Sebelum
saya bagikan link download RPP IPS Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013. Untuk
sekedar mengingatkan berikut ini penjelasan terkat Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai Permendikbud 22 Tahun 2016. Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) adalah
rencana kegiatan pembelajaran tatap
muka untuk satu
pertemuan atau lebih.
RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik
dalam upaya mencapai
Kompetensi Dasar (KD).
Setiap pendidik pada satuan
pendidikan berkewajiban menyusun
RPP secara lengkap dan sistematis
agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan,
menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang
yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan
fisik serta psikologis
peserta didik. RPP
disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan
atau lebih.
a. identitas sekolah yaitu nama satuan
pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c. kelas/semester;
d. materi pokok;
e. alokasi
waktu ditentukan sesuai
dengan keperluan untuk pencapaian KD
dan beban belajar
dengan mempertimbangkan jumlah jam
pelajaran yang tersedia
dalam silabus dan
KD yang harus dicapai;
f. tujuan
pembelajaran yang dirumuskan
berdasarkan KD, dengan menggunakan kata
kerja operasional yang
dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan;
g. kompetensi dasar dan indikator pencapaian
kompetensi;
h. materi
pembelajaran, memuat fakta,
konsep, prinsip, dan
prosedur yang relevan, dan
ditulis dalam bentuk
butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian
kompetensi;
i. metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik
untuk mewujudkan suasana belajar dan
proses pembelajaran agar
peserta didik mencapai KD
yang disesuaikan dengan
karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j. media pembelajaran, berupa alat bantu proses
pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber
belajar, dapat berupa
buku, media cetak
dan elektronik, alam sekitar,
atau sumber belajar lain yang relevan;
l. langkah-langkah pembelajaran
dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m. penilaian hasil pembelajaran.
Prinsip
Penyusunan RPP
Dalam menyusun
RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai
berikut:
a. Perbedaan
individual peserta didik
antara lain kemampuan
awal, tingkat intelektual, bakat,
potensi, minat, motivasi
belajar, kemampuan sosial, emosi,
gaya belajar, kebutuhan
khusus, kecepatan belajar, latar
belakang budaya, norma,
nilai, dan/atau lingkungan
peserta didik.
b. Partisipasi aktif peserta didik.
c. Berpusat
pada peserta didik
untuk mendorong semangat
belajar, motivasi, minat, kreativitas,
inisiatif, inspirasi,
inovasi dan kemandirian.
d. Pengembangan
budaya membaca dan
menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran
membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
e. Pemberian
umpan balik dan
tindak lanjut RPP
memuat rancangan program
pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
f. Penekanan
pada keterkaitan dan
keterpaduan antara KD,
materi pembelajaran,
kegiatan pembelajaran, indicator
pencapaian kompetensi,
penilaian, dan sumber
belajar dalam satu
keutuhan pengalaman belajar.
g. Mengakomodasi
pembelajaran
tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar,
dan keragaman budaya.
h. Penerapan
teknologi informasi dan
komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai
dengan situasi dan kondisi.
Berikut
ini link Download RPP mata pelajaran IPS Kelas 7 kurikulum 2013 Klik RPP IPS Kelas 7 Kurikulium 2013 untuk SMP/Mts
Semoga
link Download RPP mata pelajaran IPS kurikulum 2013Kelas 7 untuk SMP dan MTs
ini bermanfaat. Terima kasih