Kalender Pendidikan Kota Makassar 2024/2025

Kalender Pendidikan TK PAUD, SD dan SMP Kota Makassar Tahun Pelajaran 2024/2025


Berdasarkan Kalender Pendidikan TK PAUD, SD dan SMP Kota Makassar Tahun Pelajaran 2024/2025, yang dimkasud Kalender Pendidikan adalah pengaturan waktu Proses pembelajaran peserta didik selama satu tahun. Dimana kalender Pendidikan mencakup permulaan tahun pelajaran,minggu efektifbelajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

 

Maksud diterbitkannya Kalender Pendidikan TK PAUD, SD dan SMP Kota Makassar Tahun Pelajaran 2024/2025 adalah untuk memberikan gambaran yang jelas kepada pengelola Satuan Pendidikan baik TK PAUD SD maupun SMP tentang langkah-langkah yang ditempuh dalam meningkatkan mutu pendidikan, dan sebagai pedoman kelja dalam melaksanakan proses pembelajaran.

 

Adapun tujuannya adalah sebagai Dasar acuan Operasional Satuan Pendidikan dalam menyelenggarakan Pendidikan pada jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP.

 

Sasaran pengguna Kaldik TK PAUD, SD dan SMP Kota Makassar Tahun Pelajaran 2024/2025 adalah Pengelolaan tingkat Satuan Pendidikan jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP di lingkungan Kota Makassar

 

Penyusunan Kalender Pendidikan ini dilakukan obyektif, transparan, dan akuntabel serta diharapkan dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran baik peningkatan mutu prestasi akademik dan nonakademik peserta didik pada Satuan Pendidikan jenjang PAUD, TK, SD, dan SMP di lingkungan Kota Makassar.

 

Berdasarkan Kalender Pendidikan Kota Makassar Tahun Pelajaran 2024/2025. Awal masuk Semester I (Semester Ganjil) adalah hari Rabu tanggal 10 Juli 2024 dan berakhir hari Sabtu tanggal 20 Desember 2024. Sedangkan Awal masuk Semester 2 (Semester Genap) adalah hari Senin tanggal 6 Januari 2025 dan berakhir hari Sabtu tanggal 21 Juni 2025.

 

Hari-hari pertama masuk satuan pendidikan merupakan serangkaian kegiatan satuan pendidikan pada permulaan tahun pelajaran baru dimulai dengan Masa Pengenalan lingkungan sekolah (MPLS),yang dilaksanakan pembelajaran Tatap Muka 100% dari jumlah siswa perkelas .Kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan antara lain :

1. Bagi Peserta didik TK PAUD dan peserta didik kelas I (satu) SD diadakan kegiatan antara lain pengenalan sekolah/madrasah, sosialisasi cara belajar (belajar sambil bermain), pengumpulan data untuk kepentingan tata usaha satuan pendidikan, kegiatan keagamaan, dan kegiatan kepramukaan secara tatap muka, daring maupun luring.

2. Bagi peserta didik kelas II (dua) sampai dengan kelas VI (enam) SD/MIdiisi dengan kegiatan yang konstruktif dan edukatif sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik antara lain: menciptakan kegiatan dinamis yang dipandu guru kelas, menerapkan 7 K (Kebersihan, Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan dan Kerindangan) di sekolah/rumah,kegiatan keagamaan, dan lain sebagainya mulai pukul 07.00 s.d. 12.00 WIB secara tatap muka daring maupun luring

3. Bagi peserta didik kelas VII (tujuh) SMP, diisi dengan kegiatan Masa Pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), untuk pengenalan satuan pendidikan (program, struktur, tata tertib, dan orientasi kepramukaan), penanaman konsep pengenalan diri peserta didik dan kegiatan keagamaan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional, cara belajar dan system pembelajaran, kegiatan kesiswaan, yang dipandu oleh panitia dan/atau wali kelas secara tatap muka,daring maupun luring.

4. Bagi pengurus OSIS dapat dilibatkan dalam kegiatan MPLS. Sedangkan bagi peserta didik kelas VIII (delapan), kelas IX (sembilan yang tidak masuk dalam pengurus OSIS diisi dengan kegiatan antara lain: kegiatan keagamaan dan dilanjutkan dengan kegiatan pembelajaran.

5. Dalam mengimplementasikan Pencegahan Kekerasan yang diamanatkan dalam Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 tentang Pencegahan da Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP) dan salah satu focus dalam Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) yaitu sehat jiwa .Untuk Materi tersebut ada pada tautan berikut : http://bit/ly/panduanmpls-ppksp

 

Asesmen sumatif adalah jenis penilaian yang dilakukan pada akhir periode pembelajaran untuk mengevaluasi pencapaian hasil belajar peserta didik. Tujuan utama dari asesmen sumatif adalah untuk menilai sejauh mana siswa telah memahami materi yang diajarkan dan untuk menentukan pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Jadwal Sumatif Semester Ganjil dilaksanakan pada tanggal 9 – 13 Desember 2024, sedangkan Jadwal Sumatif Akhir Semester (SAS) dilaksanakan tanggal 16 – 20 Juni 2025

 

Sebagai kegiatan akhir semester Satuan Pendidikan memberikan Buku Laporan Pendidikan/Raport kepada peserta didik TK, SD dan SMP, untuk Laporan Pendidikan I Raport semester 1 dilaksanakan pada hari Jumat 20 Desember 2024 dan Laporan Pendidikan I Raport semester 2 pada hari Kamis tanggal 26 Juni 2025.

 

Selengkapnya berikut ini screenshot Kaldik Kota Makassar Tahun Pelajaran 2024/2025

Kalender Pendidikan TK PAUD, SD dan SMP Kota Makassar Tahun Pelajaran 2024/2025


Link download Kaldik Kota Makassar Tahun Pelajaran 2024/2025 (DISINI)

 

Demikian informasi tentang Link download Kalender Pendidikan Kota MakassarTahun Pelajaran 2024/2025. Semoga ada manfaatnya.




= Baca Juga =



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama


































Free site counter


































Free site counter