BUKU GURU DAN BUKU SISWA SD SMP SMA EDISI REVSI 2018 |
Buku merupakan Sarana Utama
dalam pembelajaran. Ada banyak media yang dapat digunakan guru dalam
pembelajaran selain buku siswa, seperti alat peraga, lembaran Kerja, modul dan
lainnya. Namun Keberadaan buku siswa dan buku guru tetap sangat penting, karena
biasanya buku siswa dan buku siswa betul-betul disusun sesuai dengan kurikulum
yang berlaku.
Seiring dengan perubahan dan
revisi kurikulum, saat ini telah diterbikan Buku guru dan buku Siswa SD
SMP SMA edisi revisi tahun 2018. Buku Siswa mata pelajaran Prakarya Kelas 9
(IX) edisi revisi tahun 2018 merupakan buku edisi revisi yang sudah disesuaikan
dengan Silabus dan KI dan KD terbaru sesuai permendikbud tahun 2016.
Sebelum Admin memberikan
link download Buku guru Mata pelajaran Prakarya Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun
2018 dan Buku Siswa mata pelajaran Prakarya
Kelas 9 (IX) edisi revisi tahun 2018. Berikut sedikit penjelasan terkait Buku
Guru dan Buku Siswa dalam Kurikulum 2013.
Buku Teks
Pelajaran disusun berdasarkan
KI dan KD
pada setiap jenjang
sekolah dan kelas serta karakteristik masing-masing mata pelajaran. Buku
Teks Pelajaran yang terdiri atas “Buku
Siswa” dan “Buku Guru” digunakan dalam pembelajaran. Dalam menyusun Buku Teks
Pelajaran, penulis akan mencantumkan KI dan KD berdasarkan dokumen KI dan KD
Kurikulum 2013.
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK) merupakan
penanda pencapaian KD
yang ditandai oleh perubahan
perilaku yang dapat
diukur yang mencakup
sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Selanjutnya dikembangkan menjadi materi pelajaran. Dalam uraian
materi pembelajaran pada
setiap sub-bab dapat
dicermati sajian pengetahuan yang
berupa fakta, konsep, prosedur, dan
metakognisi pada Buku Siswa.
Materi jenis pengetahuan
faktual merupakan pengetahuan teknis dan spesifik tingkat sederhana berkenaan
dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, dan
budaya terkait dengan masyarakat
dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara,
dan kawasan regional. Materi
jenis pengetahuan konseptual
merupakan
terminologi/istilah dan klasifikasi,
kategori, prinsip, generalisasi,
dan teori yang
digunakan terkait dengan pengetahuan teknis
dan spesifik tingkat
sederhana berkenaan dengan
masyarakat dan lingkungan alam
sekitar, bangsa, negara,
dan kawasan regional.
Materi jenis pengetahuan
prosedural merupakan pengetahuan tentang
cara melakukan sesuatu atau kegiatan
yang terkait dengan
kegiatan teknis, spesifik,
algoritma, metode tingkat sederhana berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni,
dan budaya terkait dan
lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan
kawasan regional. Materi jenis pengetahuan metakognisi
merupakan pengetahuan tentang
kekuatan dan kelemahan diri sendiri dan mengunakannya dalam mempelajari
pengetahuan teknis dan
spesifik tingkat sederhana berkenaan
ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, dan budaya terkait dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
Gradasi untuk dimensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan uraian materi dalam buku di SMP/MTs
memperhatikan:
a. perkembangan psikologis anak;
b. lingkup dan kedalaman;
c. kesinambungan;
d. fungsi satuan pendidikan; dan
e. lingkungan.
1. Buku Siswa
Buku Siswa yang ditetapkan
oleh pemerintah memiliki ketentuan sebagai berikut.
a. Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten
dan aktivitas pembelajaran.
b. Baik uraian
konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam buku siswa dapat
dikembangkan lebih lanjut
oleh guru. Guru
dan peserta didik
dapat mengembangkan dan atau
menambah kegiatan sesuai
dengan kondisi dan kemampuan
sekolah, guru, dan
peserta didik. Pengembangan
dan atau penambahan kegiatan
dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta didik terhadap
pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatihkan, dan sikap yang
dikembangkan.
c. Kegiatan-kegiatan dalam
buku siswa sebisa
mungkin memaksimalkan potensi semua
sumber belajar yang
ada di lingkungan
sekitar. Setiap kegiatan
dapat disesuaikan dengan kondisi peserta didik, guru, sekolah, dan
lingkungan.
d. Pada
beberapa bagian dalam
Buku Siswa diberikan
ruang bagi peserta
didik untuk menuliskan laporan,
kesimpulan, penyelesaian soal,
atau tugas lainnya. Namun, sebaiknya dalam menuliskan tugas tersebut
peserta didik tidak terpancang pada ruang yang diberikan. Bahkan, peserta didik
dapat menuliskannya pada buku tugas.
Buku Siswa memuat hal-hal
berikut, yaitu: judul bab, informasi kompetensi dasar yang sesuai dengan topik
pada setiap bab. Pada setiap bab dilengkapi dengan peta konsep, pengantar, bagian
kegiatan siswa baik
eksperimen maupun non
eksperimen atau diskusi, latihan
soal, rangkuman, evaluasi, dan tugas bagi peserta didik.
Penggunaan Buku
Siswa oleh peserta
didik disarankan dimulai
dengan memahami bagian
pengantar bab atau
sub-bab, melakukan kegiatan-kegiatan yang
tersedia, mendiskusikan hasil kegiatan dan memverifikasi hasil diskusi
dengan informasi konsep yang ada di
buku. Uraian materi
lainnya merupakan bagian
untuk memperdalam pemahaman
konsep dan diakhiri dengan soal-soal untuk menguji pemahaman konsep secara
individual.
2. Buku Guru
Buku Guru merupakan pedoman
bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi persiapan, pelaksanaan,
dan penilaian serta pedoman penggunaan buku siswa. Buku ini
disusun agar guru
mendapat gambaran yang
jelas dan rinci
dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Buku Guru berisi hal berikut:
a. Pengalaman
belajar yang bermakna
untuk membangun sikap
dan perilaku positif, penguasaan
konsep, keterampilan berpikir
saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan
menyelesaikan masalah, inkuiri,
kreaktivitas, dan pribadi reflektif;
b. Berbagai teknik penilaian peserta didik;
c. Informasi yang menjadi acuan kegiatan
remedial dan pengayaan;
d. Kegiatan
interaksi guru dan
orang tua, yang
memberikan kesempatan kepada orang
tua untuk ikut
berpartisipasi aktif melalui
kegiatan belajar peserta
didik di rumah;
e. Petunjuk penggunaan Buku Siswa.
Buku Guru digunakan guru
sebagai acuan dalam penyelenggaraan proses pembelajaran dan penilaian di kelas.
Secara khusus Buku Guru berfungsi sebagai berikut.
a. Membantu guru mengembangkan kegiatan
pembelajaran dan penilaian;
b. Memberikan
gagasan dalam rangka
mengembangkan pemahaman, keterampilan,
dan sikap serta perilaku dalam berbagai kegiatan belajar mengajar;
c. Memberikan
gagasan contoh pembelajaran
yang mengaktifkan peserta
didik melalui berbagai ragam
metode dan pendekatan pembelajaran dan penilaian; dan
d. Mengembangkan metode
yang dapat memotivasi
peserta didik untuk
selalu menerapkan nilai-nilai
dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Buku Guru terdiri atas dua
bagian, yaitu petunjuk umum pembelajaran dan petunjuk khusus pelaksanaan
pembelajaran pada setiap bab sesuai dengan Buku Siswa. Petunjuk umum
pembelajaran berisi informasi tentang cakupan dan lingkup materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, strategi
pembelajaran yang meliputi
pendekatan, model dan metode, penjelasan tentang media dan
sumber belajar serta prinsip-prinsip penilaian pada pembelajaran.
Petunjuk khusus pembelajaran terdiri dari
beberapa bab sesuai
dengan materi pada Buku
Siswa, yakni berisi
informasi bagi guru
untuk persiapan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian
pembelajaran pada bab tersebut. Pada umumnya bagian ini berisi: peta konsep
untuk materi pada bab ini, cakupan materi untuk tatap muka, KI dan KD yang
sesuai dengan materi, alokasi waktu, dan rincian materi setiap tatap muka. Selanjutnya pada
bagian ini terdapat
uraian pembelajaran untuk
setiap tatap muka, mulai
dari IPK, alternatif
kegiatan pembelajaran, sumber
belajar dan media pembelajaran.
Bagian penilaian
berisi informasi tentang
teknik dan bentuk
penilaian oleh guru, penilaian diri, penilaian antar peserta
didik dan informasi pembahasan soal pada buku siswa. Buku
guru dan buku
siswa merupakan standar
minimal yang dapat dikembangkan jika
guru merasa perlu
mengembangkannya sesuai dengan
kondisi sekolah, terutama yang
berkaitan dengan kegiatan
pembelajaran, guru dapat menyesuaikan sesuai dengan alat dan
bahan praktikum atau media belajar yang tersedia di sekolah atau model-model
pembelajaran yang dipilih guru.
Berikut ini link download Buku guru dan buku Siswa SD
SMP SMA edisi revisi tahun 2018
Download Buku Guru
dan Buku SD/MI Kelas 3 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
·
BG Pendidikan Agama SD Kelas 3: [PAI],
·
BS Pedidikan Agama SD Kelas 3: [PAI],
Download Buku Guru dan Buku SD/MI Kelas 6 Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2018
·
BG Pendidikan Agama SD Kelas 6: [PAI],
·
BS Pendidikan Agama SD Kelas 6: [PAI],
Download Buku Guru dan Buku Siswa SMP/MTs Kelas 9
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
Download Buku Guru
dan Buku Siswa SMA/MA Kelas 12 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
·
BG Pendidikan Agama SMA Kelas 12: [PAI],
·
BS Pendidikan Agama SNA Kelas 12: [PAI],
Demikian informasi tentang download Buku guru dan buku Siswa SD SMP SMA edisi revisi tahun 2018. Semoga
bermanfaat, selamat belajar bagi siswa SD SMP SMA. Selamat mempersiapkan
perangkat pembelajaran bagi guru SD SMP SMA Terima kasih.
Terima kasih ditunggu kenjungan bali di laman https://akucintadesa.blogspot.com/