Kepala sekolah juga harus
mengikuti Kepala Sekolah (Guru) Pembelajar atau Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah). Sebelum mengikuti Kegiatan PKB Kepala
Sekolah di haruskan mengikuti Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah). Berikut ini Contoh Soal Pre Test (Pretest) Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan Kepala Sekolah (Madrasah).
1
|
Untuk
meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran sekolah akan menerapkan pembelajaran
kontekstual untuk semua mata pelajaran. Konsekuensi logis dari kegiatan
tersebut
adalah ... |
a.
|
Membuat
surat edaran yang ditandatangani semua guru tentang kesediaan melakukan
pembelajaran kontekstual, |
b.
|
Menugasi
wakil kepala sekolah bidang kurikulum untuk mengumpulkan Silabus dan RPP semua
mata pelajaran dan diperiksa tentang kegiatan pembelajarannya,
|
c.
|
Sekolah
mengadakan IHT ( In House Traning ) tentang pembelajaran kontekstual dan ditindaklanjuti
pembuatan perangkat pembelajaran, serta dievaluasi tingkat efektifitas dan
efisiensinya, |
d.
|
Meningkatkan
kegiatan KKG sekolah untuk semua mata pelajaran.
|
e.
|
Mewajibkan
setiap guru untuk mengumpulkan Silabus dan RPP
|
2.
|
Agar
penerimaan siswa baru pada SDN 2 KAOTAN berjalan lancar dan terkendali,
seharusnya sekolah tersebut ...
|
a.
|
Menyusun
dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yang merujuk
pada POS secara regional, dan diberitakan kepada masyarakat, sebelum PSB di
laksanakan, |
b.
|
Menyusun
dan menyebarkan edaran tentang PSB kepada masyarakat, sebelum PSB dilaksanakan
|
c.
|
Mensosialisasikan
kriteria PSB kepada masyarakat melalui media masa atau mediaelektronika,
sebelum PSB di laksanakan
|
d.
|
Menyusun
dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional mengenai proses PSB yangmerujuk
pada POS secara regional, sebelum PSB di laksanakan.
|
e.
|
Menyusun
dan merencanakan dan mengedarkan melalui media
|
3.
|
Pada
saat rapat dewan pendidik untuk menetapkan kelulusan siswa terdapat 3 siswa
lulus UjianNasional tetapi tidak lulus ujian sekolah karena satu mata
pelajaran ujian sekolah di bawah
kriteria kelulusan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a.
|
Menetapkan
3 siswa tersebut tidak lulus sekolah atas dasar hasil rapat dewan pendidik,
|
b.
|
Menghimbau
pada rapat dewan pendidik untuk meluluskan 3 siswa tersebut, menyangkutprestise
sekolah,
|
c.
|
Meluluskan
3 siswa tersebut sebab ujian nasional memiliki bobot lebih dari pada ujiansekolah,
|
d.
|
Memerintahkan
guru mata pelajaran yang menyebabkan tidak lulus untuk menambah nilaiagar
siswa tersebut lulus sekolah.
|
e.
|
Mengundang
guru tersebut untuk meluluskan siswa
|
4.
|
Kepala
SDN 2 KAOTAN ROGOJAMPI akan mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan
sekolah. Yang dilakukan oleh Kepala Sekolah tersebut diakhir Tahun Pelajaran adalah ... |
a.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan
kegiatan sekolah kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota,
|
b.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah dalam bentuk laporan tertulispelaksanaan
kegiatan sekolah kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui Kepala Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota, |
c.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah bidang akademik pada rapat dewanpendidik dan non
akademik pada rapat komite sekolah dalam bentuk laporan,
|
d.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah pada komite sekolah, DinasPendidikan Kabupaten/
Kota dalam bentuk laporan tertulis.
|
e.
|
Mempertanggungjawabkan
pelaksanaan kegiatan sekolah sesuai dengan peraturan yangberlaku
|
5.
|
Dewan
guru menghendaki pada SDN 2 KAOTAN pada hari sabtu tidak ada kegiatanpembelajaran
tetapi dimanfaatkan untuk kegiatan ekstrakurikuler. Menyikapi hal tersebut
Kepala
Sekolah ..... |
a.
|
Tidak
menyetujui dengan alasan tidak sesuai dengan aturan yang ada,
|
b.
|
Menyetujui
atas dasar hasil rapat dewan pendidik dan persetujuan Yayasan, serta
dilaksanakandengan baik dan akuntabel,
|
c.
|
Menyetujui
tetapi dengan syarat pada hari sabtu bukan hari libur,
|
d.
|
Tidak
menyetujui karena akan merugikan siswa.
|
e.
|
Menyetujui
dengan pertimbangan dari keputusan dewan pendidik.
|
6.
|
Pada
kegiatan supervisi oleh Kepala Sekolah, seorang guru meminta supervisor untuk
mengamatikhusus pada kemampuan teknik bertanya. Menyikapi hal tersebut Kepala
Sekolah selaku
supervisor ... |
a.
|
Memberikan
pengarahan bahwa hal itu bertentangan dengan konsep dari supervisi,
|
b.
|
Menyarankan
bahwa hal itu tidak bisa dilakukan karena kegiatan supervisi harus melihatsemua
aspek pada kegiatan pembelajaran,
|
c.
|
Menyetujui
permintaan tersebut sebagai fokus pengamatan, tetapi aspek yang lain juga
dilihatsesuai aspek yang ada pada instrumen,
|
d.
|
Tidak
menyetujui karena supervisi dilakukan untuk kegiatan penilaian kinerja guru.
|
e.
|
Memberi
nasehat kepada guru yang bersangkutan untuk memperbaiki
|
7.
|
Sekolah
akan memberikan pelayanan kepada siswa, sehingga setiap siswa dapat
mengembangkandan mengekspresikan dirinya sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan
minat, serta dapat
mengembangkan prestasinya. Untuk menyikapi hal tersebut di atas yang dapat dilakukan olehsekolah adalah ... |
a.
|
Melaksanakan
kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah,sehingga
bakat siswa dapat berkembang secara optimal,
|
b.
|
Membentuk
kelas unggulan, sehingga potensi siswa dapat berkembang secara optimal denganpelayanan
khusus yang telah dirancang,
|
c.
|
Menambah
mata pelajaran muatan lokal yang orientasinya pada keunggulan lokal, sehinggasemua
siswa yang mengikuti mata pelajaran tersebut dapat memiliki keterampilan
khusus,
|
d.
|
Menambah
jam tatap muka mata pelajaran olah raga, sehingga pelayanan bakat anak dapatdiberikan
secara optimal.
|
e.
|
Menambah
jam kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan kondisi dan situasi keunggulan
lokal.
|
8.
|
Untuk
meningkatkan kualitas pengelolaan, sekolah menyusunpedoman operasional
sekolah.
Pedoman pengelolaan sekolah meliputi ... |
a.
|
RKAS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, RAPBS, Jadwal Mengajar, Jurnal, Daftar Hadir,
|
b.
|
KTSP,
Kaldik, Struktur Organisasi Sekolah, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata
Tertib
Sekolah, Peraturan Akademik, Kode Etik, dan Beaya Operasional Sekolah, |
c.
|
RAPBS,
KTSP, Silabus, RPP, Kaldik, Pembagian Tugas Guru dan Tendik, Daftar Hadir,
|
d.
|
KTSP,
Silabus, RPP, Kaldik, Jurnal, Pembagian Tugas Guru Dan Tendik, Tata TertibSekolah,
Peraturan Akademik, Dan Beaya Operasional Sekolah,
|
e.
|
RPP,
Silabus, KTSP, Jurnal, Pembagian Tugas Guru, Tata Tertib.
|
9.
|
KTSP
SD NEGERI 2 KAOTAN telah ditanda tangani oleh Dinas Pendidikan tingkat
Kabupaten.
Sekolah tersebut berkehendak menyempurnakan KTSP-nya, karena isi KTSP tersebut dipandang masih sangat kurang. Untuk memecahkan masalah tersebut Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab KTSP melakukan:... |
a.
|
Memerintahkan
wakil kepala bidang kurikulum segera merevisi KTSP sesuai kekurangan
yang ada, |
b.
|
Membentuk
TIM monitoring keterlaksanaan KTSP dan segera melakukan kegiatan sehinggadiperoleh
informasi tentang kekurangan yang ada dan digunakan sebagai bahan revisi KTSP
pada tahun berikutnya,
|
c.
|
Menugaskan
kepada TIM penyusun KTSP untuk segera merombak KTSP sesuai kekuranganyang
ada, sehingga dalam tahun berjalan KTSP lebih sempurna,
|
d.
|
Menugaskan
kepada TIM penyusun KTSP untuk melakukan evaluasi dokumen KTSP dansegera
dibenahi kekurangan yang ada.
|
e.
|
Merencanakan
penyusunan instrumen KTSP sebagai bahan monitoring untuk di evaluasi.
|
10.
|
Pada
ulangan harian pertama kelas IV ada 4 siswa dari 40 siswa di kelas itu yang
belum tuntas.
Guru kelas tersebut tidak memperhatikan siswa yang belum tuntas tersebut, karena sudahmencapai ketuntasan kelas lebih dari 85%. Menyikapi masalah di atas Kepala Sekolahmelakukan….. |
a.
|
Mengingatkan
kepada semua guru pada rapat dewan guru untuk melaksanakan konsep
penilaian pada KTSP secara benar dan akuntabel, |
b.
|
Membiarkan
guru tersebut karena sudah sesuai dengan konsep penilaian konsep KTSP
|
c.
|
Menegur
guru tersebut pada rapat dewan guru karena melakukan kesalahan penanganan
dalam melakukan penilaian,
|
d.
|
Membiarkan
guru tersebut karena kegiatan penilaian merupakan otoritas guru meskipun
belum sesuai dengan konsep penilaian pada KTSP |
e.
|
Menasehati
kepada guru yang bersangkutan untuk aktif dalam rapat dewan guru
|
11.
|
Guna
pemenuhan Standar Pengelolaan, sekolah mendayagunakan setiap unsur pada
sekolah tersebut. Salah satu bentuk pendayagunaan adalah .....
|
a.
|
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pengelola
pada bidangnya,
|
b.
|
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya
sebagai pengelola pada bidangnya,
|
c.
|
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang bertanggungjawab sesuai bidangnya sebagai pembantu
kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya,
|
d.
|
Menetapkan
wakil kepala Sekolah yang melaksanakan tugas dan bertanggungjawab sesuai bidangnya
sebagai pembantu kepala sekolah dalam mengelola sesuai bidangnya
|
e.
|
Menetapkan
wakil kepala sekolah untuk melaksanakan sesuai dengan bidang tugasnya
|
12.
|
Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, tentang Standar Proses menentukan
bahwa pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran
pada kegiatan inti berisi proses interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang,
memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik dan memuat proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kenyataanya pada sekolah tersebut masih banyak guru yang belum melaksanakan. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah melakukan...... |
a.
|
Menghimbau
kepada semua guru dalam setiap kesempatan untuk melakukan prosespembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut,
|
b.
|
Melaksanakan
workshop pembelajaran dan ditindaklanjuti di KKG/KKKS serta dipantau dan diadakan
pembinaan secara intensif,
|
c.
|
Selalu
mengingatkan semua guru pada setiap rapat dewan guru untuk segera mengubah
proses pembelajaran sesuai dengan Permendiknas tersebut,
|
d.
|
Menugasi
wakil kepala bidang kurikulum selalu mengajak semua guru untuk melaksanakan pembelajaran
sesuai dengan Permendiknas tersebut.
|
e.
|
Memberikan
edaran kepada semua guru untuk mempelajari Permendiknas No. 41 Tahun 2007
|
13.
|
Untuk
meningkatkan mutu akademik, sekolah berkeinginan untuk mengatur kegiatan
akademik, dan hasil rapat dewan pendidik disepakati adanya peraturan akademik
di sekolah tersebut.
Menyikapi hal tersebut kepala sekolah melakukan... ... |
a.
|
Segera
memerintahkan kepada wakil kepala bidang akademik untuk segera mengumumkan
secara lisan kepada seluruh siswa
|
b.
|
Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera mensosialisasikan
kepada seluruh siswa
|
c.
|
Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun
Peraturan Akademik dan disosialisasikan kepada semua fihak pemangku
kepentingan di
sekolah tersebut. |
d.
|
Segera
membentuk TIM akademis dan wakil kepala bidang akademik untuk segera menyusun
Peraturan Akademik dan menetapkan, serta disosialisasikan kepada semua fihak
pemangkukepentingan di sekolah tersebut.
|
e.
|
Segera
membuat SK pembentukan TIM akademis untuk disosialisasikan kepada semua guru
mapel/guru kelas |
14.
|
Bentuk
LHBS untuk setiap mata pelajaran yang sesuai dengan Permendiknas No 20 tahun
2007
adalah ..... |
a.
|
Satu
nilai untuk satu mata pelajaran
|
b.
|
Satu
nilai untuk satu mata pelajaran beserta deskripsi kemajuan belajar
|
c.
|
Satu
nilai setiap aspek untuk setiap mata pelajaran
|
d.
|
Satu
nilai pencapaian kompetensi mata pelajaran, disertai dengan deskripsi
kemajuan belajar,
|
e.
|
Satu
nilai untuk semua mata pelajaran
|
15.
|
Kegiatan
pelayanan konseling sangat diperlukan oleh siswa, untuk kepentingan tersebut
guru BK meminta mengajar 1 jam tatap muka dan dituliskan dalam jadwal
pelajaran. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
|
a.
|
Mengabulkan
permintaan tersebut meskipun menambah beban balajar siswa,
|
b.
|
Tidak
mengabulkan permintaan tersebut karena akan menambah beban belajar siswa
|
c.
|
Mengabulkan
permintaan tersebut atas dasar hasil rapat dewan pendidik, tetapi 1 jam
tersebut bukan merupakan beban belajar siswa,
|
d.
|
Tidak
mengabulkan permintaan tersebut meskipun kegiatan tersebut sangat penting.
|
e.
|
Mengabulkan
permintaan tersebut dengan menambah jam ekstrakurikuler.
|
16.
|
Permendiknas
No. 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan
Dasar Dan Menengah, menyatakan bahwa Supervisi pengelolaan akademik dilakukan
secara teratur dan berkelanjutan oleh kepala sekolah/madrasah dan pengawas sekolah/madrasah.
Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ...
|
a.
|
Menyusunan
program supervisi pengelolaan akademik di sekolah dan disosialisasikan ke seluruh
pendidik, serta dilaksanakan secara teratur dan berkelanjutan,
|
b.
|
Menyusun
program supervisi akademik di sekolah dan pelaksanaannya dilakukan oleh wakil
kepala sekolah bidang kurikulum dan atau guru senior,
|
c.
|
Melaksanakan
kegiatan supervisi akademis bersama pengawas sekolah,
|
d.
|
Menyusun
jadwal kegiatan supervisi dan disosialisasikan serta pelaksanaanya
didelegasikan kepada wakil bidang kurikulum dan atau guru senior.
|
e.
|
Menyusun
program kerja supervisi akademis dan dilaporkan kepada atasan.
|
17.
|
Sekolah
akan mengembangkan budaya membaca dan menulis bagi setiap siswanya. Untuk menyikapi
hal tersebut di atas sekolah melakukan:...
|
a.
|
Setiap
proses pembelajaran disepakati menggunakan perpustakaan sebagai somber
belajar,
|
b.
|
Menambah
jumlah buku di perpustakaan untuk menunjang kegiatan tersebut
|
c.
|
Diadakan
jam wajib baca dan menulis bagi setiap siswa di sekolah tersebut,
|
d.
|
Setiap
proses pembelajaran untuk setiap mata pelajaran disepakati mengembangkan
budaya membaca dan menulis melalui tugas-tugas yang relevan,
|
e.
|
Membentuk
tim dengan bekerjasama dengan guru mapel.
|
18.
|
Visi
SD NEGERI 2 KAOTAN adalah sebagai berikut: " Berprestasi, berbudaya, dan
ber IPTEK, serta dilandasi IMTAQ " dan salah satu misinya adalah
meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu tujuan jangka pendek yang
terkait dengan misi tersebut adalah...
|
a. |
Sebagian
guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun 2007
tentang Standar Proses |
b.
|
Guru
merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas No. 41 Tahun
2007 tentang Standar Proses
|
c.
|
Semua
guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas
No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses
|
d.
|
Sebagian
guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendiknas
No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses |
e.
|
Semua
guru mapel membuat RPP dan silabus sesuai dengan ketentuan Permendiknas No.
41
Tahun 2007 |
19.
|
Dari
hasil evaluasi sekolah diakhir tahun, SDN 2 KAOTAN akan meningkatkan
efektifitas dan efisiensi bidang keuangan dan pembiayaan. Menyikapi hal
tersebut, kepala SDN 2 KAOTAN
melakukan....... |
a.
|
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, dan RKAS
yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya
|
b.
|
Membentuk
TIM untuk menyusun RKAS yang akan dilaksanakan pada tahun berikutnya, diputuskan
oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari
institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah, |
c.
|
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan
oleh komite sekolah, ditetapkan oleh kepala sekolah dan mendapat ijin dari
institusi di atasnya, serta disosialisasikan kepada semua warga sekolah |
d.
|
Membentuk
TIM untuk menyusun pedoman pengelolaan biaya investasi dan operasional, diputuskan
oleh komite sekolah dan ditetapkan oleh kepala sekolah, serta
disosialisasikan
kepada semua warga sekolah |
e.
|
Membentuk
TIM dengan dewan komite sekolah dan disosialisasikan kepada semua warga
sekolah. |
20.
|
SDN
2 KAOTAN ROGOJAMPI akan meningkatkan kualitas pengelolaan Sistem Informasi Manajemen,
sehingga permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan
dengan pengelolaan sekolah dapat segera diberikan atau diketahui. Menyikapi
hal
tersebut di atas sekolah melakukan........ |
a.
|
Memerintahkan
wakil kepala untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan
mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat secara optimal,
|
b.
|
Menugaskan
seorang guru atau tenaga kependidikan untuk melayani dan merekam permintaan dan
pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan
pengelolaan sekolah, serta didokumentasikan dengan baik sebagai bahan laporan
kepada Dinas Pendidikan
Kota, |
c.
|
Membentuk
TIM untuk menyediakan fasilitas informasi yang efisien, efektif, dan mudah diakses
melayani permintaan dan pemberian informasi serta pengaduan dari masyarakat
berkaitan dengan pengelolaan sekolah, |
d.
|
Memerintahkan
seorang guru atau tenaga kependidikan untuk menyediakan fasilitas informasi yang
efisien, efektif, dan mudah diakses, sehingga dapat melayani masyarakat
secara optimal.
|
e.
|
Memerintahkan
petugas TU untuk menfasilitasi untuk melayani masyarakat
|
21. |
Untuk
memenuhi Standar Pengelolaan Ruang Multi Media yang dimiliki sudah siap dan
lengkap
isinya dan akan dimanfaatkan secara optimal. Menyikapi hal tersebut Kepala Sekolah ... |
a.
|
Mengadakan
rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua
mata pelajaran,
|
b.
|
Memberikan
surat edaran kepada semua guru untuk memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara
optimal,
|
c.
|
Mengadakan
rapat dewan pendidik tentang optimalisasi pemanfaatan ruang multimedia oleh semua
mata pelajaran dan dipantau pemanfaatannya melalui jumal penggunaan ruang
media,
|
d.
|
Mengedarkan
surat pernyataan kepada semua guru untuk ditandatangani dan dikembalikan sehingga
guru akan memanfaatkan ruang multimedia tersebut secara optimal
|
e.
|
Membuat
undangan untuk rapat dewan pendidikan dalam rangka pemanfaatan ruang multimedia.
|
22.
|
Kepala
sekolah sebagai pimpinan di satuan pendidikan dituntut untuk memiliki
kompetensi kepribadian, kecuali?
|
a.
|
tanggung
jawab dan komitmen terhadap tugas.
|
b.
|
mampu
beradaptasi dengan perkantoran.
|
c.
|
berkeinginan
antuk terus mengasah keterampilan diri.
|
d.
|
inovatif,
kreatif mengembangkan sekolah.
|
e.
|
educator,
manager, supervisior, leader, inovator.
|
23.
|
Di
awal tahun pelajaran kepala sekolah menetapkan program peningkatan
kesejahteraan guru, semua pendidik dan tenaga kependidikan merasa senang
karena tuntutannya terpenuhi, di tengah
perjalanan pemasukan keuangan tersendat karena dampak kenaikan barang, menyikapi hal tersebut kepala sekolah: |
a.
|
rnenghentikan
kenaikan uang transport, karena PNS telah mendapat gaji.
|
b.
|
tetap
uang transport diberikan, sekalipun devisit keuangan sekolah dan melakukan perubahan
RAKS.
|
c.
|
pembayaran
uang transport pembayarannya ditunda.
|
d.
|
pinjam
uang koperasi sekolah untuk mengatasi lambatnya pemasukan.
|
e.
|
menaikan
jumlah SPP
|
24.
|
Penempatan
Kepala Sekolah di sekolah baru, keadaan tenaga pendidik dan kependidikan
terbatas, sarana prasarana terbatas untuk menjalankan tugas kepala sekolah!
|
a.
|
mengingat
semua guru dan TU tenaga baru belum pengalaman maka, semua tugas mengerjakan
sendiri agar cepat selesai.
|
b.
|
semua
dikerjakan dengan lambat yang penting selesai dan selamat.
|
c.
|
saya
memahami keadaan, semua guru dan TU diikut-sertakan workshop agar SDM
mengikat.
|
d.
|
menyusun
struktur organisasi, menyusun uraian tugas (tupoksi) semua dikerjakan bersama
sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
|
e.
|
menyusun
visi, misi dan membuat program dan stuktur organisasi sekolah
|
25.
|
Kepala
Sekolah ditekan oleh wartawan dan LSM atasi block grant peningkatan mutu,
sehingga kepala sekolah tidak krasan di sekolah, hasil audit kepala sekolah
tidak bersalah?
|
a.
|
Mempertahankan
tetap mengemban amanat, apa pun yang terjadi.
|
b.
|
Mengajukan
mutasi agar terdapat suasana kerja baru.
|
c.
|
Menantang
siapa pun orangnya yang menekan.
|
d.
|
Wartawan
dan LSM adalah mitra dalam menjalankan tugas.
|
e.
|
Memohon
pembinaan untuk memperbaiki sesuai dengan aturan yang berlaku.
|
26.
|
Sebagai
pimpinan dalam stratifikasi sosial sekolah, Kepala Sekolah adalah tingkatan
tertinggi, ada sekelompok guru tidak pernah mempedulikan kepala sekolah dan
tidak pernah menegur Kepala Sekolah jika saling jumpa, sikap kepala sekolah?
|
a.
|
biar
saja, asal tidak mengganggu.
|
b.
|
guru
tersebut diberi surat panggilan, karena kepala sekolah penguasa tunggal di
sekolah.
|
c.
|
Kepala
Sekolah setiap pagi menyambut kehadirannya dengan menyapa dan menyampaikan salam.
|
d.
|
mengabsen
guru-guru untuk memeriksa kedisiplinannya, agar ikut memikirkan sekolah.
|
e.
|
memanggil
untuk dibina
|
27.
|
Perubahan-perubahan
selalu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah baik perubahan
kurikulum, administrasi pendidikan, model dan strategi pembelajaran maupun pengelolaannya
untuk melakukan perubahan...
|
a.
|
merasa
tidak enak melakukan perubahan, khawatir pada guru-guru yang tidak mendukung.
|
b.
|
selalu
menunggu petunjuk dan arahan Kepala Dinas agar tidak menyalahi prosedur.
|
c.
|
melakukan
keseimbangan dalam mengembangkan pendidikan antara sekolah, dinas pendidikan
dan pemerintah daerah/pusat.
|
d.
|
memerintahkan
untuk melukukan perubahan demi perbaikan mutu pendidikan.
|
28.
|
Pengambilan
keputusan untuk menyelesaikan permasalahan sangat dipengaruhi keterampilan, skill,
attitude, style kepemimpinan.......
|
a.
|
Dalam
pengambilan keputusan kepala sekolah mutlak bertanggung jawab utama.
|
b.
|
Dengan
senang hati mendengar pendapat, saran orang lain sebagai bahan pengambilan keputusan.
|
c.
|
Keputusan
didasarkan pada aturan saja.
|
d.
|
Memiliki
sikap tertutup sehingga masalah tidak makin keruh dan mudah penyelesaiannya.
|
e.
|
Sebagai
pemimpin memiliki kompetensi yang profesional.
|
29.
|
Seorang
guru menghujat kepala sekolah ketika ada rapat dinas, rnencemooh dan
mengkritik habis-habisan tidak puas atas kepemimpinannya.........
|
a.
|
Perilaku
guru tersebut sangat kelewat, sehingga menurunkan harga diri maka perlu
ditantang.
|
b.
|
Guru
tersebut tidak memiliki tata krama maka diusulkan untuk dimutasi.
|
c.
|
Biar
saja meledak-ledak dalam menyampaikan pendapat, guru tersebut difahamkan dan dijelaskan
agar mengerti,
|
d.
|
Tidak
perlu dijawab, agar suasana rapat terus terkendali.
|
e.
|
Guru
tersebut tidak memiliki etika birokrasi
|
30.
|
Kepala
Sekolah menerima telepon dan seseorang mencari guru, ketika dihubungi dan dicari,
guru tersebut tidak masuk tanpa keterangan, kepala sekolah menjawab
telepon....
|
a.
|
maaf,
guru tersebut tidak ada.
|
b.
|
sepertinya
guru tersebut tidak hadir.
|
c.
|
guru
tersebut tidak hadir, ada yang dapat saya bantu...
|
d.
|
guru
tersebut saya beri tugas, saya dengan senang hati untuk menerima titipan
pesan...
|
e.
|
maaf,
apa yang bisa saya bantu
|
31.
|
Perkelahian
antar pelajar terjadi di luar sekolah, pada saat jam belajar segerombolan
siswa mencari siswa di sekolah yang saudara pimpin, sikap kepala sekolah
adalah........
|
a.
|
Mempersilahkan
masuk diselesaikan secara kekeluargaan.
|
b.
|
Menghubungi
polisi agar segerombolan siswa ditangkap dan diadili.
|
c.
|
Mernbiarkan
segerombolan siswa menerima, agar jadi pelajaran.
|
d.
|
Mernpersilahkan
masuk, segerombolan didata, menghubungi kepala sekolah untuk melindungi
siswanya sendiri.
|
e.
|
Diselesaikan
dengan BK
|
32.
|
Sekolah
memperoleh kebebasan untuk bekerjasama dengan pihak lain dengan memperhatikan
kriteria........
|
a. |
Keuntungan
dan kerugian dari kerjasama
|
b.
|
Kemampuan
bekerjasama dengan berbagai pihak.
|
c.
|
Keluwesan
bekerjasama dengan berbagai pihak.
|
d.
|
Santun
dalam bekerjasama dengan berbagai pihak
|
e.
|
Mengikuti
etika birokrasi yang berlaku
|
33.
|
Untuk
meraih kejuaraan akademis atau ekstrakurikuler sekolah mempersiapkan dengan
program yang jelas dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kegiatan kerjasama,
dalam pelaksanaannya Kepala sekolah........
|
a.
|
selaku
pimpinan penentu kesuksesan
|
b.
|
sebagai
top leader terdepan dalam kegiatan
|
c.
|
melibatkan
siswa, pendidik dan tenaga kependidikan
|
d.
|
melibatkan
orang ahli agar juara
|
e.
|
memberikan
motivasi
|
34.
|
Sekolah
keberadaannya tidak lepas dengan masyarakat di sekitarnya baik secara budaya,
social dan ekonomi, pemahaman terhadap lingkungan menjadi penting sebagai
Kepala Sekolah.......
|
a.
|
terlibat
kegiatan RT-RW bukan kepentingan sekolah.
|
b.
|
kegiatan
karang taruna sebagai wadah pemuda desa
|
c.
|
partisipasi
aktif dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional
|
d.
|
aktif
dalam kegiatan sosial di sekitar sekolah hingga skala nasional.
|
e.
|
melibatkan
komite sekolah
|
35.
|
Jika
dilingkungan sekolah terjadi bencana, dalam anggaran belanja sekolah tidak
terprogram maka, kecuali......
|
a.
|
Kepala
Sekolah membuka amal bencana.
|
b.
|
Kepala
Sekolah memiliki kepekaan sosial tetap memberi sumbangan.
|
c.
|
Kepala
Sekolah dengan uang pribadi menyumbang.
|
d.
|
Sumbangan
spontan bantuan bencana.
|
e.
|
Kepala
Sekolah membuat edaran
|
36.
|
Terlibatnya
siswa, pendidik dan tenaga kependidikan dalam ekstra kurikuler yang melibatkan
banyak pihak luar sekolah tergolong dimensi kompetensi Kepala Sekolah…….
|
a.
|
Pribadi
|
b.
|
Sosial
|
c.
|
Manajerial
|
d.
|
Akademis
|
e.
|
Profesional
|
37.
|
Partisipasi
aktif dalam kegiatan kecamatan, kabupaten/kota termasuk masuk dimensi kompetensi
Kepala Sekolah.........
|
a.
|
Kepribadian
|
b.
|
Manajerial
|
c.
|
Sosial
|
d.
|
Sektoral
|
e.
|
Akademik
|
38.
|
Berakhlak
mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
akhlak mulia bagi komunitas di sekolah/madrasah tergolong dimensi
kompetensi…....
|
a.
|
Kepribadian
|
b.
|
Manajerial
|
c.
|
Sosial
|
d.
|
Moral
|
e.
|
Profesional
|
39.
|
Menciptakan
inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah, memiliki motivasi dan kuat untuk
sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin
sekolah/madrasah tergolong dimensi kompetensi....... |
a.
|
Kepribadian
|
b.
|
Manajerial
|
c.
|
Sosial
|
d.
|
kewirausahaan
|
e.
|
Akademis
|
40.
|
Membuka
perbengkelan sekolah untuk umum dan untuk mengelola kegiatan produksi dan
jasa sebagai sumber belajar peserta didik adalah merupakan dimensi
kompetensi…....
|
a.
|
Kepribadian
|
b.
|
Produktivitas
|
c.
|
Manajerial
|
d.
|
Kewirausahaan
|
e.
|
Sosial
|
Ini
hanya sekedar Contoh Soal Pre Test
(Pretest) Kepala Sekolah Pembelajar, mudah-mudahan bermanfaat.
Tags:
Guru