Keberhasilan implementasi
kurikulum 2013 sangat berpengaruh pada semangat untuk melakukan perubahan
kearah yang lebih baik dari para guru. Semangat ini mampu memberikan dukungan
baik dalam aktivitas maupun kreativitas dengan memberdayakan semua kompetensi yang
ada pada guru, termasuk keinginan untuk memahami dan menggunakan buku dalam
kurikulum 2013. Buku yang digunakan dalam kurikulum 2013 ini adalah buku guru
dan buku siswa untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Buku guru ini merupakan buku
panduan yang digunakan guru sebagai buku pegangan yang dapat membantu guru
dalam memahami dan menggunakan buku siswa serta memberikan panduan kepada guru
dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Sedangkan buku siswa merupakan buku teks
pelajaran yang layak digunakan dalam pembelajaran dan menjadi pegangan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran.
Buku guru dan buku siswa
menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi
yang diharapkan. Peran guru sangat penting untuk menuntun guru meningkatkan dan
menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini.
Selain itu guru dapat pula memperkaya diri dengan kreasi dalam bentuk
kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan kompetensi yang diharapkan.
Melalui buku guru ini, diharapkan guru mendapatkan kemudahan dalam pemahaman
tentang cara membelajarkan, menilai, melakukan remedi, melakukan pengayaan,
serta interaksi antar guru, siswa, dan orangtua. Buku guru mata pelajaran untuk
setiap mata pelajaran ini diharapkan dapat membantu guru dalam memfasilitasi
siswa untuk belajar secara aktif, efisien dan efektif, sehingga mampu mencapai Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) yang diharapkan
Buku Siswa yang
diperuntukkan bagi siswa dipergunakan sebagai panduan aktivitas pembelajaran
untuk memudahkan siswa dalam menguasai kompetensi tertentu. Buku siswa bukan
sekedar bahan bacaan, tetapi juga digunakan untuk melaksanakan
kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran (activities based learning) isinya
dirancang dan dilengkapi dengan aktivitas atau contoh cerita yang menggambarkan
kehidupan sehari-hari dengan tujuan agar pembelajaran kontekstual dapat dilaksanakan.
Siswa diharapkan dapat mempelajari sesuatu yang relevan dengan kehidupan yang
dialaminya. Buku Siswa disusun untuk memfasilitasi siswa mendapat pengalaman
belajar yang bermakna. Isi sajian buku diarahkan agar siswa lebih aktif dalam
mengikuti proses pembelajaran melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar,
mencoba,berdiskusi serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik antar teman
maupun dengan gurunya. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat
menumbuhkan motivasi, rasa keiingintahuan, inisiatif, dan kreativitas sehingga
menjadi siswa aktif
Proses pembelajaran siswa
aktif merupakan proses pembelajaran yang mengedepankan pentingnya siswa mencari
tahu melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan.
Proses pembelajaran semacam ini menghendaki kesabaran guru dalam mengarahkan
siswa sehingga mereka menjadi tahu, mampu dan mau belajar dan menerapkan apa
yang sudah mereka pelajari di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitarnya.
Oleh karena itu buku siswa disusun sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan
dalam Kurikulum 2013, yakni memberikan keberanian kepada siswa dan guru untuk
mencari sumber belajar lain sebagai pendukung dan terbentang luas di
sekitarnya.
Buku siswa dimkasudkan untuk
membantu siswa dalam mempelajaridan memahami konsep setiap mata pelajaran
sesuai kompetensi dasar yang diharapkan. Buku ini disusun secara runtut mengikuti
struktur kompetensi dasar. Pembagian tema dimaksudkan agar siswa dapat dengan
mudah memahami dan mengaitkan konsep-konsep yang terdapat pada masing-masing
bab. Pembahasan pada setiap bab dalam buku siswa, diantaranya ada aktivitas
individu atau kelompok yang harus diamati / dicermati / ditemukan / dikerjakan
/ dilengkapi / dideskripsikan / dilaporkan siswa. Aktivitas tersebut dapat
dalam bentukpernyataan, pertanyaan, studi kasus, kegiatan pengamatan, atau percobaan
sederhana. Hal ini diharapkan dapat memupuk keingintahuan siswa tentang topik
yang akan dibahas. Kemudian, pembahasan dilanjutkan dengan penjelasan singkat
topik tersebut yang disertai ilustrasi dan penerapan dalam kehidupan agar siswa
mampu berpikir kritis.
Download Buku Guru Dan Buku
Siswa Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Revisi
Buku Siswa Kelas 2 Tematik Tema 1 (Klik Disini)
Buku Guru Kelas 2 Tematik Tema 1 (Klik Disini)
Buku Siswa Kelas 2 Tematik
Tema 2 (Klik Disini)
Buku Guru Kelas 2 Tematik Tema 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Kelas 2 Tematik Tema 3 (Klik Disini)
Buku Guru Kelas 2 Tematik Tema 3 (Klik Disini)
Buku Siswa Kelas 2 Tematik Tema 4 (Klik Disini)
Buku Guru Kelas 2 Tematik Tema 4 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama
Katolik dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama
Katolik dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama
Buddha dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama
Buddha dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama
Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama
Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama
Kristen dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama
Kristen dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Siswa Pendidikan Agama
Hindu dan Budi Pekerti Kelas 2 (Klik Disini)
Buku Guru Pendidikan Agama
Hindu dan Budi Pekerti Buku Kelas 2 (Klik Disini)
Demikian Informasi tentang Link
Download Buku Guru Dan Buku Siswa Kelas 2 SD / MI Kurikulum 2013 Revisi 2016-2017, semoga bermanfaat.
Serta dapat membantu Bapak/Ibu guru SD yang sedang mempersiapkan pelaksanaan
pembelajaran.
terima kasih aku download, semoga sukses selalu
terima kasih atas postingannya yang bisa di download, semoga sukses selalu.