Daftar Nama Guru yang dinyatakan Lulus Tahap 1 CGP Angkatan 10 Tahun 2023 disampaikan melalui Surat Edaran Dirjen GTK yang ditanda tangani oleh Plt. Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan Nomor: 2738/B3/GT.03.00/2023 tertanggal 25 September 2023 tentang Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 10.
Isi
Pengumuman yang berisi Daftar Nama Guru yang dinyatakan Lulus seleksi CGP Angkatan 10 Tahap 1
Tahun 2023 menyatakan bahwa Menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen GTK Nomor:
1770/B3/GT.00.08/2023, Tanggal: 19 Juni 2023, tentang Rekrutmen Calon Guru Penggerak
Angkatan 10 Reguler, kami sampaikan bahwa Tim Seleksi Direktorat Jenderal Guru
dan Tenaga Kependidikan telah melakukan proses seleksi tahap 1 Calon Guru
Penggerak (CGP) Angkatan 10. Seleksi tahap 1 dilakukan melalui penilaian CV,
Unggahan Dokumen, dan Esai.
Berkenaan
dengan proses seleksi tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Reguler, dengan
hormat kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.
1.
Pendaftar CGP secara daring yang kami terima melalui laman pendaftaran sejumlah
256.373 orang.
2.
CGP yang memenuhi persyaratan kelengkapan CV, unggahan dokumen, dan esai
melalui proses verifikasi dan validasi (verval) berjumlah 86.198 orang.
3.
CGP yang dinyatakan lulus tahap 1 angkatan 10 berjumlah 59.456 orang (lampiran
2) dan yang bersangkutan berhak untuk mengikuti seleksi tahap 2. Proses seleksi
tahap 2 meliputi simulasi mengajar dan wawancara.
4.
Simulasi mengajar dan wawancara secara daring (online) akan dilaksanakan pada
bulan September sampai dengan bulan November 2023.
5.
Jadwal simulasi mengajar dan wawancara akan disampaikan melalui aplikasi SIMPKB
masing-masing CGP.
6.
Informasi lengkap Rekrutmen Calon Guru Pengerak (CGP) dapat dilihat pada laman
Guru Penggerak: https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak
7.
Tim Seleksi tidak melayani komunikasi dengan CGP dalam bentuk apapun. CGP
diharapkan selalu memantau perkembangan informasi yang diumumkan melalui
SIMPKB. Segala kerugian akibat kelalaian tidak memantau perkembangan informasi yang
diumumkan menjadi tanggung jawab CGP.
Selanjutnya
dalam Pengumuman yang berisi Daftar Nama Peserta Lulus Tahap 1 CGP Angkatan 10 Tahun 2023 disampaikan
agar dinas pendidikan menyampaikan informasi hasil seleksi tahap 1 ini, kepada CGP
yang dinyatakan lulus untuk mempersiapkan diri mengikuti proses seleksi tahap
2.
Dalam
lampiran Pengumuman Hasil Seleksi CGP (Calon
Guru Penggerak) Angkatan 10 Tahap 1 tahun 2023 untuk seluruh Provinsi terkait
Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 Pendidikan Guru Penggerak, yakni tahap Simulasi
Mengajar & Wawancara
A.
Petunjuk umum seleksi tahap 2
1.
Pelaksanaan seleksi tahap 2 akan dilakukan secara daring (online). (Peserta
disarankan menggunakan browser Chrome)
2.
Peserta seleksi menyiapkan diri dengan baik untuk melakukan Simulasi Mengajar
& Wawancara.
3.
Seleksi Simulasi Mengajar dan Wawancara akan dilaksanakan secara bertahap. Simulasi
Mengajar akan dilaksanakan terlebih dahulu selama maksimal 15 menit (5 menit
persiapan, 10 menit simulasi mengajar, dan 5 menit tanya jawab), lalu calon fasilitator
akan menerima jadwal selanjutnya untuk mengikuti seleksi Wawancara selama
maksimal 60 menit.
4.
Akan ada 2 (dua) asesor yang akan memberikan nilai untuk masing-masing seleksi.
5.
Peserta seleksi diharapkan hadir 5 menit sebelum waktu pelaksanaan seleksi.
Peserta menyiapkan hal-hal berikut untuk mengikuti seleksi tahap 2:
a. Ruangan yang kondusif, memiliki pencahayaan yang
terang, dan tersedia akses listrik dan internet,
b. Alat dan bahan yang diperlukan untuk seleksi,
c. Jaringan internet yang baik dan cadangan sambungan
internet,
d. Komputer/laptop/perangkat elektronik dengan kamera video
dan speaker/ microphone yang berfungsi dengan baik,
e. Meletakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang mampu
menampilkan gambar dan menangkap suara kandidat dengan baik.
f. Peserta diharapkan dapat melakukan latihan panggilan video
menggunakan aplikasi Google Meet dengan orang lain untuk memeriksa kualitas
suara dalam panggilan video, sebelum pelaksanaan seleksi.
g. Jadwal pelaksanaan seleksi akan diberikan melalui
aplikasi seleksi (SIMPKB). Ikutilah seleksi sesuai jadwal yang diberikan.
h. Jika peserta terputus ditengah pelaksanaan seleksi silahkan
mencoba untuk mengakses tautan Google Meet yang sama.
i. Jika mengalami kendala dalam mengikuti seleksi,
peserta bisa menghubungi tim pemantau melalui tautan aplikasi Whatsapp/WA yang
tersedia di aplikasi.
j. Di awal seleksi asesor akan melakukan konfirmasi
identitas. Silahkan siapkan KTP dan menunjukkannya jika diminta.
B.
Petunjuk Seleksi Simulasi Mengajar
1.
Topik Pembelajaran pada simulasi mengajar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) yang telah di unggah/dikirim pada saat pendaftaran calon guru penggerak.
2.
Simulasi Mengajar akan berlangsung secara singkat selama 10 menit, maka peserta
diharapkan berfokus pada tahap pembuka dan inti pembelajaran dalam mengikuti seleksi
Simulasi Mengajar.
3.
Lakukan Simulasi Mengajar selama 10 menit.
4.
Lakukan Simulasi Mengajar seolah-olah pembelajaran dilakukan secara tatap muka,
dengan menganggap terdapat peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran.
5.
Simulasi Mengajar dilaksanakan bukan sebagai metode pembelajaran daring,
sehingga kandidat tidak bisa melakukan share screen untuk memberikan materi
pembelajaran.
6.
Persiapan alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi Mengajar (contoh: papan
tulis kecil/kertas putih besar, alat peraga, spidol, dll)
7.
Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor
selama maksimal 5 menit. Peserta akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan
diajukan oleh tim asesor.
8.
Simulasi Mengajar akan dihentikan oleh tim asesor jika sudah melewati waktu pelaksanaan
simulasi.
9.
Letakkan komputer/laptop/perangkat elektronik yang dapat menampilkan sekitar
70% dari badan peserta.
Unsur
Penilaian Seleksi Simulasi Mengajar
·
Kompetensi
1 - Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid/peserta latih belajar
secara aman dan nyaman. Peserta menggembangkan pembelajaran dengan
mempertimbangkan tujuan pembelajaran yang relevan bagi murid/peserta latih dan
strategi komunikasi yang baik.
·
Kompetensi
2 - Memandu dan merefleksikan proses belajar mengajar yang efektif. Peserta
memandu pelajaran dengan mempertimbangkan strategi yang dapat membantu murid dalam
memperoleh dan/atau menerapkan pengetahuan.
·
Kompetensi
3 - Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri (Self-regulated learning).
Peserta melakukan refleksi diri terhadap praktik pembelajaran yang telah
dilakukan
·
Kompetensi
4 – Mendesain proses belajar mengajar yang efektif. Peserta dapat merancang
strategi penilaian yang baik
C.
Petunjuk Pelaksanaan Wawancara
1.
Peserta akan mengikuti seleksi wawancara sesuai jadwal wawancara yang
diberikan.
2.
Peserta meletakkan komputer atau perangkat elektronik yang mampu menangkap
suara dan gambar calon peserta dengan baik.
3.
Wawancara akan berlangsung kurang lebih 60 menit, dimana kandidat akan diwawancara
oleh 2 orang tim asesor pada saat yang bersamaan.
4.
Selama wawancara calon peserta diharapkan untuk memberikan jawaban berdasarkan pengalaman
dan pengetahuan yang dimiliki.
5.
Berikut adalah contoh jawaban yang diharapkan saat wawancara:
“Saya mengalami beberapa hambatan saat menjalankan
program pola hidup sehat untuk anak murid. Pihak sekolah, orangtua murid, pihak
kantin, tidak mendukung implementasi program ini karena beberapa kendala di masing-masing
pihak. Selama dua tahun saya melakukan berbagai cara untuk merangkul masing-masing
pihak, misalnya dengan memberikan pemahaman mengapa program ini perlu diterapkan,
bagaimana cara menerapkannya, apa yang bisa didukung dari masing-masing pihak
untuk keberhasilan program ini. Bagaimana mengatasi kekhawatiran yang
ditakutkan masing-masing pihak, dan sebagainya. Hasilnya di akhir tahun kedua
dan memasuki tahun ketiga ini masing-masing pihak menunjukkan dukungannya terhadap
program saya.”
Unsur
Penilaian Seleksi Calon Guru Penggerak
·
Tujuan/Misi:
Menjalani panggilan hidup sebagai pengajar yang memberi dampak positif secara
luas, baik bagi anak didik maupun lingkungan sekitar, sehingga terjadi proses
transformasi yang menunjukkan kemajuan positif baik bagi dirinya sendiri maupun
anak didik dan lingkungan sekitar
·
Membangun
Hubungan yang Positif: Mengembangkan dan menggunakan hubungan kolaboratif untuk
memfasilitasi pencapaian tujuan kerja sebagai pengajar.
·
Daya
Juang/Resiliensi: Sebagai pengajar yang terus berupaya, fokus, dan positif saat
mencapai tujuan yang ingin dicapai, serta bangkit kembali saat menghadapi
kegagalan mencapai tujuan.
·
Inisiatif
untuk Mengambil Tindakan: Sebagai pengajar yang bertindak segera untuk mencapai
tujuan; melakukan tindakan untuk meraih sasaran yang melampaui persyaratan
minimum; bersikap proaktif dan mandiri.
·
Pembelajaran
yang Berkelanjutan: Sadar akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki sebagai
pengajar; aktif menemukan cara-cara efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki
diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
·
Mengembangkan
Orang Lain: Melibatkan diri dan berkomitmen dalam proses mengembangkan
perilaku, keterampilan, atau pengetahuan spesifik yang dibutuhkan coachee (anak
didik, rekan kerja, pengajar, atau orang lain), serta memastikan munculnya
sikap positif dari coachee (anak didik, rekan kerja, pengajar, atau orang lain)
yang kelak membantu dan menunjangnya untuk sukses dimasa depan.
·
Kematangan
Etika: Kapasitas diri sebagai pengajar yang menunjukkan kematangan emosi dalam
berkarya melalui keterbukaan dan kejujuran, berperilaku dengan kebijaksanaan
serta kasih sayang, selaras antara perkataan dengan tindakan dan sesuai dengan
petunjuk moral, spiritual, nilai, etika profesi, dan kebijakan yang ada.
·
Pengambilan
Keputusan: Sebagai pengajar yang mampu mengidentifikasi dan memahami masalah
serta peluang dalam berkarya, dengan cara mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan
informasi kuantitatif dan kualitatif; memilih tindakan terbaik dengan
menetapkan kriteria keputusan yang jelas, menghasilkan dan mengevaluasi
alternatif, dan membuat keputusan tepat waktu; mengambil tindakan yang konsisten
dengan fakta dan kendala yang tersedia serta mengoptimalkan konsekuensi yang
mungkin muncul.
Berikut ini Link download Pengumuman yang berisi Daftar Nama Peserta Lulus Tahap 1 CGP Angkatan 10 Tahun 2023 khusus untuk Provinsi Banten.
Untuk
mengetahui dan mendownload Daftar Nama
Peserta Lulus Tahap 1 CGP Angkatan 10 Tahun 2023 Seluruh Provinsi silahkan akses (DISINI)
Demikian
informasi tentang Link Download Daftar Nama Guru yang dinyatakan Lulus Tahap
1 CGP Angkatan 10 Tahun 2023 untuk
seluruh Provinsi PDF. Semoga ada manfaatnya.