PROGRAM KERJA MLPS TAHUN 2019 (TAHUN PELAJARAN 2018/2019) |
Berikut ini Contoh Proram Kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun 2019 (Tahun Pelajaran 2018/2019)
KATA
PENGANTAR
Seraya
memanjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang
telah memberikan rahmat serta hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita semua
masih diberikan kekuatan dalam mempersiapkan kegiatan Masa Pengenalan
Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. kegiatan tersebut
Kegiatan
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru meruapakan kegiatan
yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun pelajaran 2018/2019 sebagai
pengganti kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang dulu bernama
kegiatan Masa Orientasi Siswa Baru dan Masa Bimbingan Peserta Didik Baru
Salah satu tujuan diadakannya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah
bertujuan untuk memgenalkan lingkungan sekolah SMP/SMA ………, dan sebagai sarana
beradaptasi para siswa baru terhadap lingkungan yang baru dan bersosialisasi
dengan teman – teman baru serta ajang wahana kebersamaan, kekeluargaan dan
persaudaraan dalam upaya memajukan SMP/SMA ……….
Pada kesempatan ini, kami membuat proposal sekaligus sebagai program kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru dengan tujuan agar dapat dibaca dan dipelajari oleh semua stakeholder di lingkungan sekolah. Proposal ini sebagai bentuk untuk menggambarkan rancangan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang akan kami selenggarakan. Di dalam proposal ini kami memaparkan semua yang berhubungan dengan penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Siswa Baru.
Akhirnya,
Kami mengharapkan partisipasi semua pihak untuk keterlaksanaan Proposal / Program kerja Masa Pengenalan
Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru semoga dapat memberikan banyak
manfaat yang lain. Kepada para peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
(MPLS) Peserta Didik Baru, kami ucapkan selamat mengikuti kegiatan Masa Pengenalan
Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi Peserta Didik Baru khususnya di SMP/SMA …………….. dan
selamat bergabung dengan kami di SMP/SMA…………….
Semoga
Tuhan Yang Maha Esa Melindungi Kita Semua Amiin.
……………………,
Juli 2019
Penyusun
PROPOSAL / PROGAM KERJA KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2018-2019
PROPOSAL / PROGAM KERJA KEGIATAN MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS) PESERTA DIDIK BARU TAHUN PELAJARAN 2018-2019
A. Latar
Belakang
Untuk
menyambut kehadiran para siswa-siswi baru ini, diperlukan adanya kegiatan pengenalan terhadap lingkungannya yang baru di SMP/SMA ……………... Rangkaian kegiatan
pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan
Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru.
Kegiatan
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru ini diisi dengan
sosialissasi nilai-nilai sosial, tata tertib di SMP/SMA …………….. dan beberapa
pengenalan tentang SMP/SMA …………….. itu sendiri. Sehingga siswa-siswi baru ini
akan lebih terbiasa di lingkungan SMP/SMA ……………...
B. Dasar
1.
Permendikbud No. 18 Tahun 2016 Tentang Pengenalan
Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru
2. Kalender Akdemik Dinas Pendidikan Propinsi
………………..
3. Kalender Akdemik Dinas Pendidikan Kab/Kota
………………..
4. Program SMP/SMA
……………..
C. Tujuan
1. Memberikan
bekal pengenalan kegiatan intrakulikuler di SMP/SMA ……………. dan evaluasi dari
seluruh kegiatan yang ada di Sekolah Tingkat Pertama sebelumnya
2. Mempersiapkan
siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler.
3. Memberikan
wawasan terhadap siswa baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi siswa
yang cakap, tanggap, dan patuh terhadap tata tertib sekolah.
4. Memberikan
pembiasaan terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah.
D. Nama Kegiatan
Masa
Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SMP/SMA …………….. Tahun
Ajaran 2018-2019
E. Tema
Kegiatan
“Dengan
kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru kita
tingkatkan kemandirian, kedisiplinan, persaudaraan dan kekompakan.”
F. Waktu
dan Tempat
Hari :
Senin s/d Rabu
Tanggal :
15 s.d. 17 Juli 2019
Tempat :
SMP/SMA ……………..
G. Peserta/
Sasaran
Peserta
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SMP/SMA …………….. adalah
seluruh siswa baru tahun ajaran 2018-2019.
H. Susunan
Panitia
Penanggung
Jawab : Kepala
Sekolah
Ketua : Waka
Kesiswaan
Wakil
Ketua
: Pembina OSIS
Sekretaris : Guru
Bendahara : Bend
Sekolah / Guru
Anggota
: 1. Guru
2. Guru
3. Guru
4. Guru
I. Jadwal
Kegiatan
Selama
penyelenggaraan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru 2019 ini,
para siswa baru akan menerima materi sesuai Permendikbud No 18 Tahun 2016 dan
melaksanakan kegiatan berupa:
1.
Pengisian
formulir siswa baru dan Fomulir dapodik oleh orang siswa dan orang tua/wali;
2.
Kegiatan
pengenalan warga sekolah; Pengenalan stakeholders sekolah lainnya.
3.
Kegiatan
pengenalan visi-misi, program, kegiatan, Mengenalkan kegiatan ekstra kurikuler
yang ada di sekolah
4.
Pengenalan
cara belajar, budaya dan tata tertib sekolah;
Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat
belajar siswa;
5.
Kegiatan
pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang prinsip
persamaan hak seluruh siswa; Menginformasikan fasilitas-fasilitas umum di
sekitar sekolah. Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah, sambil menjelaskan
setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di sekolah serta
kegunaannya. Pengenal Penggunaan sumber daya sekolah
(air, listrik, telepon, dsb) secara efisien. Menginformasikan kewajiban
pemeliharaan fasilitas dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas
umum. Menginformasikan daerah rawan di sekitar sekolah.
6.
Kegiatan
pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan Bahasa
Indonesia yang baik dan benar. Pembiasaan
salam, senyum, sapa, sopan, dan santun dan Pengenalan etika pergaulan antar siswa
serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap
simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif.
7.
Kegiatan
penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, Beribadah keagamaan bersama, pengenalan
pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air, dan Pemilihan
tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai
positif.
8.
Kegiatan
pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang diatur
dalam peraturan perundang-undangan terkai
9.
Kerja
bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang sampah
sesuai dengan jenis sampah
10. Kegiatan pendidikan bahaya
pornografi, narkotika psikotropika, dan zat adiktif lainnya antara lain bahaya
merokok.
11. Mengajarkan simulasi
antri melalui baris sebelum masuk kelas, dan
pada saat bergantian memakai
fasilitas sekolah. Kegiatan pengenalan dan keselamatan berlalu lintas.
12. Kegiatan kebanggaan terhadap
keanekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan suku dan agama, penggunaan
pakaian adat di sekolah
13. Kegiatan yang menjalin
keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi
kelompok, Kegiatan atraksi masing-masing
kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga.
J. Anggaran
1.
Pemasukan Dana BOS =
Rp ……………
2. Pengeluaran
a. Konsumsi
b. Insentif Panitia
= Rp
c. Insentif
Tutor =
RP
d. Dekorasi =
Rp
e. Dokumentasi = Rp
Jumlah = Rp
K. Penutup
Demikian
proposal sekaligus sebagai program kerja Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah
(MPLS) Bagi Siswa Baru SMP/SMA …………….. 2013 ini kami ajukan untuk
dijadikan acuan dan untuk disetujui. Kegiatan Ini akan berjalan baik dan lancar
berkat duukungan dan bantuan semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu
per satu. Atas dukungan dan kerja sama bapak / ibu kami ucapkan terima kasih.
HARI/ TANGAL
|
WAKTU
|
MATERI
|
PENANGUNG JAWAB
|
SENIN
|
07.00-09.00
|
1. Pengisian
formulir siswa baru dan Fomulir dapodik oleh orang tua/wali;
|
Guru 1, Guru 2
|
09.00-10.30
|
2.
Kegiatan pengenalan warga sekolah; Pengenalan stakeholders sekolah lainnya.
|
Guru 3, Guru 4
|
|
11.00-12.30
|
3. Kegiatan
pengenalan visi-misi, program, kegiatan, Mengenalkan kegiatan ekstra
kurikuler yang ada di sekolah
|
||
13.00 – 14.00
|
4.
Pengenalan cara belajar, budaya dan
tata tertib sekolah; Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan
motivasi dan semangat belajar siswa;
|
||
SELASA
|
07.00-09.00
|
5.
Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan memegang
prinsip persamaan hak seluruh siswa; Menginformasikan fasilitas-fasilitas umum
di sekitar sekolah. Mengajak siswa berkeliling ke seluruh area sekolah,
sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan prasarana yang terdapat di
sekolah serta kegunaannya. Pengenal Penggunaan sumber daya
sekolah (air, listrik, telepon,
dsb) secara efisien. Menginformasikan kewajiban pemeliharaan fasilitas
dan sarana prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum. Menginformasikan
daerah rawan di sekitar sekolah.
|
|
09.00-09.30
|
6.
Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara
menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan
santun dan Pengenalan etika pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan
guru dan tenaga kependidikan, termasuk kepada sikap simpati, empati, dan
saling menghargai, serta sportif.
|
||
09,00 – 10.30
|
7.
Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, Beribadah keagamaan
bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta
tanah air, dan Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang
sesuai dengan nilai-nilai positif.
|
||
11.00-12.30
|
8.
Kegiatan pengenalan manfaat dan dampak teknologi informasi, termasuk sanksi yang
diatur dalam peraturan perundang-undangan terkai
|
||
13.00-14.00
|
9.
Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang
sampah sesuai dengan jenis sampah
|
||
RABU
|
07.00-09.00
|
10. Kegiatan pendidikan
bahaya pornografi, narkotika psikotropika, dan zat adiktif lainnya antara
lain bahaya merokok.
|
|
09.00-10.30
|
11. Mengajarkan simulasi
antri melalui baris
sebelum masuk kelas,
dan pada saat bergantian memakai fasilitas sekolah.
Kegiatan pengenalan dan keselamatan berlalu lintas.
|
||
11.00-12.00
|
12. Kegiatan kebanggaan
terhadap keanekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan suku dan
agama, penggunaan pakaian adat di sekolah
|
||
12.30
14.00
|
13. Kegiatan yang menjalin keakraban
antar siswa dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi
kelompok, Kegiatan atraksi
masing-masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga.
|
Tags:
Guru