Berikut
ini contoh kisi-kisi dan Soal Latihan UKK atau Ulangan Kenaikan kelas Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP.
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
9. Memahami isi
berita radio/
Televisi
|
- Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa,
mengapa, dimana, kapan dan bagaimana)
- Mengemukakakn kembali berita yang
didengar, diton-ton melalui radio dan televisi
|
Cara
menemukan pokok-pokok berita dan implementasinya
|
10. Mengemukakan pikiran, perasaan dan
informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
|
- Menyampaikan persetujuan, dan penolakan
pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
- Membawakan acara dengan bahasa yang baik
dan benar
|
Cara
menyampaikan pendapat dalam diskusi
Cara
membawakan acara dan implementasinya
|
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca ekstensif,
membaca intensif dan membaca nyaring
|
- Menemukan
informasi untuk bahan diskusi memlalui membaca intensif
|
Ragam wacana tulis
|
13. Memahami unsur intrinsik novel remaja asli
atau terjemahan yang dibacakan
|
- mengidentifikasi karakter tokoh novel
remaja yang di bacakan
-
Menjelaskan tema dan latar yang dibacakan
-
Mendeskripsikan alur novel remaja yang dibacakan
|
Mengidentifikasikan
karakter tokoh
Menjelaskan
tema dan latar novel
Mendeskripsikan
alur novel remaja
|
14. Mengapresiasi kutipan novel melalui
kegiatan diskusi
|
- Mengomentari kutipan novel remaja (asli
atau terjemahan)
|
Cara
mengomentari kutipan novel dan implementasinya
|
15. Memahami buku novel remaja (asli atau
terjemahan) dan antalogi puisi
|
- Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar
novel asli atau terjemahan
- Mengenali cirri-ciri umum puisi
dan buku antalogi puisi
|
Cara
menjelaskan alur, pelaku, dan latar novel serta implementasinya
|
16. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dalam
puisi bebas
|
Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata
yang sesuai.
|
Menulis puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata
yang sesuai.
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Soal
|
No. Soal
|
Kunci Jawaban
|
-
Mampu menemukan pokok-pokok berita alam wacana
-
Mampu menemukan unsur berita pada wacana
-
Mampu menyebutkan pernyataan yang tidak terdapat dalam
wacana
-
Mampu membuat pertanyaan sesuai wacana
-
Mampu menyebutkan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
menulis laporan
-
Mampu mengetahui indera yang digunakan untuk memahami
berita dari media cetak
-
Mampu mengartikan berita harus disusun secara
komunikatif
-
Mampu mengetahui lokasi dimana peristiwa terjadi pada
sebuah berita
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
|
1
2
3
4
13
17
22
30
|
B
D
B
C
A
B
B
C
|
-
Mampu menyebutkan tugas notulen dalam sebuah diskusi
-
Mampu mengetahui etika menyampaikan usulan dalam
diskusi
-
Mampu menyebutkan tujuan melaksana-kan diskusi
-
Mampu menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam
membawakan acara
|
PG
PG
PG
PG
|
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
|
10
14
28
9
|
C
D
B
D
|
- Mampu menyebutkan ragam wacana tulis
|
PG
|
Terlampir
|
26
|
D
|
-
Mampu menyebutkan karakter tokoh ayah dalam bacaan
-
Mampu menyebutkan latar pada sebuah novel
-
Mampu menyebutkan konflik dalam novel Karmila
|
PG
PG
PG
PG
PG
PG
PG
|
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlampir
|
6
12
25
11
19
21
7
|
A
C
C
A
D
C
B
|
-
Mampu mendata masalah-masalah yang perlu dikomentari
|
PG
|
Terlampir
|
5
|
A
|
-
Mampu menyebutkan penulis kumpulan puisi “Balada
Orang-orang Tercinta”
|
PG
Esai
PG
PG
PG
PG
PG
|
Terlampir
Terlampir
Terlampir
Terlam[pir
Terlampir
Terlampir
|
15
16
20
24
27
29
|
D
B
A
D
D
D
|
- Mampu menyebutkan topik yang terdapat dalam puisi
|
PG
PG
|
Terlampir
Terlampir
|
8
18
|
B
A
|
Berikut
ini Contoh Soal UKK Bahasa Indonesia Kelas 8
Bacalah teks wacana di bawah ini dengan
benar!
Alat
Transportasi Wisata
Hampir
sebagian masyarakat Indonesia sangat mengenal delman atau andong sebagai alat
transportasi. Seperti di kota Pandeglang, kendaraan seperti itu masih
terpelihara bahkan dijadikan sebagai kendaraan wisata.
Keberadaan
yang langka dan unik, alat transportasi seperti delman masih disukai banyak
orang, bukan saja nyaman dinaiki juga ongkosnya murah. Apalagi delman delman di
Pandeglang gerobaknya dihiasi kertas herbras sehingga kelihatan lebih bagus dan
rapi.
Mang
Adul penarik delman di kota badak mengaku tidak bisa meninggalkan profesinya
sebagai penarik delman. Oleh karena itu, dia memelihara dua kuda jantan sebagai
penarik gerobak delmannya.
1.
Pokok
berita wacana di atas adalah ....
a.
Mang
Adul penarik delman
b.
Andong
sebagai alat transportasi
c.
Delman
disukai banyak orang
d.
Pandeglang
kota badak
2.
Unsur
berita pada paragraf ke-3 adalah ….
a.
Mengapa
dan kapan
b.
Bagaimana
dan mengapa
c.
Di
mana dan siapa
d.
Siapa
dan apa
3.
Pernyataan
yang tidak terdapat pada bacaan dii atas adalah ….
a.
mang
Adul penarik delman
b.
mang
Adul bisa meninggalkan profesinya
c.
andong
sebagai alat transportasi
d.
gerobak
dihiasi kertas herbras
4.
Pertanyaan
yang jawabannya ada pada paragraf ke-3 adalah ….
a.
Kapan
mang Adul menarik delman?
b.
mengapa
andong disukai banyak orang?
c.
Siapa
penarik delman di kota badak?
d.
Berapakah
ongkos delman?
5.
Aku
serba bingung mau mendekati ibu atau eyang. Kalau aku mendekati eyang aku
kasihan pada ibu yang menangis karena dimarahi eyang. Akan tetapi, kalau
mendekati ibu, eyang bisa marah juga kepadaku. Wah, aku benar-benar tidak tahu
apa yang harus kulakukan.
Nilai kehidupan yang
paling dominan dalam kutipan cerita tersebut adalah …
a.
moral c. religius
b.
sosial d. budaya
6.
Memang
ibu sangat berlainan dengan ayah. Ayah suka bertanya tentang diriku, tentang
kesulitan-kesulitanku, atau tentang sekolahku. Ayah suka tersenyum tentang
sekolahku, suka memandangku dengan pandangan yang menyenangkan. Setiap ayah
datang dari bepergian, kami dibawakan oleh-oleh, kue-kue atau permen yang
dibagikan kepada kami dengan jumlah yang sama rata.
Sifat tokoh ayah
dalam kutipan cerita tersebut adalah…….
a.
penyayang c.
penggembira
b.
penyabar d. peramah
7.
Karena
marah dan bencinya Karmila pada Faisal, Karmila minta agar Faisal dan Fani
tidak menemuinya lagi. Karmila ingin agar Fani bisa melupakannya. Fani jatuh
sakit. Dia mengigau terus-menerus menyebut nama Karmila. Sebelum dibawa ke
rumah sakit, Faisal menelepon Karmila yang sudah menjadi dokter untuk minta
pendapatnya. Karmila sempat bingung, namun setelah dinasihati ibu dan
teman-temannya Karmila pun akhirnya pergii menemui Fani.
Konflik penggalan
novel Karmila karya Marga T tersebut adalah ….
a.
Karmila
sangat membenci Fani
b.
Karmila
menyayangi Fani tetapi marah dan benci kepada Faisal
c.
Karmila
tidak ingin Fani sembuh
d.
Karmila
sedang menghukum Fani
8. Bila kelak ku dewasa
Kan kuharap bunda
Yang rela terperas keringatnya
Yang selalu manis senyumnya
Untuk putra-putrinya
Keindahan puisi
tersebut terdapat pada ….
a.
pilihan
kata dan bentuk
b.
pilihan
kata dan rima
c.
majas
dan rima
d.
majas
dan bentuk
9.
Membacakan acara harus
dilakukan dengan baik. Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam
membawakan acara,, kecuali:
a.
Penggunaan
bahasa yang santun dan komunikatif
b.
Mengucapkan
salam, ucapan terima kasih serta sapaan dengan tepat
c.
Menyampaikan
acara sesuai urutan acara dengan benar
d.
Menerapkan
intonasi dengan selambat-lambatnya
10.
Tugas
notulis dalam sebuah diskusi adalah ….
a.
Mengatur
jalannya acara
b.
Menanggapi
kegiatan diskusi
c.
Mencatat
hal-hal yang terjadi dalam diskusi
d.
Memberikan
arahan dalam diskusi
11. Unsur intrinsik novel
yang diistilahkan dengan latar adalah ….
a.
tempat,
waktu, suasana
b.
pesan,
amanat
c.
jalan
cerita
d.
sifat
tokoh
12. Aku mengantar Jamie
pulang dari panti asuhan malam itu. Mulanya aku tidak yakin apakah aku akan
melakukan kebiasaan lama dengan pura-pura menguap dan meletakkan tanganku
dipundaknya, tapi sejujurnya aku tidak tahu perasaan Jamie terhadapku.
Sifat tokoh aku dalam
kutipan novel di atas adalah seorang yang ….
a.
pemalu c. peragu
b.
penakut d. pemarah
13. Berikut hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam menulis laporan, kecuali:
a.
subjektif
b.
mengungkapkan
secara lengkap
c.
tidak
memasukkan pendapat pribadi
d.
sistematis
14. Dalam diskusi, ketika
seseorang ingin menyampaikan usulan ataupun saran harus melalui ….
a.
notulis c. panelis
b.
notaris d. moderator
15. BALADA IBU YANG
DIBUNUH
……………
Bulan sabit terkait
malam memberita datangnya
Waktu makan
bayi-bayinya mungil, sayang
Matanya berkata
pamitan / bertolaklah ia
Dirasukinya
dusun-dusun / semak-semak / taruhan harian atas nyawa
.................
Citraan yang
terkandung dalam kata bergaris bawah dalam cuplikan puisi di atas adalah ….
a.
citraan
penglihatan
b.
citraan
pendengaran
c.
citraan
perabaan
d.
citraan
gerak
16. Sang raja memancarkan sinarnya
Seperti percikan sinar di ufuk timur
Dengan hentikan air terjun
Roda-roda turbin raksasa berputar
Dengan irama syahdu
Yang dimaksud sang
raja pada puisi di atas adalah ….
a.
seorang
raja di suatu kerajaan
b.
matahari
c.
kokok
ayam
d.
gunung-gunung
17. Untuk memahami berita
dari media cetak, kita lebih banyak menggunakan…
a.
indra
peraba
b.
indra
penglihatan
c.
indra
pendengar
d.
indra
pendengar dan penglihatan
18. Mataram waktu senja
hari
Indah sekali
Mempesona kalbu
Membangkitkan sukma
Kesan yang timbul
dari sajak tersebut adalah ….
a.
keindahan
di Mataram
b.
keramaian
di Mataram
c.
kesibukan
di Mataram
d.
kesejukan
di Mataram
19. Latar sebuah novel
meliputi hal-hal berikut ini,, kecuali:
a.
tempat
terjadinya cerita
b.
waktu
berlangsungnya cerita
c.
keadaan
dan suasana
d.
amanat
yang disampaikan
20. Kumpulan puisi
“Balada Orang-orang Tercinta” merupakan karya ….
a.
W.S.
Rendra c. Chairil Anwar
b.
Amir
Hamzah d. Asrul Sani
21. Pada beberapa tempat
ilalang berbunga putih beralun-alun sama berayun dengan rumput diembus udara
petang. Di bawah lingkungan pembatasan bumi dengan langit, segaris hijau
kebiru-biruan pohon-pohonan. Langit yang kuning muda, bertitik putih, di
antaranya terjalin warna.
Latar penggalan novel
tersebut adalah ….
a.
pagi
hari c. petang hari
b.
sore
hari d. malam hari
22. Sebuah berita harus
disusun secara komunikatif. Artinya ….
a.
tidak
banyak menuntut pikiran dan tempat berita
b.
harus
hidup, segar menarik dan mudah diterima
c.
kreatif
dan cenderung fiktif
d.
mampu
membuktikan daya tarik pembaca
..
23. Dalam menyampaikan
penolakan pendapat sebaiknya diawali dengan kata ….
a.
bagus c. kurang
b.
tidak d. maaf
24. . Aku
Kalau sampai waktuku
ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu-sedan itu
Aku ini binatang jalang
dari kumpulan yang terbuang
………….
Membaca puisi
tersebut yang tepat dengan gaya ….
a.
lembut c. memelas
b.
marah d. tegas
25. Sebenarnya Fahri
malas untuk berada di luar rumah dalam suasana panas begini, tapi dia sudah
berjanji pada Syaikh Usman akan datang, dan janji itu adalah utang yang harus
dibayar dengan kedatangannya.
Sifat Fahri dalam
penggalan novel di atas adalah ….
a.
baik
hati c. tepat janji
b.
penurut d. sombong
26. Membaca dengan
konsentrasi tinggi untuk memahami informasi secara maksimal disebut ….
a.
membaca
cepat c. membaca indah
b.
membaca
dalam hati d. membaca intensif
27. Pesan yang
disampaikan oleh penyair dalam puisi disebut ….
a.
tema c. nada
b.
rasa d. amanat
28. Tujuan melaksanakan
diskusi adalah untuk ….
a.
Menyampaikan
pendapat
b.
Menyampaikan
solusi dari masalah yang dibahas
c.
Mengumpulkan
pendapat yang sama
d.
Sebagai
bentuk aspirasi
29. Berikut adalah unsur
intrinsik novel, kecuali:
a.
tema c. alur
b.
amanat d. latar belakang pengarang
30. Where pada pokok berita mengandung arti ….
a.
siapa
pelaku peristiwa
b.
apa
masalah yang dibahas
c.
di
mana peristiwa itu terjadi
d.
mengapa
peristiwa itu terjadi
Essay
31. Memberikan contoh 3 buah kalimat sanggahan yang dapat
digunakan dalam diskusi di kelas!
32. Jelaskan perbedaan kalimat fakta dan kalimat opini!
33.
Berikan 3 buah contoh
1) Kalimat majemuk setara!
2) Kalimat majemuk bertingkat
34.
Buat 2 buah slogan
yang isinya mengajak teman untuk belajar giat
35.
Buat 2 buah poster
yang isinya mengajak hidup bersih
36.
Buatkan contoh kepala
surat dalam surat dinas
37.
Jelaskan sistematika
penulisan laporan
38.
Jelaskan hal-hal yang
ditempuh dalam melakukan wawancara
39.
Buatkan petunjuk
penggunaan setrika listrik dengan menggunakan bahasa yang efektif
40.
Buatlah sebuah denah
yang menggambarkan perjalananmu dari rumah hingga ke sekolah!