Berikut
ini soal latihan Pretest dan Posttest PKB dan UKG mata pelajaran PPKN SMP
1.
Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap norma yang berlaku adalah ….
A.
Merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
B. Mudah memperoleh segala apa yang diinginkan
C. Mendapat penghargaan sebagai pribadi yang
baik
D. Mendapatkan keuntungan dalam kehidupan
ekonomi
2.
Lembaga pembentuk dan perubahan UUD 1945 adalah ….
A.
Mahkamah Agung
B. Mahkamah Konstitusi
C. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
D. Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
E. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
3.
Kekuatan hukum Peraturan Perundang-undangan adalah sesuai dengan ….
A.
Hirarki penjenjangan
B. Jenis peraturan perundang-undangan
C. Isinya yang dapat mengikat secara umum
D. Hasil musyawarah mufakat pemuka/masyarakat
E. Lembaga yang berwenang mengeluarkan peraturan
4.
Setiap peraturan perundang-undangan dibuat
karena benar-benar dibutuhkan
dan bermanfaat dalam mengatur
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan asas ….
A.
Keterbukaan
B. Kejelasan hokum
C. Kejelasan perumusan
D. Organ pembentuk yang tepat
E. Kedayagunaan dan kehasilgunaan
4.
Faktor penghambat utama dalam penegakan HAM di Indonesia adalah ….
A.
Terbatasnya perangkat hokum
B. Rendahnya kesadaran warga Negara
C. Kurangnya ketertiban dan keamanan
D.
Kurangnya pemberdayaan lembaga-lembaga social
E. Kurangnya pemebrdayaan lembaga-lembaga
keagamaan
5.
Dalam menjalankan hak
dan kebebasannya, setiap
orang wajib tunduk
pembatasan yang ditetapkan ….
A.
Norma
B. Negara
C. Pemerintah
D.
Undnag-undang
E. Keputusan presiden
6.
Lembaga perlindungan HAM yang melindungi korban tindak kekerasan orang hilang
adalah….
A.
Kontras
B. Komnas PA
C. Komnas HAM
D. Komnas Perempuan
E. Lembaga Bantuan Hukum HAM
7.
Dalam kemerdekaan mengemukakan
pendapat, azaz yang
meletakkan hak sesuai
dengan konsteks atau tujuan
kegiatan, baik yang
dilakukan oleh institusi,
maupun aparatur pemerintah yang dilandasai oleh etika intern
dan etika internasional disebut sebagai azaz ….
A. Manfaat
B. Proporsionalitas
C. Musyawarah untuk mufakat
D.
Kepastian hokum dan keadilan
E. Keseimbangan hak dan kewajiban
8.
Dalam prakteknya Indonesia
melaksanakan system pemerintahan
demokrasi antara demokrasi …..
A.
Kuno dan modern
B. Maju dan terbelakang
C. Liberal dan konstitusional
D.
Langsung dan tidak langsung
E. Parlementer dan presidensial
9.
Negara modern dengan
system pemerintahan demokratis,
semua kekuasaan Negara
dibagi-bagi berdasarkan
konstitusi (undang-undang dasar)
dengan tujuan menghindari
terjadinya penyalahgunaan ….
A.
Kekuasaan
B. Kedaulatan
C. Keteraturan
D.
Kewenangan
E. Kepercayaan
10.
Pentingnya suatu kehidupan yang demokratis dalam bermasyarakat adalah….
A. Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil
rakyat
B. Tersalurkannya aspirasi warga masyarakat
dalam memperjuangkan kepentingannya
C. Dilindunginya hak-hak warga masyarakat secara
adil dalam memenuhi kepentingannya
D. Peningkatan kesadaran warga masyarakat untuk
saling ketergantungan memperjuangkan kepentingannya
E. Terpenuhi kepentingan atau hak-hak warga
masyarakat secara adil tanpa ada yang merasa dirugikan
Draf
Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN SMP tahun 2015
11.
Ideologi bagi suatu Negara sangat penting sebagai ….
A.
Sasaran untuk mencapai tujuan
B. Alat menarik kepercayaan bangsa lain
C. Pedoman untuk mencapai tujuan Negara
D.
Aturan untuk mendapatkan pengakuan bangsa lain
E. Dasar untuk mendapatkan investasi Negara
sahabat
12.
Pancasila sebagai dasar negara
mengandung pengertian bahwa
Pancasila sebagai dasar
untuk mengatur ….
A. Kepentingan nasional
B. Kehidupan sehari-hari
C. Kehidupan berbangsa
D.
Penyelenggaraan Negara
E. Kehidupan bermasyarakat
13.
Sila Pancasila yang dapat menjiwai dan meliputi sila-sila yang lain adalah ….
A.
Kerakyatan
B. Persatuan Indonesia
C. Ketuhanan Yang Maha Esa
D.
Kemanusiaan yang adil dan beradab
E. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia
14.
Ancaman nonmiliter yang dihadapi bangsa Indonesia adalah ….
A. Agresi terhadap kedaulatan wilayah NKRI
B. Spionase yang dilakukan oleh militer Negara
lain
C. Sabotase dari Negara lain untuk merusak obyek
vital nasional
D.
Aksi terror bersenjata yang dilakukan oleh jaringan teroris internasional
E. Maraknya perdagangan narkotik dan obat-obatan
terlarang di Indonesia
15. Pokok Pikiran I yang terkandung dalam
Pembukaan UUD 1945 merupakan penjelmaan sila Pancasila yaitu ...
A.Keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia;
B.Ketuhanan
Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab;
C.Persatuan
Indonesia;
D.Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
16. Istilah untuk menyebut perilaku atau sikap yang
meniru budaya Barat adalah....
A.
globalisasi
B.
internasionalisasi
C.
modernisasi
D.
westernisasi
17. Hukum yang sedang berlaku pada suatu negara
dan waktu tertentu, adalah...
A.Ius
Constituendum
B.Ius
Soli
C.Ius
Sanguinus
D.Ius
Constitutum
18. Konsekuensi kemerdekaan mengemukakan pendapat
sebagai hak asasi manusia, maka kemerdekaan mengemukakan pendapat itu dimiliki
oleh ...
A.rakyat
B.warga
negara
C.penduduk
D.setiap
orang
19. Hak untuk pemenuhan kebutuhan dasar,
meningkatkan kualitas hidup, memperoleh manfaat dari iptek, memperoleh
informasi, melakukan pekerjaan sosial
merupakan contoh–contoh yang dijamin dalam
A.hak
untuk hidup
B.hak
mengembangkan diri;
C.hak
atas rasa aman
D.hak
berkeluarga dan melanjutkan keturunan
20. Tujuan pendidikan kewarganegaraan sebagai
pendidikan demokrasi adalah....
A. untuk mendidik generasi muda menjadi warga
negara yang kritis
B. untuk menumbuhkan sikap warga negara yang
agresif
C. untuk mendidik generasi muda menjadi warga
negara yang demokratis dan partisipatif
D. untuk mencetak kader bangsa yang apatis
Draf
Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN SMP tahun 2015
21. Unsur – unsur terpenting dalam pengertian
hakekat HAM adalah ...
A.
merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, tidak dapat diberikan kepada
orang lain, dan tidak boleh dihapus dengan alasan apapun.
B
.merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang
lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
C.
merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap manusia, dapat diberikan kepada orang
lain, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan umum.
D.
merupakan karunia Tuhan YME, dimiliki setiap warga Negara yang telah berumur 18
tahun, dan boleh dihapus dengan alasan untuk kepentingan pemerintah.
22. Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia
adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan
hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan
Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …
A.
nilai hak kodrat
B.
nilai pemersatu bangsa
C.
nilai religius
D.
nilai demokrasi
23. Bangsa Indonesia mengakui bahwa manusia
adalah makhluk Tuhan Yang Maha Esa sehingga kemerdekaan disamping merupakan
hasil jerih payah perjuangan bangsa Indonesia juga merupakan rakhmat dari Tuhan
Yang Maha Esa. Hal tersebut merupakan pengakuan adanya …
A.nilai
hak kodrat
B.nilai
pemersatu bangsa
C.nilai
religius
D.nilai
demokrasi
23.
Tujuan pokok dari hukum, adalah ...
A.keseimbangan
B.keselarasan
C.kepastian
D.ketertiban
23.
Pernyataan:
1. Pengakuan terhadap hak asasi manusia
2. Pendorong sikap dan tindakan manusia
3. Petunjuk hidup dalam bersikap dan bertindak
4. Benteng perlindungan keberadaan masyarakat
5. Petunjuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan
hidup
6. Pemandu dan pengontrol sikap dan tindakan
masyarakat
Fungsi
norma dalam kehidupan masyarakat ditunjukkan nomor ….
A.
1,2,3 dan 4
B. 1,2,3, dan 6
C. 2,3,4, dan 5
D.
2,3,4, dan 6
E. 3,4,5, dan 6
24.
Hukum bersifat memaksa, yang bertujuan ….
A. Untuk membuat takut masyarakat
B. Tidak bertentangan dengan keinginan masyarakat
C. Dilaksanakan supaya tercapai kebutuhan
masyarakat
D. Ditaati, supaya ketertiban dalam masyarakat
tercapai
E. Untuk membatasi setiap kegiatan dan perilaku
masyarakat
25.
Di dalam penyusunan KTSP, sekolah dapat melaksanakan program pendidikannya
sesuai dengan …..
A. Waktu pembelajaran yang efektif
B. Target ketuntasan belajar peserta didik
C. Contoh KTSP dari sekolah lain yang ditiru
D. Pembuatan silabus dan system penilaiannya
E. Karakteristik, potensi dan kompetensi peserta
didik
26.
Kurikulum tingkat satuan
pendidikan (KTSP) adalah
kurikulum operasional yang
disusun dan dilaksanakan oleh ….
A.
Guru
B. Pemerintah pusat
C. Satuan pendidikan
D. Pemerintah provinsi
E. Dinas pendidikan kabupaten/kota
27. Di
bawah ini merupakan
harapan-harapan dalam terciptanya
kehidupan yang demokratis, kecuali….
a. Pemerintahan yang bebas.
b. Badan kehakiman yang bebas dan tidak
memihak.
c. Pelaksanaan pemilu yang bebas.
d. Kebebasan untuk beroposisi.
28. Demokrasi
langsung dapat terselenggara
secara efektif karena
beberapa faktor di
bawah ini, kecuali……
a. Wilayah negara yang terbatas.
b. Permasalahan tidak terlalu kompleks.
c. Majelis yang hanya terdiri dari 5000 sampai
6000 orang saja.
d. Tidak adanya penduduk yang berjumlah besar
29.
Demokrasi Pancasila adalah…..
a. Demokrasi yang berketuhanan
b. Demokrasi yang tidak langsung
c. Pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan
untuk rakyat
d. Demokrasi berdasarkan paham kekeluargaan
dan gotong royong yang
ditujukan pada kesejahteraan rakyat.
30. Dalam
demokrasi Pancasila terkandung
aspek yang mengemukakan
gambaran manusia dan mengakui harkat dan martabatnya serta
menjamin terwujudnya manusia Indonesia sesuai dengan gambaran harkat dan
martabat manusia. Ini adalah aspek……
a. Aspek materiil
b. Aspek normatif
c. Aspek kodrati
d. Aspek hukum
Draf
Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN SMP tahun 2015
31.
Pemilu pertama di Indonesia, terselenggara dengan sistem……
a. Dwi partai
b. Multipartai
c. Partai tunggal
d. Semi multi partai
32.
Di bawah ini merupakan kondisi yang lahir dari penerapan demokrasi terpimpin.
a. Dominasi parlemen yang kuat
b. Peranan partai politik dan pers yang sangat
terbatas
c. Pertikaian antar partai politik
d. Tidak adanya kepastian hukum.
33.
Di bawah ini termasuk soko guru demokrasi, kecuali ….
a. Kedaulatan rakyat
b. Jaminan hak asasi manusia
c. Hak-hak mayoritas
d. Kekuasaan mayoritas
34.
Pada akhir masa Orde Baru, terdapat penyelewengan-penyelewengan terhadap
prinsip-prinsip demokrasi, yakni…..
a. Diakuinya hak-hak mayoritas
b. Tidak adanya pembatasan pemerintah secara
konstitusional
c. Terdapat pluralisme sosial, ekonomi dan
politik
d. Hanya ada tiga patai politik
35.
Dalam pemilu akan dipilih……
a. DPR, DPRD Propinsi dan DPRD Kota/Kabupaten
b. DPR, MPR, presiden dan wakil presiden
c. Presiden dan wakilnya, DPR, DPRD Provinsi
dan DPRD kota/kabupaten
d. DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD
Kota/Kabupaten, presiden dan wakil presiden.
40.
Perilaku yang menunjukkan dukungan terhadap tegaknya prinsipprinsip demokrasi
adalah….
a.
Musyawarah untuk mufakat
b.
Menggunakan hak pilih dalam pemilu
c.
Mengunakan haknya dengan seluas mungkin
d.
Menghormati kekuasaan mayoritas
41.
Demokrasi dimana rakyat menyalurkan kehendaknya dengan memilih wakil-wakilnya
untuk duduk dalam dewan perwakilan rakyat, dinamakan . . . .
a. demokrasi langsung
b. demokrasi perwakilan
c. demokrasi gabungan
d. demokrasi sosialis
42.
Salah satu asas demokrasi Pancasila adalah asas kerakyatan, yang artinya .. . .
a. kesadaran akan cinta kepada rakyat,
bersikap merakyat, berjiwa kerakyatan .
b. pemerintah harus memperhatikan dan
memperjuangkan aspirasi rakyat.
c. keputusan dengan menampung berbagai
aspirasi dan kehendak seluruh rakyat.
d. suatu tata cara pengambilan keputusan
melalui musyawarah untuk mufakat.
43. Keterlibatan
rakyat sebagai pelaksana
kedaulatan menurut UUD
1945 adalah dalam
hal sebagai berikut, kecuali . . . .
a. Mengisi keanggotaan DPRD melalui pemilihan
umum.
b. Mengisi keanggotaan DPR melalui pemilihan
umum.
c. Mengisi keanggotaan DPD melalui pemilihan
umum.
d. Mengajukan calon Presiden dan Wakil
Presiden.
44. Lembaga
negara yang berwenang
melantik Presiden dan
Wakil Presiden berdasarkan
hasil pemilihan umum adalah . . . .
a. MPR
b. DPR
c. Mahkamah Agung
d. Mahkamah Konstitusi
45.
Menurut UUD 1945 , Mahkamah Konstitusi memiliki kewenangan untuk . . . .
a. melantik Presiden dan Wakil Presiden
berdasarkan hasil pemilihan umum.
b. memutus perselisihan tentang hasil
pemilihan umum
c. memberi gelar, tanda jasa, dan lain-lain
tanda kehormatan
d. menguji secara materiil peraturan
perundang-undangan di bawah undang-undang.
46.
DPR merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga
negara dan mempunyai fungsi . . . .
a. legislatif, eksekutif, dan yudikatif
b. legislatif, eksekutif, dan anggaran
c. eksekutif, legislatif , dan pengawasan
d. legislatif, anggaran, dan pengawasan
47.
Kekuasaan untuk membentuk undang-undang disebut . . . .
b. legislatif
c. eksekutif
d. yudikatif
e. federatif
48. Anggota
DPD dari setiap
propinsi ditetapkan sebanyak
empat orang dan
jumlah seluruh anggota DPD tidak
lebih dari . . . .
a. 1/2 anggota DPR
b. 1/3 anggota DPR
c. 1/4 anggota DPR
d. 1/5 anggota DPR
49.
Hasil pemeriksaan BPK diserahkan kepada . . . .
a. Presiden dan DPR sesuai dengan
kewenangannya
b. DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan
kewenangannya
c. Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi
d. MPR, DPR, DPD sesuai dengan kewenangannya.
50.
Komisi Pemilihan Umum
(KPU) bertanggungjawab atas
penyelenggaraan pemilu dan menyampaikan laporan secara bertahap atas
pelaksanaan tugasnya kepada ….
a. DPR dan Presiden
b. Presiden dan MPR
c. MA dan Mahkamah Konstitusi
d. Presiden dan MA
Draf
Latihan soal uji kompetensi guru mata pelajaran PPKN SMP tahun 2015
51
Pernyataan:
1. Pengakuan terhadap hak asasi manusia
2. Pendorong sikap dan tindakan manusia
3. Petunjuk hidup dalam bersikap dan bertindak
4. Benteng perlindungan keberadaan masyarakat
5. Petunjuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan
hidup
6. Pemandu dan pengontrol sikap dan tindakan
masyarakat
Fungsi
norma dalam kehidupan masyarakat ditunjukkan nomor ….
A.
1,2,3 dan 4
B. 1,2,3, dan 6
C. 2,3,4, dan 5
D.
2,3,4, dan 6
E. 3,4,5, dan 6
52.
Hukum bersifat memaksa, yang bertujuan ….
A. Untuk membuat takut masyarakat
B. Tidak bertentangan dengan keinginan masyarakat
C. Dilaksanakan supaya tercapai kebutuhan
masyarakat
D. Ditaati, supaya ketertiban dalam masyarakat
tercapai
E. Untuk membatasi setiap kegiatan dan perilaku
masyarakat
53
Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap norma yang berlaku adalah ….
A.
Merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
B. Mudah memperoleh segala apa yang diinginkan
C. Mendapat penghargaan sebagai pribadi yang
baik
D. Mendapatkan keuntungan dalam kehidupan
ekonomi
E. Selalu mendapat kesempatan untuk melakukan
sesuatu
54.
Lembaga pembentuk dan perubahan UUD 1945 adalah ….
A.
Mahkamah Agung
B. Mahkamah Konstitusi
C. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
D. Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
E. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
55.
Kekuatan hukum Peraturan Perundang-undangan adalah sesuai dengan ….
A.
Hirarki penjenjangan
B. Jenis peraturan perundang-undangan
C. Isinya yang dapat mengikat secara umum
D. Hasil musyawarah mufakat pemuka/masyarakat
E. Lembaga yang berwenang mengeluarkan peraturan
56.
Setiap peraturan perundang-undangan dibuat
karena benar-benar dibutuhkan
dan bermanfaat dalam mengatur
kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini sesuai dengan asas ….
A.
Keterbukaan
B. Kejelasan hokum
C. Kejelasan perumusan
D. Organ pembentuk yang tepat
E. Kedayagunaan dan kehasilgunaan
57.
Faktor penghambat utama dalam penegakan HAM di Indonesia adalah ….
A.
Terbatasnya perangkat hokum
B. Rendahnya kesadaran warga Negara
C. Kurangnya ketertiban dan keamanan
D.
Kurangnya pemberdayaan lembaga-lembaga social
E. Kurangnya pemebrdayaan lembaga-lembaga
keagamaan
58.
Dalam menjalankan hak
dan kebebasannya, setiap
orang wajib tunduk
pembatasan yang ditetapkan ….
A.
Norma
B. Negara
C. Pemerintah
D.
Undnag-undang
E. Keputusan presiden
59
Lembaga perlindungan HAM yang melindungi korban tindak kekerasan orang hilang
adalah….
A.
Kontras
B. Komnas PA
C. Komnas HAM
D. Komnas Perempuan
E. Lembaga Bantuan Hukum HAM
60.
Dalam kemerdekaan mengemukakan
pendapat, azaz yang
meletakkan hak sesuai
dengan konsteks atau tujuan
kegiatan, baik yang
dilakukan oleh institusi,
maupun aparatur pemerintah yang dilandasai oleh etika intern
dan etika internasional disebut sebagai azaz ….
A. Manfaat
B. Proporsionalitas
C. Musyawarah untuk mufakat
D.
Kepastian hokum dan keadilan
E. Keseimbangan hak dan kewajiban