Latihan Soal ANBK SMA MA SMK Tahun 2024-2025, Pada dasarnya, ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) adalah sebutan untuk ujian nasional. Namun ANBK berbeda dengan UN. Jika UN itu lebih fokus pada nilai akhir, maka ANBK justru lebih fokus pada evaluasi input, proses, dan output dari pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu.
Soal
ANBK SMA MA SMK Tahun Pelajaran 2024/2025 adalah soal-soal sebagian
bagian dari program penilaian mutu yang dilakukan oleh setiap sekolah,
madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar maupun menengah. Penilaian
ini nantinya akan dilakukan berdasarkan pada kemampuan dasar peserta didik
mulai dari literasi, numerasi, dan karakter. Tidak hanya itu saja, ANBK ini
juga disebut-sebut mampu untuk menilai bagaimana kualitas dari proses
belajar-mengajar dan iklim dalam satuan pendidikan. Informasi akan hal-hal
tersebut diperoleh melalui tiga instrumen utama, yakni Asesmen Kompetensi
Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
Keberadaan ANBK ini dinilai
mampu memberikan informasi yang berguna untuk memantau bagaimana perkembangan
mutu sekolah dari waktu ke waktu. Bahkan ANBK juga dapat digunakan untuk
memantau adanya kesenjangan antarbagian yang terjadi di dalam sistem
pendidikan. Contohnya adalah kesenjangan antarkelompok sosial antara satu
peserta didik dengan peserta didik lain, kesenjangan antara satuan pendidikan
negeri dan swasta, kesenjangan sekolah antardaerah, hingga kesenjangan
antarkelompok yang didasarkan pada atribut tertentu.
Dalam ANBK ini, terdapat
beberapa instrumen penilaian yang nantinya akan menghasilkan informasi mengenai
tingkat pemahaman dari peserta didik maupun kualitas proses belajar-mengajar
dari lembaga pendidikan tersebut. Nah, berikut ini adalah instrumen penilaian
yang digunakan dalam ANBK:
1. Asesmen Kompetensi
Minimum (AKM)
Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM) ini akan diikuti oleh seluruh peserta didik di lembaga
pendidikan yang tujuan utamanya adalah untuk mengukur kemampuan literasi dan
numerasi sebagai hasil belajar secara kognitif.
2. Survei Karakter
Survei
Karakter ini akan diikuti oleh peserta didik dan guru yang mengajar dalam
lembaga pendidikan. Penilaian ini digunakan untuk mengukur sikap, kebiasaan,
dan nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar secara non-kognitif.
3. Survei Lingkungan Belajar
Survei
Lingkungan Belajar ini akan diikuti oleh kepala satuan pendidikan. Penilaian
tersebut digunakan untuk mengukur bagaimana kualitas pembelajaran dan iklim
sekolah yang menunjang proses pembelajaran.
ANBK merupakan inovasi baru
dari ujian akhir yang diselenggarakan di satuan pendidikan dan dilaksanakan
oleh peserta didik hingga guru, tentu saja keberadaannya memiliki tujuan yang
baik demi masa depan pendidikan negara Indonesia. Tujuan ANBK SMA MA SMK Tahun 2024-2025 ini terdiri atas tiga hal penting
yang merupakan turunan dari instrumen penilaiannya, yakni:
1. Meningkatkan Kualitas
Belajar-Mengajar
Dari
adanya ANBK ini, kita dapat mengetahui bagaimana kualitas dari proses
belajar-mengajar dan mengadakan perbaikan untuk hal mana yang memang perlu
ditingkatkan. Apabila proses belajar-mengajar memang berjalan secara baik,
tentu saja hasil belajar pada peserta didik akan turut maksimal.
2. Meningkatkan Kemampuan
Literasi dan Numerasi
Sebelumnya,
telah dijelaskan bahwa dalam ANBK ini memiliki instrumen penilaian berupa AKM
yang didalamnya berisikan soal-soal literasi dan numerasi. Nah dari soal-soal
itulah dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan
literasi dan numerasi pada setiap peserta didik.
3. Menganalisis Karakter
Dari
adanya ANBK ini, hasil akhirnya dapat digunakan untuk menganalisis bagaimana
karakter dan sosial-emosional dari peserta didik dan gurunya. Dalam
menganalisis karakter ini akan dikaitkan dengan aspek profil belajar Pancasila.
Nah, jika Grameds termasuk
pada peserta didik yang akan mengerjakan ANBK pada tahun ini atau tahun depan,
jangan risau mengenai bagaimana cara verifikasi datanya. Sebab berikut ini
adalah uraiannya yang didasarkan pada penjelasan Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (Kemdikbud).
Dalam Soal AKM ANBK SMA MA SMK Tahun
2024-2025 akan terdiri atas literasi membaca-numerasi, survei karakter, dan
survei lingkungan belajar. Nah, berikut adalah penjabarannya:
1. Literasi Membaca dan
Numerasi
Literasi
membaca dan numerasi adalah suatu kompetensi mendasar yang mana memang
diperlukan oleh semua peserta didik dari jenjang Sekolah Dasar hingga Menengah
Akhir, supaya dirinya dapat belajar dan berkontribusi pada masyarakat.
Pengukuran literasi dan numerasi ini justru dapat mendorong guru untuk lebih
berfokus pada pengembangan daya nalar dibandingkan pengetahuan konten yang luas
tetapi malah dangkal.
2. Survei Karakter
Sebenarnya,
karakter yang dimiliki oleh setiap peserta didik itu memang akan sulit diukur
secara mendalam, terutama dengan menggunakan asesmen berskala besar. Meskipun
demikian, Survei Karakter ini dapat memberikan informasi mengenai sikap, nilai,
dan kebiasaan yang mencerminkan adanya profil Pelajar Pancasila. Melalui Survei
Karakter ini, nantinya akan memberikan sinyal kepada institusi pendidikan
memang perlu memperhatikan tumbuh kembang dari setiap peserta didiknya secara
utuh. Perhatian atas tumbuh kembang tersebut mencakup dimensi kognitif,
afektif, dan spiritual.
3. Survei Lingkungan Belajar
Dalam
Survei Lingkungan Belajar ini akan mengukur beberapa hal, yakni: Kualitas
pembelajaran, Iklim keamanan dan inklusif sekolah, Refleksi guru, Perbaikan
praktik pengajaran. Latar belakang keluarga peserta didik. Melalui informasi
yang dihasilkan dari Survei Lingkungan Belajar ini, nantinya akan berguna untuk
melakukan sebuah diagnosis akan masalah dan perencanaan perbaikan pembelajaran
oleh pihak guru, kepala sekolah, dan dinas pendidikan setempat. Bahkan
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga turut menjabarkan konsep AKM atau
Asesmen Kompetensi Minimum ini, yakni: “AKM mengukur kompetensi yang diperlukan
dalam kehidupan, juga sesuai dengan pengertian Literasi Membaca dan Numerasi
yang telah disampaikan terdahulu, soal AKM diharapkan tidak hanya mengukur
topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada
beberapa tingkat proses kognitif. Konten pada Literasi Membaca menunjukkan
jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam dua kelompok yaitu
teks informasi dan teks fiksi. Pada Numerasi konten dibedakan menjadi empat
kelompok, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian,
serta Aljabar. Tingkat kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau
diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Proses kognitif pada
Literasi Membaca dan Numerasi dibedakan menjadi tiga level. Pada Literasi
Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi, interpretasi dan integrasi
serta evaluasi dan refleksi. Pada Numerasi, ketiga level tersebut adalah pemahaman,
penerapan, dan penalaran.”
Dalam Soal AKM ANBK SMA MA SMK Tahun
2024-2025 secara konteks akan menunjukkan aspek kehidupan atau situasi. Konteksnya
akan dibedakan menjadi tiga hal yakni personal, sosial budaya, dan saintifik.
Kemudian, hasilnya akan dilaporkan menjadi empat kelompok yang menggambarkan
tingkat kompetensi yang berbeda. Urutan tingkat kompetensi tersebut adalah Perlu
Intervensi Khusus, Dasar, Cakap dan Mahir
Dalam Soal AKM ANBK SMA MA SMK Tahun
2024-2025 ini, terdapat tiga
komponen penting yang mana ketiganya mewakili pengertian dari literasi membaca
dan numerasi. Komponen-komponen AKM tersebut adalah konten, konteks, dan
tingkat kognitif. Selain itu, soal-soal yang digunakan dalam AKM ini juga
diharapkan dapat mengukur beberapa komponen tersebut.
Konten
Komponen konten pada bagian
literasi membaca lebih mengacu pada berbagai jenis teks yang digunakan, yakni
berupa teks informasi dan fiksi. Nah, berikut adalah uraiannya: 1) Teks
Informasi: Teks yang bertujuan untuk memberikan fakta, data, dan informasi
terutama untuk pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang tentu saja
bersifat ilmiah. 2)Teks Fiksi: Teks yang bertujuan memberikan pengalaman
hiburan, cerita, dan renungan bagi pembaca.
Sementara itu, komponen
konten pada bagian numerasi lebih menekankan pada kemampuan bilangan,
pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian, serta aljabar. Nah, berikut
adalah uraiannya: 1) Bilangan: Kemampuan yang meliputi representasi, sifat
urutan, dan operasi beragam jenis bilangan (cacah, bulat, pecahan, desimal). 2)
Pengukuran dan Geometri: Kemampuan untuk mengenal bangun datar, termasuk
menggunakan volume dan luas permukaan dalam kehidupan sehari-hari. Serta
pemahaman tentang pengukuran panjang, berat, waktu, volume dan debit, serta
satuan luas menggunakan satuan baku. 3) Data dan Ketidakpastian: Kemampuan
pemahaman, interpretasi, serta penyajian data maupun peluang. 4) Aljabar:
Kemampuan tentang persamaan dan pertidaksamaan, relasi dan fungsi (termasuk
pola bilangan), serta rasio dan proporsi.
Konteks
Komponen AKM berupa konteks
ini akan berkaitan erat dengan aspek kehidupan atau situasi yang terjadi pada
konten yang tengah digunakan. Dalam komponen konteks terutama pada bagian
literasi membaca dan numerasi, dapat dibagi menjadi 3 hal yakni personal, sosial
budaya, dan saintifik. Nah, berikut ini adalah uraian dari 3 konteks Literasi
dan Numerasi tersebut:
•
Personal: berkaitan dengan kepentingan diri
secara pribadi.
•
Sosial Budaya: berkaitan dengan kepentingan
antar individu, budaya dan isu kemasyarakatan.
•
Saintifik: berkaitan dengan isu, aktivitas,
serta fakta ilmiah baik yang telah dilakukan maupun futuristik.
Tingkat Kognitif
Komponen AKM atau Asesmen
Kompetensi Minimum yang terakhir adalah proses kognitif yang mana berkaitan
dengan cara berpikir yang dibutuhkan oleh para peserta didik dalam upaya
menyelesaikan masalah atau soal. Pada aspek bagian literasi membaca dan
numerasi, tingkat kognitifnya dibagi menjadi 3 level. Jika dalam proses
kognitif untuk literasi membaca, akan terdiri atas menemukan informasi,
interpretasi dan integrasi, serta evaluasi dan refleksi.
Berikut adalah uraian
mengenai komponen tingkat kognitif literasi adalah:
•
Menemukan informasi: Meliputi kemampuan
mencari, mengakses, serta menemukan informasi tersurat dari wacana.
•
Interpretasi dan integrasi: Kemampuan
memahami informasi tersirat atau tersurat, memadukan interpretasi antar bagian
teks untuk menghasilkan inferensi.
•
Evaluasi dan refleksi: Kemampuan menilai
kredibilitas, kesesuaian maupun keterpercayaan teks, serta mampu mengaitkan isi
teks dengan hal lain di luar teks
Sementara itu, untuk
numerasi adalah pemahaman, penerapan, dan penalaran. Nah, berikut adalah uraian
mengenai komponen tingkat kognitif numerasi adalah:
•
Pemahaman: Kemampuan memahami fakta,
prosedur, serta alat matematika.
•
Penerapan: Kemampuan menerapkan konsep
matematika dalam situasi nyata yang bersifat rutin.
•
Penalaran: Bernalar dengan konsep matematika
untuk menyelesaikan masalah bersifat non rutin.
Dalam Soal AKM ANBK SMA MA SMK Tahun
2024-2025 terdapat 6 ragam butir, diantaranya: Pilihan ganda: Siswa hanya
dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal; Pilihan ganda kompleks: Siswa
dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal; Menjodohkan: Siswa
menjawab dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang
merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya;Isian singkat: Siswa dapat
menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau
jawaban pasti lainnya; dan Uraian: Siswa menjawab soal berupa kalimat-kalimat
untuk menjelaskan jawabannya.
Kemudian, jumlah soal yang
diujikan dalam AKM ini juga beragam dengan menyesuaikan pada tingkatan atau
jenjang pendidikan. Untuk kelas 5 SD, soal AKM akan berjumlah 30 soal dengan
masing-masing adanya literasi dan numerasi. Kemudian untuk kelas 8 dan kelas
11, soal AKM akan berjumlah 36 soal.
Untuk kamu yang membutuhkan Kumpulan
Latihan Soal ANBK SMA MA SMK 2024-2003 berikut kunci jawaban dan pembahasaannya, silahkan
download atau akses melalui link yang tersedia di bawah ini.
Link download Kumpulan Latihan Soal ANBK SMA MA SMK 2024-2003 berikut kunci jawaban dan pembahasaannya
(DISINI)
Demikian informasi tentang Kumpulan
Latihan Soal ANBK SMA MA SMK 2024-2003 berikut kunci jawaban dan pembahasaannya PDF.
Semoga bermanfaat, selamat belajar mudah-mudah Kamu sukses meraih masa depan
yang lebih baik.
Mantap, soal latihan yang luar biasa sangat membantu kami