Download Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Dan Buku Saku Tanya Jawab Platform Merdeka Mengajar. Seiring dengan diluncurkannya Kurikulum Merdeka telah diterbikan Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka Dan Buku Saku Tanya Jawab Platform Merdeka Mengajar. Sebagaimana diketahui kurikulum merdeka adalah istilah yang dugunakan menggantikan kurikulum prototipe atau kurikulum prototype.
Buku
Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka berisi jawaban atas
pertanyaan Apa yang dimaksud dengan Kebijakan Pemulihan Pembelajaran? Apakah
yang dimaksud dengan Kurikulum Merdeka? Mengapa kita memerlukan Kurikulum
Merdeka? Apa pergantian ini tidak terlalu cepat? Kesannya seperti "Ganti Menteri
Ganti Kurikulum". Mengapa Kurikulum Merdeka dijadikan opsi? Mengapa tidak langsung
ditetapkan untuk semua sekolah? Apa kriteria sekolah yang boleh menerapkan
Kurikulum Merdeka? Salah satu semangat dalam Kurikulum Merdeka ialah penyelenggaran
pembelajaran yang inklusif. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran yang
inklusif? Apa yang perlu orang tua siapkan ketika satuan pendidikan anak mereka
menerapkan Kurikulum Merdeka? Bagaimana Kurikulum Merdeka bisa terus diterapkan
secara berkelanjutan? Bagaimana bentuk struktur kurikulum dengan penerapan Kurikulum
Merdeka? Apakah ada perubahan jam pelajaran dengan diterapkannya Kurikulum
Merdeka? Apakah perubahan struktur kurikulum ini berdampak pada jam mengajar
guru? Mengapa projek penguatan profil pelajar Pancasila membutuhkan alokasi
waktu tersendiri? Bagaimana dengan muatan lokal, apakah masih tetap diberikan kewenangan
daerah? Di mana posisi mata pelajaran muatan lokal dalam struktur kurikulum? Apakah
karakteristik utama Kurikulum Merdeka di satuan PAUD? Ketika guru merancang
kegiatan bermain-belajar di satuan PAUD, rujukan mana yang mereka gunakan? Apakah
metode Sentra tetap digunakan? Apakah Kurikulum Merdeka mengajarkan calistung
di PAUD? Bagaimana menggunakan STPPA dan Capaian Pembelajaran (CP)? Bagaimana
mengembangkan alur dan tujuan pembelajaran di satuan PAUD? Bagaimana mengembangkan
modul ajar di PAUD? Model-model pembelajaran apa sajakah yang dapat dipergunakan
di satuan PAUD?
Buku
Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka juga menjawab pertanyaan
tentang Mengapa pelajaran IPA dan IPS dijadikan satu pada jenjang SD? Mengapa
IPAS mulai diajarkan di kelas III? Apakah pendekatan tematik masih digunakan?
Mengapa di SD tidak ada mata pelajaran keterampilan? Apa yang berubah dengan
Kurikulum Merdeka di SMP? Mengapa tidak ada peminatan di kelas X? Apakah tetap
ada penjurusan di jenjang SMA? Apakah akan ada jam pelajaran khusus untuk
Bimbingan Konseling, mengingat konsultasi dengan guru Bimbingan Konseling
memiliki peranan yang penting dalam mengarahkan minat peserta didik? Bagaimana
dengan seleksi masuk perguruan tinggi bila tidak ada penjurusan? Apakah peserta
didik boleh mengganti pilihan mata pelajaran di kelas XII? Mengapa ada mata
pelajaran pilihan terkait vokasi? Apakah ada batas maksimum pengambilan mata
pelajaran pilihan untuk SMA? Kapan sebaiknya mengarahkan pemilihan mata
pelajaran untuk pemilihan fakultas masuk ke Perguruan Tinggi? Apakah yang
dimaksud dengan unit inkuiri pada kelas X? Komponen pembelajaran apa yang
berubah di SMK? Apa yang berubah pada spektrum keahlian SMK? Apakah satuan
pendidikan diberi kebebasan membuka konsentrasi keahlian? Apa yang berubah pada
struktur kurikulum SMK? Apa yang dipelajari di mata pelajaran informatika? Apa
yang dipelajari di mata pelajaran projek ilmu pengetahuan alam dan sosial? Apa
kegunaan Mata Pelajaran Pilihan dalam kelompok Mata Pelajaran Kejuruan di SMK?”
Apa kegunaan PKL? Apa isi kelompok Mata Pelajaran Kejuruan pada kelas X di SMK?
Apa isi kelompok Mata Pelajaran Kejuruan pada kelas XI dan XII di SMK? Mengapa
lulusan SMK diharapkan untuk mencari pekerjaan selesai bersekolah? Bukankah
peserta didik SMA dan sederajat lainnya juga akan mencari kerja setelah selesai
pendidikan SMK/SMA? Apakah lulusan SMK bisa melanjutkan ke perguran tinggi? Bagaimana
bentuk keterlibatan peserta didik SMK dalam pelaksanaan projek penguatan profil
pelajar Pancasila? Apakah satuan pendidikan dapat melakukan kegiatan tanpa melibatkan
pihak dunia kerja? Apa bedanya projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan
Project Based Learning (PBL) di SMK? Apa peran mata pelajaran Projek Kreatif
dan Kewirausahaan? Apa yang berubah dari kurikulum sebelumnya untuk Kurikulum Merdeka
di bagian pendidikan khusus? Apakah pendidikan khusus juga menggunakan Capaian Pembelajaran
(CP) yang sama dengan pendidikan reguler? Bagaimana penyediaan buku untuk
peserta didik berkebutuhan khusus? Apakah untuk peserta didik di SLB juga harus
menerapkan projek penguatan profil pelajar Pancasila? Mengapa mata pelajaran
keterampilan pada peserta didik berkebutuhan khusus memiliki porsi paling besar
di antara mata pelajaran lainnya? Apakah mata pelajaran TIK juga diajarkan di
SLB? Mengapa di Kurikulum Merdeka peserta didik berkebutuhan khusus di kelas
VIII hanya boleh memilih 1 jenis keterampilan?
Buku
Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka juga memberi menjawab atas pertanyaan
tentang Bagaimana penyusunan alur tujuan pembelajaran (ATP) di SLB? Bagaimana
pengembangan modul ajar di SLB? Apa yang dimaksud dengan profil pelajar
Pancasila? Apakah profil pelajar Pancasila hanya berlaku untuk Kurikulum Merdeka
atau berlaku juga pada satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum 2013? Bagaimana
menerapkan profil pelajar Pancasila pada Kurikulum 2013? Mengapa pembelajaran
melalui projek disebut sebagai "penguatan profil pelajar Pancasila"? Apa
itu projek penguatan profil pelajar Pancasila? Apa saja perubahan yang timbul
dengan adanya projek penguatan profil pelajar Pancasila? Apa yang dimaksud
dengan dimensi profil pelajar Pancasila? Bagaimana implementasi projek profil
pelajar Pancasila di satuan pendidikan? Apa fungsi profil pelajar Pancasila? Apa
pengaruh profil pelajar Pancasila ke pembelajaran di kelas? Apakah perbedaan
profil pelajar Pancasila dengan nilai-nilai dalam Penguatan Pendidikan Karakter
(PPK)? Jika projek penguatan profil pelajar Pancasila berjalan, bagaimana
dengan program PPK yang sudah berjalan? Di manakah nasionalisme dalam profil
pelajar Pancasila? Jika profil pelajar Pancasila masuk sebagai Renstra Kemendikbudristek,
bagaimana pelaksanaannya di satuan pendidikan? Bagaimana mengukur ketercapaian
profil pelajar Pancasila? Apakah projek penguatan profil pelajar Pancasila
diampu oleh guru yang sama dengan guru mata pelajaran? Sejumlah 20-30 persen
jam pelajaran dari setiap mapel dialokasikan untuk projek penguatan profil
pelajar Pancasila. Apakah projek tersebut akan diimplementasikan per mapel atau
terintegrasi antarmapel? Bagaimana bentuk pelaporan hasil projek? Apakah bentuk
laporan hasil belajar projek profil pelajar Pancasila per mata pelajaran? Bagaimana
jika peserta didik memilih tema projek penguatan profil pelajar Pancasila yang
belum mereka pelajari dalam mata pelajaran (intrakurikuler)? Apakah projek
penguatan profil pelajar Pancasila hanya menggunakan pembelajaran berbasis
projek? Apakah satuan pendidikan yang menggunakan Kurikulum 2013 bisa melakukan
projek penguatan profil pelajar Pancasila? Apa yang dimaksud dengan Capaian
Pembelajaran (CP)? Apakah Capaian Pembelajaran (CP) menggantikan Standar Kompetensi
Lulusan (SKL)? Jika Capaian Pembelajaran (CP) setara dengan KI-KD, apakah SKL tetap
menjadi acuan dalam mengukur kompetensi lulusan dari satuan pendidikan? Mengapa
Capaian Pembelajaran (CP) mengintegrasikan kembali keterampilan, pengetahuan,
dan sikap? Mengapa Capaian Pembelajaran (CP) disusun per fase? Referensi apa
yang bisa digunakan untuk mendukung implementasi Capaian Pembelajaran? Apakah
capaian akhir untuk setiap fase bisa berbeda-beda? Jika hanya 1 capaian akhir
per-fase maka, bagaimana peserta didik mengejar ketertinggalan? Apakah peserta
didik akan selalu berada di fase yang sama untuk setiap mata pelajaran? Apa
yang dimaksud dengan perangkat ajar? Bagaimana cara mengakses perangkat ajar? Apa
yang dimaksud dengan modul ajar? Bagaimana cara menggunakan modul ajar di dalam
kelas? Apakah silabus dan RPP tetap dibuat? Apa kaitan RPP dengan modul ajar? Apakah
buku teks yang ada sekarang masih bisa dipakai? Apakah Kriteria Ketuntasan
Minimal masih akan berlaku pada Kurikulum Merdeka ini? Jika tidak ada KKM,
bagaimana guru akan menentukan apakah capaian belajar peserta didik sudah
memadai atau belum? Bagaimana acuan lingkup materi yang menjadi rujukan untuk evaluasi
hasil belajar akhir dari satuan pendidikan dalam bentuk ujian sekolah? Bagaimana
bentuk rapor intrakurikuler? Apakah laporan hasil belajar intrakurikuler
berbasis Capaian Pembelajaran (CP) setiap periodik semester atau fase? Apakah
ada kenaikan kelas jika pada Kurikulum Merdeka menggunakan fase? Bagaimana
kriteria kenaikan kelas? Apakah satuan pendidikan yang telah menerapkan SKS
dapat menggunakan Kurikulum Merdeka? Apakah yang dimaksud dengan pembelajaran
sesuai tahap capaian peserta didik? Bagaimana cara guru mengajarkan peserta
didik untuk mengembangkan kompetensi dan bukan hanya mengajar konten? Apakah
itu platform Merdeka Mengajar?
Sedangkan Buku Saku Platform Merdeka Mengajar, berisi
penjelasan pertanyaan tentang Produk atau fitur apa saja yang tersedia di
platform Merdeka Mengajar? Apakah platform Merdeka Mengajar hanya tersedia di
Android? Android versi berapa yang bisa mengakses platform Merdeka Mengajar? Apakah
ke depannya ada rencana pengembangan platform Merdeka Mengajar di iOS? Apakah
bisa diakses via web browser? Bagaimana cara masuk ke platform Merdeka
Mengajar? Apakah platform Merdeka Mengajar bisa diakses secara luring? Siapa
saja pengguna platform Merdeka Mengajar? Apakah tersedia layanan pengaduan jika
mengalami kendala saat menggunakan platform Merdeka Mengajar? Apakah platform
Merdeka Mengajar membutuhkan banyak data dan ruang penyimpanan? Bagaimana
keamanan data pengguna platform Merdeka Mengajar? Bagaimana cara mengakses
platform Merdeka Mengajar jika telepon genggam (HP) yang dimiliki sangat
sederhana? Apakah semua guru wajib menggunakan platform Merdeka Mengajar? pakah
platform Merdeka Mengajar bisa digunakan oleh selain guru? Apakah saat ini
platform Merdeka Mengajar sudah dapat diakses oleh pengguna? Apakah ke depannya
akan ada platform yang dapat digunakan oleh murid? Apa tujuan Kemendikbudristek
membuat platform Merdeka Mengajar? Bagaimana platform Merdeka Mengajar dapat
menunjang kompetensi guru? Apakah platform Merdeka Mengajar menjadi bagian dari
Kurikulum Merdeka? Bagaimana Kemendikbudristek menyosialisasikan platform Merdeka
Mengajar kepada guru? Apakah platform Merdeka Mengajar bisa diakses oleh guru-guru
di bawah naungan Kemenag (guru Madrasah)? Bagaimana proses sosialisasi
Kurikulum Merdeka ke guru-guru di daerah 3T yang tidak memiliki koneksi
internet? Apakah pengguna dapat memberi kontribusi konten ke platform Merdeka
Mengajar? Bagaimana sekolah SLB dapat menggunakan perangkat ajar di kelas? Di
mana pengguna bisa mendapatkan panduan lengkap tentang penggunaan platform
Merdeka Mengajar?
Link download Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka https://bit.ly/3rIjZqV
Link download Buku Saku Platform Merdeka Mengajar https://bit.ly/3oFBpCY
Link download Paparan Mendikbudristek tentang Kurikulum
Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar https://bit.ly/3gISpns
Link download Materi Road Map Platform Merdeka Mengajar https://bit.ly/3LwPdcs
Link download Materi Apa itu Platform Merdeka Mengajar https://bit.ly/3BgDN88
Link download Materi Cara Instal dan Log in ke Platform
Merdeka Mengajar https://bit.ly/3GKoA0h
Link download Materi Cara Menggunakan Produk Perangkat
Ajar pada Platform Merdeka Mengajar https://bit.ly/33jxhRy
Link download Materi Road Map Platform Merdeka Mengajar Seri
2 https://bit.ly/3uKIDcH
Link download Produk Asesmen Murid Dan Laman Kelas Hadir
Di Platform Merdeka Mengajar https://bit.ly/3oICF8p
Link download Materi Cara Memanfaatkan Laman Kelas pada Platform
Merdeka Mengajar https://bit.ly/3Jn8fjH
Demikian informasi tentang Download Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum
Merdeka Dan Buku Saku Tanya Jawab Platform Merdeka Mengajar. Semoga ada
manfaatnya. Terima kasih, atas kunjungan anda.