link)
yang mengarahkan siswa pada sumber yang jelas, benar, dan bertanggungjawab.
Sudahkan
Bapak/Ibu guru SD / MI Kelas 4 memiliki RPP SD/MI. Jika belum berikut ini kumpulan Link download RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2021. Silahkan
dimanfaatkan sebagai dokumen awal untuk Bapak/Ibu sesuaikan dengan keterampilan
Bapak/Ibu, Kondisi sekolah Bapak/Ibu dan lainnya.
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2021 - 2022
RPP
KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2021 - 2022 SEMESTER 1
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 1 : UNDUH
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 2 : UNDUH
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 3 : UNDUH
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 4 : UNDUH
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 5 : UNDUH
RPP KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2021-2022 SEMESTER 2
RPP
KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2018 TEMA 6 :
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 6 Subtema 1 Unduh
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 6 Subtema 2 Unduh
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 6 Subtema 3 Unduh
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 6 Subtema 4 Unduh
RPP
KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2021 - 2022 TEMA 7 :
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 7 Subtema 1 Unduh
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 7 Subtema 2 Unduh
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 7 Subtema 3 Unduh
·
RPP
Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 7 Subtema 4 Unduh
RPP
KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2021 - 2021 TEMA 8 :
RPP Kelas
4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 8 Subtema 1 Unduh
RPP Kelas
4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 8 Subtema 2 Unduh
RPP Kelas
4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 8 Subtema 3 Unduh
RPP Kelas
4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 8 Subtema 4 Unduh
RPP
KELAS 4 KURIKULUM 2013 REVISI 2021 TEMA 9 :
RPP Kelas
4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 9 Subtema 1 Unduh
RPP Kelas
4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 9 Subtema 2 Unduh
RPP Kelas
4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 9 Subtema 3 Unduh
RPP Kelas
4 Kurikulum 2013 Revisi 2021 Tema 9 Subtema 4 Unduh
NB. Bagi yang membutuhkan !
RPP Kelas 1 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2021 (disini)
RPP Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2021 (disini)
RPP Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2021 (disini)
RPP Kelas 3 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2021 (disini)
RPP Kelas 5 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2021 (disini)
RPP Kelas 6 SD / MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2021 (disini)
Demikian
informasi tentang RPP Kelas 4 SD / MI Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2021 - 2022. Semoga bermanfaat
dan dapat memberi kemudahan bagi guru, terutama sebagai bahan referensi saat
membuat RPP untuk diterapkan di sekolah masing-masing.