LATIHAN SOAL ULANGAN (UKK) BIOLOGI SMA KELAS 10 SEMESTER 2 |
Latihan Soal UKK (PAT) Biologi SMA Kelas 10 Semester 2 Tahun 2020/2021
1. Adanya keanekaragaman gen menyebabkan hal di bawah
ini, kecuali … .
A. keanekaragaman hayati
B. keanekaragaman tingkat individu
C. setiap makhluk hidup memiliki karakter yang berbeda
D. tidak adanya satu individupun yang sama dengan yang lain
E. variasi di tingkat bioma
A. keanekaragaman hayati
B. keanekaragaman tingkat individu
C. setiap makhluk hidup memiliki karakter yang berbeda
D. tidak adanya satu individupun yang sama dengan yang lain
E. variasi di tingkat bioma
2. Keanekaragaman gen terdapat pada pasangan berikut ini,
kecuali … .
A. mangga manalagi – mangga gadung
B. kelapa gading – kelapa kopyor
C. ayam bangkok – ayam cemani
D. kucing hutan – kucing angora
E. padi PB – padi bengawan
A. mangga manalagi – mangga gadung
B. kelapa gading – kelapa kopyor
C. ayam bangkok – ayam cemani
D. kucing hutan – kucing angora
E. padi PB – padi bengawan
3. Capaea nemoralis adalah siput yang memiliki warna dan
pola cangkang yang berbeda. Hal itu untuk beradaptasi dengan habitat dan
menghindari predator. Perbedaan warna dan pola cangkang tersebut disebabkan
oleh … .
A. perbedaan struktur gen penentu warna dan pola cangkang
B. perbedaan jumlah kromosom
C. perbedaan struktur gen dan jumlah kromosom
D. perbedaan jenis makanan
E. seleksi alam dan evolusi
A. perbedaan struktur gen penentu warna dan pola cangkang
B. perbedaan jumlah kromosom
C. perbedaan struktur gen dan jumlah kromosom
D. perbedaan jenis makanan
E. seleksi alam dan evolusi
4. Ekosistem sangat beranekaragam . Keanekaragaman
ekosistem dapat ditunjukkan oleh adanya perbedaan komponen berikut ini, kecuali
… .
A. komponen biotik
B. jenis produsen
C. jenis konsumen
D. sumber energi primer
E. produktivitas
A. komponen biotik
B. jenis produsen
C. jenis konsumen
D. sumber energi primer
E. produktivitas
5. Garis Walllace membagi wilayah Indonesia menjadi
daerah Oriental dan Australia berdasarkan …
A. penyebaran flora
B. penyebaran fauna
C. kekhasan flora dan fauna
D. keanekaragaman flora dan fauna
E. flora dan fauna endemik
A. penyebaran flora
B. penyebaran fauna
C. kekhasan flora dan fauna
D. keanekaragaman flora dan fauna
E. flora dan fauna endemik
6. Berikut beberapa ciri fauna:
1) warna burung tidak menarik
2) hewan mamalia besar
3) ditemukan primata
4) ditemukan anoa dan kuskus
Yang merupakan ciri fauna wilayah Oriental adalah … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 3, 4
C. 1, 3
D. 2, 4
E. 4
1) warna burung tidak menarik
2) hewan mamalia besar
3) ditemukan primata
4) ditemukan anoa dan kuskus
Yang merupakan ciri fauna wilayah Oriental adalah … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 3, 4
C. 1, 3
D. 2, 4
E. 4
7. Perhatikan usaha pelestarian alam berikut:
1) kebun koleksi
2) kebun plasma nutfah
3) kebun raya
4) taman nasional
Pelestarian secara ex situ ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3
C. 1, 2, 3, 4
D. 2, 4
E. 4
1) kebun koleksi
2) kebun plasma nutfah
3) kebun raya
4) taman nasional
Pelestarian secara ex situ ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3
C. 1, 2, 3, 4
D. 2, 4
E. 4
8. Menurut tata nama binomial nomenclature , penulisan
nama jenis yang benar adalah … .
A. Hibiscus rosa-sinensis
B. Hibiscus rosasinensis
C. Hibiscus rosa sinensis
D. Passer domesticus-niloticus
E. Paramecium sp
A. Hibiscus rosa-sinensis
B. Hibiscus rosasinensis
C. Hibiscus rosa sinensis
D. Passer domesticus-niloticus
E. Paramecium sp
9. Simpanse dan gorilla dimasukkan dalam dalam famili
yang sama karena … .
A. keadaan kulit
B. posisi susunan saraf
C. jumlah pasang anggota gerak
D. perbandingan lengan dan kaki
E. macam rangka yang sama
A. keadaan kulit
B. posisi susunan saraf
C. jumlah pasang anggota gerak
D. perbandingan lengan dan kaki
E. macam rangka yang sama
10. Perhatikan kelompok hewan berikut:
Kelompok I
Kelompok II
Kelompok III
Paus
Harimau
Ikan emas
Hiu
Kijang
Kodok
Ubur-ubur
Kelinci
Mujair
Kuda laut
Kuda
Lele
Pengelompokan hewan diatas berdasarkan … .
A. manfaat
B. habitat
C. alat gerak
D. morfologi
E. anatomi
Kelompok I
Kelompok II
Kelompok III
Paus
Harimau
Ikan emas
Hiu
Kijang
Kodok
Ubur-ubur
Kelinci
Mujair
Kuda laut
Kuda
Lele
Pengelompokan hewan diatas berdasarkan … .
A. manfaat
B. habitat
C. alat gerak
D. morfologi
E. anatomi
11. Keanekaragaman hayati dapat dipelajari untuk
digunakan dan dilestarikan dengan menggunakan sistem pengklasifikasian makluk
hidup. Yang merupakan tujuan klasifikasi adalah … .
A. menentukan persamaan dan perbedaan makhluk hidup
B. memberikan nama pada semua makhluk hidup
C. menyederhanakan objek studi tentang makhluk hidup
D. mencari perbedaan dan persamaan cirri
E. mengelompokkan golongan mahkluk hidup
A. menentukan persamaan dan perbedaan makhluk hidup
B. memberikan nama pada semua makhluk hidup
C. menyederhanakan objek studi tentang makhluk hidup
D. mencari perbedaan dan persamaan cirri
E. mengelompokkan golongan mahkluk hidup
12. Mengapa lumut disebut peralihan antara tumbuhan
thallus dengan tumbuhan berkormus?
A. karena lumut masih mengalami metagenesis
B. lumut menghasilkan spora tapi tidak menghasilkan biji
C. lumut tidak memiliki kambium
D. lumut belum mempunyai akar sejati
E. lumut merupakan tumbuhan tingkat rendah
A. karena lumut masih mengalami metagenesis
B. lumut menghasilkan spora tapi tidak menghasilkan biji
C. lumut tidak memiliki kambium
D. lumut belum mempunyai akar sejati
E. lumut merupakan tumbuhan tingkat rendah
13. Berikut ini metagenesis tumbuhan lumut!
Bagian yang ditunjukkan oleh X dan Y secara berturut-turut adalah … .
A. protonema, sporangium
B. protonema, sporogonium
C. protalium, sporangium
D. protalium, sporogonium
E. sporofit, gametofit
Bagian yang ditunjukkan oleh X dan Y secara berturut-turut adalah … .
A. protonema, sporangium
B. protonema, sporogonium
C. protalium, sporangium
D. protalium, sporogonium
E. sporofit, gametofit
14. Protalium betina pada Selaginella sp. merupakan hasil
pertumbuhan dari … .
A. sporangium
B. stobilus
C. sporofit
D. makrospora
E. mikrospora
A. sporangium
B. stobilus
C. sporofit
D. makrospora
E. mikrospora
15. Berikut ini ciri-ciri tumbuhan yang tergolong
kormofita berspora :
1) daun yang masih muda menggulung
2) mempunyai kormus
3) akar berupa rizoid
4) akar sejati
5) belum mempunyai xilem dan floem
Ciri tumbuhan paku ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 5
D. 2, 3, 4
E. 2, 4, 5
1) daun yang masih muda menggulung
2) mempunyai kormus
3) akar berupa rizoid
4) akar sejati
5) belum mempunyai xilem dan floem
Ciri tumbuhan paku ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 2, 4
C. 1, 3, 5
D. 2, 3, 4
E. 2, 4, 5
16. Tumbuhan paku yang bersimbiosis dengan Anabaena
adalah …yang berperan untuk… .
A. Lycoodium, mengikat oksigen dari udara
B. Asplenium, mengikat oksigen dari udara
C. Adiantum, mengikat oksigen dari udara
D. Azolla pinnata, mengikat nitrogen dari udara
E. Marsilea, mengikat nitrogen dari udara
A. Lycoodium, mengikat oksigen dari udara
B. Asplenium, mengikat oksigen dari udara
C. Adiantum, mengikat oksigen dari udara
D. Azolla pinnata, mengikat nitrogen dari udara
E. Marsilea, mengikat nitrogen dari udara
17. Berikut beberapa ciri tumbuhan:
1) alat perkembangbiakan berupa biji yang dihasilkan oleh bunga atau runjung
2) sperma menuju ke sel telur melalui tabung serbuk sari
3) memiliki jaringan pembuluh yang rumit
4) embrio berkutub dua
Ciri tumbuhan berbiji ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3
C. 1, 2, 3, 4
D. 2, 4
E. 4
1) alat perkembangbiakan berupa biji yang dihasilkan oleh bunga atau runjung
2) sperma menuju ke sel telur melalui tabung serbuk sari
3) memiliki jaringan pembuluh yang rumit
4) embrio berkutub dua
Ciri tumbuhan berbiji ditunjukkan oleh … .
A. 1, 2, 3
B. 1, 3
C. 1, 2, 3, 4
D. 2, 4
E. 4
18. Kelas dari Gymnorpermae yang memliki ciri: batang
meranggas pada waktu musim gugur, daun berbentuk sepert kipas, biji menurut
pakar farmasi dapat menajamkan daya ingat, tumbuhan tersebut adalah … .
A. Cycadinae
B. Ginkgoinae
C. Coniferae
D. Gnetinae
E. Equsetinae
A. Cycadinae
B. Ginkgoinae
C. Coniferae
D. Gnetinae
E. Equsetinae
19. Perbedaan antara monokotil dan dikotil adalah…
Faktor pembeda
Monokotil
Dikotil
Faktor pembeda
Monokotil
Dikotil
A.
Jumlah kotiledon
2
1
Jumlah kotiledon
2
1
B.
Jumlah bagian bunga
kelipatan 4 atau 5
kelipatan 3
Jumlah bagian bunga
kelipatan 4 atau 5
kelipatan 3
C.
Susunan tulang daun
sejajar
menjari, menyirip
Susunan tulang daun
sejajar
menjari, menyirip
D.
Akar
tunggang
serabut
Akar
tunggang
serabut
E.
Batang
berkambium
tidak berkambum
Batang
berkambium
tidak berkambum
20. Pada perkembangbiakan kormofita berbiji, terjadi
beberapa peristiwa:
1) melekatnya serbuk sari pada kepala putik
2) melekatnya serbuk sari pada tetes penyerbukan
3) inti buluh serbuk berupa inti vegetatif, spermatozoa dan sel dinding
4) inti buluh serbuk antara lain inti vegetatif, inti generatif 1 dan 2
5) hasil pembuahan II berkromosom 3n
6) hasil pembuahan I berkromosom 4n
Yang terjadi pada tumbuhan Tamarindus indica ( asam ) ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1, 3, 5
B. 1, 3, 6
C. 1, 4, 5
D. 2, 3, 6
E. 2, 4, 6
1) melekatnya serbuk sari pada kepala putik
2) melekatnya serbuk sari pada tetes penyerbukan
3) inti buluh serbuk berupa inti vegetatif, spermatozoa dan sel dinding
4) inti buluh serbuk antara lain inti vegetatif, inti generatif 1 dan 2
5) hasil pembuahan II berkromosom 3n
6) hasil pembuahan I berkromosom 4n
Yang terjadi pada tumbuhan Tamarindus indica ( asam ) ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1, 3, 5
B. 1, 3, 6
C. 1, 4, 5
D. 2, 3, 6
E. 2, 4, 6
Demikian contoh Latihan Soal UKK (PAT) Biologi SMA Kelas 10 Semester 2 Tahun 2020/2021.
=============
Tags:
SMA