Contoh Program Kerja Komunitas Belajar SD SMP SMA SMK. Komunitas belajar dalam sekolah adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan dalam satu sekolah yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara rutin dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Pembelajaran yang efektif membutuhkan kehadiran sosok guru yang kompeten, yaitu guru yang memiliki kapabilitas untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik.
Pembelajaran yang efektif
adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan strategi yang efektif, pengelolaan
kelas yang efektif, serta desain kurikulum yang efektif pula (Marzano, 2007;
5). Pembelajaran yang efektif terwujud melalui perilaku guru yang meliputi kejelasan
penjelasan guru, variasi cara mengajar, orientasi tugas, dan optimalisasi keterlibatan
belajar siswa (Borich, 1996; 11). Artinya, pembelajaran yang efektif hanya bisa
dilakukan oleh guru yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan perundang-undangan.
Komunitas belajar dalam
sekolah sangat penting karena komunitas belajar menjadi wadah untuk
merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pendidik. Pendidik belajar bersama
(tidak terisolasi), pendidik bersepakat tentang standar umum seperti
pembelajaran yang efektif, rubrik/indikator penilaian, pendidik bersepakat
bahwa pendidikan semua peserta didik adalah tanggung jawab kolektif. Dengan
adanya komunitas belajar dalam sekolah, ketimpangan kompetensi antar pendidik
dapat diminimalisir, sehingga peserta didik memeroleh pengalaman belajar dengan
kualitas yang sama siapapun pendidiknya.
Proses belajar dalam
komunitas yang terjadi secara berkelanjutan akan membentuk ekosistem dan budaya
belajar yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas
pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Komunitas belajar dalam
sekolah terdiri dari para pendidik yang ada pada satu sekolah. Sekolah dapat
menyesuaikan strategi penyelenggaraan komunitas belajar dalam sekolah sesuai
dengan karakteristik/kondisi sekolahnya masing-masing. Adapaun Program komunitas
belajar Sekolah di SD N 1 Sokanandi terstruktur dengan Jadwal yang sudah disusun
sedemikian rupa yaitu 1- 2 minggu setiap bulannya dan disesuiakan dengan
kondisi sekolah .
Adapun tujuan dari program
komunitas belajar sekolah di SD N 1 Sokanandi adalah :
1.
Mengedukasi anggota komunitas dengan mengumpulkan dan berbagi informasi terkait
pertanyaan dan masalah terkait praktik
2.
Mendukung dengan merancang interaksi dan kolaborasi antara anggota komunitas
3.
Membina anggota kelompok dengan mengajak anggota kelompok untuk mulai belajar
dan belajar secara berkelanjutan
4.
Mendorong anggota dengan mempromosikan pekerjaan dari anggota melalui saling berbagi
dan diskusi
5.
Mengintegrasikan pembelajaran yang didapatkan melalui komunitas dalam pekerjaan
sehari-hari (Wenger, 1998)
Adapun manfaat dari program
komunitas belajar sekolah di SD N 1 Sokanandi adalah :
1.
Membangun jejaring antara pendidik yang sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk
berdiskusi.
2.
Memberikan ruang bagi pendidik untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, isu kontekstual,
pengalaman pribadi yang dapat membangun pemahaman dan wawasan terkait
pembelajaran.
3.
Membangun dialog atau diskusi antar rekan sejawat yang dapat mengeksplorasi strategi
dan solusi baru atas tantangan yang dihadapi dan saling mendukung dalam proses
pengembangan diri.
4.
Menstimulasi pembelajaran dengan menjadi wadah untuk komunikasi, mentoring, coaching,
dan refleksi diri.
5.
Membagikan pengetahuan yang ada untuk membantu anggota dalam meningkatkan praktik
mereka dengan menyediakan forum untuk mengidentifikasi solusi untuk masalah
umum dan proses untuk mengumpulkan dan mengevaluasi praktik terbaik.
6.
Mendorong anggota komunitas untuk mengembangkan aksi nyata dengan hasil yang
terukur.
7.
Menghasilkan pengetahuan baru untuk membantu anggota mengubah praktik untuk mengakomodasi
perubahan kebutuhan dan teknologi.
Komunitas belajar di sekolah
memiliki kedudukan dan fungsi yang sangat penting dalam mendukung proses
pembelajaran. Berikut adalah beberapa aspek kedudukan dan fungsi komunitas
belajar antara lain: a) Wadah Kolaborasi: Komunitas belajar menjadi tempat bagi
siswa, guru, dan bahkan orang tua untuk berkolaborasi dalam mencapai tujuan
pendidikan; b) Sarana Pengembangan Profesional: Bagi para guru, komunitas ini
dapat menjadi sarana untuk berbagi pengalaman, strategi pengajaran, dan
perkembangan professional; c) Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Komunitas
belajar dapat membantu menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi dan
eksperimen dalam metode pengajaran.
Adapun Fungsi Komunitas
Belajar adalah a) mendukung Proses Belajar: Komunitas ini menyediakan dukungan
emosional dan akademis bagi siswa, membantu mereka dalam memahami materi
pelajaran; b) Sarana Pertukaran Ide: Menjadi tempat bagi anggotanya untuk
bertukar ide, informasi, dan sumber daya, sehingga memperkaya pengalaman
belajar; c) Motivasi dan Inspirasi: Lingkungan komunitas yang positif dapat
meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan berpartisipasi aktif; c) Pembangunan
Keterampilan Sosial: Interaksi dalam komunitas belajar membantu siswa
mengembangkan keterampilan sosial, seperti kerjasama dan komunikasi; e) Sarana untuk
Penyelesaian Masalah: Komunitas ini memungkinkan anggota untuk bersama-sama
mencari solusi atas berbagai tantangan yang dihadapi dalam proses belajar.
Jadi Komunitas belajar
berperan krusial dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan
suportif. Dengan memfasilitasi kolaborasi dan pertukaran pengetahuan, komunitas
ini tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga membangun rasa
kebersamaan dan tanggung jawab di antara semua anggotanya.
Berikut ini Link Download Contoh Program Kerja Komunitas Belajar SD
SMP SMA SMK.
Demikia informasi tentang
Link Download Contoh Program Kerja Komunitas
Belajar SD SMP SMA SMK. Semoga ada manfaatnya.